Postingan

Menampilkan postingan dari 2012

Calon Mahasiswa: Waspadai Sesat Jurusan!

Hai sobat pelajar ! Ketika duduk di bangku SMA, banyak info-info yang sebenarnya bisa dikupas habis seputar kelanjutan penddikan ke PT. Tapi sayang, terkadang saking banyaknya info tsb, yang kebuka malah spam-spam doang yang gak jelas. Disini saya akan coba membahas info seputar arah jurusan yang diambil. Bahasa di doc ini mungkin bakalan ekstrem, jadi cobalah terbuka utk hal tsb. :P
1. FK Kalo kamu suka menghafal (ex: biologi), punya kepedulian sesama, komitmen, dan keberanian yang tinggi, jangan ragu untuk milih FK. Kalo kamu nggak tahan sama bacaan yang ada unsur biologi, nggak tahan ngapalin istilah-istilah kedokteran, jangan milih FK cuma karena pengen gengsi/ disuruh orang tua. Katakan pada mereka kalo kamu nggak niat jadi dokter
2. ILMU KOMPUTER/ TEKNIK INFORMATIKA Kalo kamu suka berhitung (ex: matematika, fisika), demen pemrograman, punya passion di bidang IT (ex: bikin games, bikin software, bikin apps berbasis android dll) , dan 'tahan' sama yang namanya komputer/la…

Lingkungan Butuh Kesadaran Kita Semua!

=COPAS=

silahkan dibaca teman teman,,
ada Kisah yang kmgkinan akan menggugah hati nurani kita semua,

PIDATO ANAK 12 TH YANG MEMBUNGKAM PARA PEMIMPIN DUNIA DI PBB
-Ronald Adriant-

Cerita ini berbicara mengenai seorang anak dari Kanada bernama Severn Suzuki, seorang anak yg pada usia 9 tahun telah mendirikan Enviromental
Children’s Organization ( ECO ).

ECO sendiri adalah sebuah kelompok kecil anak yg mendedikasikan diri
untuk belajar dan mengajarkan pada anak” lain mengenai masalah lingkungan.

Dan mereka pun diundang menghadiri Konfrensi Lingkungan hidup PBB,
dimana pada saat itu Severn yg berusia 12 Tahun memberikan sebuah pidato
kuat yg memberikan pengaruh besar ( dan membungkam ) beberapa pemimpin
dunia terkemuka.

Apa yg disampaikan oleh seorang anak kecil berusia 12 tahun hingga bisa
membuat RUANG SIDANG PBB hening, lalu saat pidatonya selesai ruang
sidang penuh dengan orang terkemuka yg berdiri dan memberikan tepuk
tangan yg meriah kepada anak berusia 12 tahun.

Inilah Isi pidat…

BI Minta Keuangan Masuk Kurikulum SMP hingga PT

JaKARTA,- Pekan lalu, Wakil Presiden Boediono telah menetapkan hari Rabu sebagai Hari Menabung Nasional. Penetapan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan keuangan kepada generasi muda. Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad mengatakan, terkait pencanangan ini, bank-bank akan melakukan kampanye ke sekolah-sekolah setiap hari Rabu, dengan menawarkan produk-produk keuangan.

Selain itu, ia mengungkapkan, Bank Indonesia juga telah melakukan perjanjian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan pengetahuan keuangan dalam kurikulum sekolah mulai dari SMP hingga Perguruan Tinggi.

"Empat puluh persen dari masyarakat Indonesia belum terhubung dengan bank dan badan keuangan. Artinya tidak punya tabungan, asuransi, atau pun hubungan keuangan lainnya," kata Muliaman, saat menerima rombongan Forum Pelajar Indonesia, di Bank Indonesia, Rabu (4/7/2012).

Forum Pelajar Indonesia, yang terdiri dari ratusan siswa dari seluruh Tanah Air, akan mengikuti workshop dan di…

Mahasiswa Hanya Bayar SPP, PTN Setuju asal...

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, pemerintah harus menghitung secara rinci berapa kebutuhan biaya yang diperlukan oleh setiap perguruan tinggi negeri (PTN). Hal itu ia katakan menyusul adanya rencana pemerintah untuk menutup biaya operasional mahasiswa di PTN melalui Bantuan Operasional PTN.

 "Tentu setuju, tapi dengan catatan. Semua harus dihitung supaya niat baiknya terlaksana tanpa membebani PTN," kata Akhmaloka, di ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/7/2012) malam. Seperti diberitakan, mulai tahun depan pemerintah berencana membebaskan semua biaya perkuliahan di PTN, kecuali biaya SPP.

Untuk itu, pemerintah akan menutup biaya operasional PTN dengan cara meningkatkan jumlah dana BO PTN. BO PTN sendiri baru mulai digelontorkan tahun ini sekitar Rp 1,5 triliun. Pada 2013, jumlah tersebut akan ditambah sekitar Rp 3,5 triliun. Akan tetapi, diakui Akhmaloka, sampai saat ini semua PTN belum menerima dana yang berasal dari APBN Perubahan 2012 tersebut…

Setelah 3 Tahun, ITB Buka Jurusan Keamanan TI

Pesatnya kemajuan teknologi informasi (TI) dan minimnya keamanan TI membuat sejumlah jajaran Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jurusan dalam bidang Keamanan Informasi.

 "Ide untuk didirikannya jurusan teknik keamanan Informasi ini sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun yang lalu dengan ditandai pengajuan proposal ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dan baru direstui oleh pemerintah pada minggu kemarin," kata Penanggung jawab program Yusep Rohmansyah di ITB Jalan Ganecha Kota Bandung, Jumat (20/7/2012).

 Yusep mengatakan, bahwa jurusan keamanan informasi sangat penting di tengah kemajuan TI yang semakin meningkat, serta ditambah petugas keamanan internet di Indonesia masih sangat minim.

"Seperti contoh dalam suatu Bank dijaga oleh satu satpam, tentunya itu sangat berisiko tinggi. Yah, begitulah kondisi kemanan internet di Indonesia saat ini," ujarnya.

"Progam ini akan dibuka untuk strata 2 di bawah Fakultas Teknik Elektro dan Informatik…

2013 Biaya Kuliah Bakal Lebih Murah

Bervariasinya sumbangan dan pungutan yang harus ditanggung oleh mahasiswa merupakan dasar pemerintah untuk menghapus biaya pendidikan tinggi, kecuali Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Rencananya, kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada tahun 2013 mendatang.

 “Isu awalnya itu adalah SPP tunggal. SPP tunggal itu muncul karena fakta dilapangan sumbangan yang harus ditanggung mahasiswa bervariasi,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Jakarta, Kamis (19/7).

Menurutnya, ada biaya yang harus ditanggung selain SPP itu terjadi karena terbatasnya subsidi dan bantuan yang diberikan oleh negara ke PTN. Sehingga, mau tidak mau PTN terpaksa menarik biaya dari masyarakat, guna memenuhi kebutuhan dan mengembangan kampus.

“Karena sumbangan-sumbangan itu ada karena pemerintah memberikan subsidi yang kecil, sehingga mengambil dari masyarakat. Sekarang pemerintah sudah memiliki uang, sehingga kedepan hanya dibebankan SPP saja,” tuturnya. Kedepan, mantan Rektor ITS itu optim…

Benarkah Berpikir Bikin Kurus?

Berpikir keras memang sangat menguras tenaga, maka wajar kalau terasa letih sesudahnya. Namun jangan harap bisa kurus hanya dengan berpikir saja, tetap harus olahraga karena otak manusia hanya butuh daya setara dengan lampu 12 watt.

Menurut berbagai penelitian, ukuran otak manusia tidak lebih dari 1,4 kg atau paling-paling cuma 2 persen dari berat badan total. Meski demikian, konsumsi energinya cukup besar yakni 20 persen dari Resting Metabolic Rate (RMR) yang nilainya rata-rata 1.300 kilokalori/hari.

Besarnya RMR bervariasi tergantung usia, berat badan serta aktivitas fisik yang dilakukan. Namun yang jelas, 20 persen dari RMR tidak akan cukup untuk membuat kurus karena angkanya hanya sekitar 260 kilokalori yang dihasilkan secara bertahap sebanyak 10,8 kilokalori perjam.

Bila dikonversi agar bisa dibandingkan dengan konsumsi daya pada peralatan listrik, maka akan tampak bahwa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh otak sangatlah kecil. Berikut ini perhitungannya seperti dikutip dari Huffi…

Belajar Sambil Menulis Bikin Ingatan Lebih Tajam

Ketika Anda sedang belajar untuk menghadapi ujian, lebih baik gunakan metode belajar dengan menulis baik menggunakan pensil atau pena daripada mengetik menggunakan komputer.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menulis dengan cara konvensional dapat membantu otak bekerja lebih efektif dibandingkan mengetik dengan menggunakan komputer.

Seperti dilansir dari thedoctorwillseeyounow, Senin (16/7/2012), peneliti menemukan bahwa struktur tertentu dalam otak yang dikenal sebagai wilayah Broca, diaktifkan pada peserta yang belajar dengan menulis, tapi tidak dengan peserta yang belajar dengan mengetik.

Area Broca tersebut sangat penting terhadap kemampuan berkomunikasi seseorang di depan umum dan persepsi terhadap tindakannya.

Para peneliti juga menyatakan bahwa belajar sambil menulis dapat menciptakan 'memori motorik' yang membantu seseorang untuk dapat belajar lebih baik. Memori motorik tersebut terbentuk karena adanya hubungan antara membaca dan menulis, tetapi tidak dengan mengetik.

Keti…

Cara Mengelola Waktu Belajar

Dalam sehari, kita punya 24 jam untuk diisi dengan berbagai aktivitas. Akan tetapi, dengan waktu 24 jam ini, terkadang kita masih sulit untuk mengalokasikannya sebagai waktu belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda membutuhkan strategi dalam mengelola waktu studi. Caranya, siapkan kerangka jadwal kegiatan yang akan Anda laksanakan dalam jangka waktu yang panjang terlebih dahulu.

http://www.kompas.com

Kiat bijak memilih Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Bangkit #Tips Memilih Perguruan Tinggi

Keputusan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi merupakan pilihan yang ideal. Mengingat persaingan SDM semakin ketat dan penuh kejutan. Siapapun tidak mau menjadi pecundang, sebaliknya mereka ingin menjadi pemenang ditengah-tengah kehidupan manusia. Keterbatasan sumberdaya ditengah-tengah kesulitan perekonomian keluarga dan rendahnya informasi, menjadikan memilih perguruan tinggi adalah pekerjaan yang sulit. Keputusan yang salah pada akhirnya akan membawa penyesalan dan pengorbanan yang besar. Arah putar jam tidak mungkin diputar balik kembali.Berikut ini disampaikan beberapa kiat sukes memilih pergurun tinggi: 1. Menguji derajat kemauan untuk studi lanjut. Kegagalan memilih perguruan tinggi dapat menjadi kenyataan dengan melihat seberapa kuat kemauan dan semangat calon mahasiswa itu sendiri. Apapun pilihannya, jika dilaksanakan dengan tekad kuat dan semangat yang tinggi akan memperkecil resiko kegagalan, dan membuka peluang kesuksesan berkarier. Ibarat batu keras yang meneri…

Pelajar Indonesia Borong Penghargaan

Tim International Mathematics Competition dari Indonesia tahun ini mengharumkan bangsa. Untuk International Mathematics Competition for University Students 2012, sebanyak delapan penghargaan berhasil dibawa pulang.

Penghargaan tersebut diraih oleh Raja Oktovin P. Damanik point 43 dari UI (Perak), Ronald Widjojo point 40 dari ITB (Perak), Made Tantrawan point 36 dari UGM (Perak), Satria Stanza P. point 33 dari ITS (Perunggu), Yohanes point 29 dari UPH (Perunggu), Kistosil Fahim point 20 dari ITS (Honorable Mention), Bernanrd Imanuel point 20 dari UI (Honorable Mention), dan Rizky Reza Fauzi point 14 dari UI (Honorable Mention).

Tim Matematika Indonesia yang berasal dari mahasiswa peraih medali dalam Olimpiade Nasional MIPA (ONMIPA) 2012 berpartisipasi dan berprestasi dalam ajang International Mathematics Competition (IMC) Ke- 19 yang digelar di American University, Blageovgrad, Bulgaria.

Kompetisi internasional ini digelar selama tujuh hari, mulai 26 Juli hingga 1 Agustus 20…

Ada Lomba Inovasi Bisnis Pemuda Nih.. Ikut?

Kabar gembira buat kamu entrepreneur muda yang memiliki inovasi bisnis. Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pemuda untuk berkreatifitas agar memiliki kebanggaan terhadap dunia wirausaha sebagai pilihan utama dalam mewujudkan kemandirian mereka.

Dari semangat tersebut diharapkan akan berdampak pada terciptanya lapangan kerja, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2012 diharapkan juga bisa menemukan wirausaha muda yang melakukan inovasi bisnis mencakup inovasi dalam produk pertanian yang ramah lingkungan; inovasi dalam produk olahan hasil alam dan inovasi yang berbasis industri kreatif.
Lomba ini bisa diikuti secara perorangan maupun mewakili kelompok, dengan batas usia 16-30 tahun. Peserta juga harus wirausaha yang masih aktif, memiliki kebaruan dalam inovasi bisnis, serta karya inovasi bisnis belum pernah menjadi pemenang pertama, kedua, atau ketiga di tingkat …

Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi Tingkat Nasional 2012

Deadline: 15 Agustus 2012

Pengumuman Pemenang: 1 September 2012

FORUM AKTIF MENULIS (FAM) INDONESIA menggelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi tingkat Nasional 2012 dengan melibatkan seluruh anggota FAM INDONESIA yangtersebar di berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat menulis sekaligus memberikan apresiasi terbaik kepada penulis-penulis muda Indonesia berbakat. Lomba ini juga terbuka untuk umum dengan syarat peserta yang mengikuti lomba telah terdaftar sebagai anggota FORUM AKTIF MENULIS (FAM) INDONESIA.

Ketentuan/kriteria Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi sebagai berikut:
1.Peserta adalah Warga Negara Indonesia, termasuk yang berdomisili di luar negeri, tidak dibatasi umur (Pelajar, Mahasiswa, Guru, Umum, dll)
2. Peserta lomba harus terdaftar sebagai anggota FAM INDONESIA dengan melakukan registrasi keanggotaan kepada Sekjen FAM INDONESIA, Aliya Nurlela (Hp. 0812 5982 1511). Atau add facebook “ALIYA NURLELA”. Naskah yang dikirim tanpa registra…

LOMBA CERITA HARI ANAK NASIONAL 2012

DL: 31 Agustus 2012
Tema: "Aku Melawan Korupsi"
*15 Tulisan Nominator Dibukukan Cetak Nasional

Tujuan:
Akhir-akhir ini sangat menyentak kesadaran kita mengenai fenomena maraknya terungkap kasus korupsi yang melibatkan elit-elit politik, dan lebih mirisnyan yang terjerat hukum gara-gara korupsi itu adalah para pemimpin yang seharusnya mereka adalah panutan bagi bangsa ini. Hal ini sangat terkait dengan minimnya pendidikan "bahaya korupsi" dan dampaknya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di bangku sekolah. Sekarang ini sudah ada pendekatan "melawan" korupsi yang dikenalkan pada anak-anak sekolah dasar dan menengah pertama.
Untuk menunjang program pemerintah mengenai pendidikan antikorupsi sejak dini, kami merasa terpanggil untuk membuat lomba cerita anak yang bertemakan tentang korupsi, bagaimana anak-anak dengan kepolosan dan kejujuran mereka bisa menjadi "alarm" dan pencegahan untuk menghindari tindakan korupsi sekecil apapun itu. Dengan cerit…

Indonesia Focus 2012 Writing Contest

The Asian Society for International Relations and Public Affairs (ASIRPA) now invites students and professionals to take part in the upcoming Indonesia Focus Writing Contest (IFWC). The theme for this year is "Sharing is believing”.

The competition will be divided into two categories; the first is for junior and senior high school students and the second is for college students and professionals. The first, second, and third place winner of the first category will be awarded a cash prize of $250, $100, and $50 respectively, and the first, second, and third place winner of the
second category will be awarded a cash prize of $350, $250, and $100 respectively. Winners of the second category will also have the opportunity to publish their paper in the Journal of ASIRPA (JASIRPA).

Entering the Competition


You can enter the competition by sending your paper to writingcontest@asirpa.orgwritingcontest@asirpa.org <writingcontest/at/asirpa.org>

Your paper should relate to the …

Event Menulis Tema Tatoo DL 1 Agustus 2012

Kebahagiaan itu sementara begitu juga dengan hidup di dunia. Nyawa, harta, fasilitas merupakan pinjaman dari Tuhan Yang Maha Esa suatu hari pasti akan diambil kembali. Pernahkah kalian melihat atau mendengar orang-orang di maya maupun nyata. Seorang artis, pejabat, orang awam, atau teman kita sendiri yang bergambar permanent alias BERTATTOO?

Suatu ketika saya melihat acara HITAM PUTIH yang di Host-kan oleh Deddy Corbuzer, nah bintang tamunya Kirana Larasati dan Nikita Mirzani. Dunia artis yang terlihat glamor dan penuh hiburan ternyata di balik kehidupan nyata mereka, tersimpan kisah yang sangat menyedihkan. Contohnya, Kirana Larasati sewaktu kecil, Ayah tirinya rela berpura-pura terserempet mobil demi mendapatkan uang ganti rugi untuk membeli susu anaknya dan juga Nikita Mirzani yang kehidupan keluarganya tidak harmonis, kurang perhatian dari Ayahnya. Demi melampiaskan kesedihannya itu mereka men-tattoo tubuhnya. Selain biar terlihat wanita yang kuat mer…

Motivasi Untuk Yang Gagal SNMPTN 2012

Kegembiraan mewarnai pengumuman snmptn 2012 tentu bagi mereka yang lulus snmptn 2012 sedangkan yang tidak buru-buru pulang dan tidur dengan kekecewaan mendalam, tidak terkecuali sma n sukakarya memang tidak sebanding seperti kebanyakan sma yang ada di kota tahun 2012 ini Sma N Sukakarya hanya mampu meloloskan 1 dari 5 orang siswa yang mengikuti SNMPTN 2012 maklum sma yang berada di desa jadi untuk info tenytang SNMPTN masih sangat kurang.

Semoga Sma N sukakarya yang beralamat jalan pertamina di desa ciptodadi kecamatan sukakar kabupaten musi rawas propinsi sumatra selatan dan beerada di pinggir pulau sumatra ini belum banya yang berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang ada di indonesia harapan saya terutama kapasitas saya sebagai aktivis Sma N Sukakarya hanya dapat berharap semoga Sma N Sukakarya dapat meningkatkan kualitas serta turut andil dalam pembnguna  sukakarya ke arh yang lebih baik lagi.

Melalui forum-forum seperti ikatan alumni lah kita bisa men…

Pengumuman SNMPTN Maju Sehari

JAKARTA - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur tertulis yang sedianya akan diumumkan pada Sabtu, 7 Juli 2012 mengalami perubahan. Panitia penyelenggara SNMPTN 2012 memajukan pengumuman SNMPTN jalur tulis menjadi 6 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB. 

Menurut Ketua Panlok Semarang Hertanto Wahyu Subagyo, tahun ini proses pengumuman sengaja diajukan karena proses penentuannya memang sudah selesai dilakukan. Tidak ada masalah apa pun. "Semua berlangsung lebih cepat maka hasilnya dapat diketahui lebih cepat pula oleh peserta," ungkap Hertanto, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (5/7/2012).

Sementara itu Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi menyampaikan, tahun ini Undip menyediakan 3.873 kursi lewat jalur SNMPTN ujian tulis. "Tingkat keketatan masuk undip untuk kelompok IPA di peringkat delapan sedangkan IPS berada pada rangking enam dari 62 PTN seluruh Indonesia," ujar Su…

Audisi Curhat Galau Penulis Pemula (gratis!!!)

Assalamualaikum . . .
Bagi yang pengen eksis di dunia tulis-menulis gak ada salahnya ikutan audisi ini. Yuk ikutan! Pokoknya harus ikutan! Hehe . . .
1. Naskah berbentuk FTS(Flash True Story).

2.Tema: Curhat Galau Penulis Pemula (tulis aja seputar ketertarikan, masalah, perjuangan, apa saja yang menyakut dunia tulis menulis di dumay atau dunia Anda sebenarnya, terserahlah! Hehe . . .)

3. Ketik di kertas tipe A4, format tulisan Times New Roman 12, dengan spasi 1,5 margin 3333. Panjang 3-4 halaman. Tulis biodata (nama, alamat, nama pena, no hape yang bisa dihubungi) di akhir naskah! Plus biodata narasinya yah!

4. Pokoknya tulis semenarik, sebagus, dan seorisinil mungkin deh naskah kamu! Jangan lupa add fb penyelenggara: Futicha Turisqoh II.

5. Akan dipilah-dipilih 25 naskah berkualitas yang akan diterbitkan di Puput Happy Publishing (itu lho penerbit yang direktrisnya Futicha Turisqoh II).

6. Oh iya kirim naskah kamu dengan subjek e-mail: curhat galau-nama penulis. Dan kirim…

Beragam Cerita di Bulan Juni; SNMPTN, Ujian Kenaikan Kelas, Daftar Ulang PTN, etc

Sobat pelajar, sekarang kita udah berada di pertengahan Juni. Bulan yang bisa dibilang banyak kesibukan, meskipun ada beberapa yang udah terbiasa sibuk juga di bulan Mei.
Mulai dari SNMPTN tertulis -dan sekarang pun udah kelar- terus juga ada yang ujian kenaikan kelas, deadline lomba yang ngedesak, juga pendaftaran ulang siswa SNMPTN Undangan.

Sebagai pelajar kita tentu ngelewatin itu semua, -mau gak mau- karena kita punya cita-cita. Punya? Ya! Tentu saja, kita musti punya cita-cita! Dan kita bakal ngelakuin apa aja buat ngejar cita-cita kita masing-masing.

 SNMPTN yang udah berlangsung dua hari kemarin-kemarin itu udah jadi puncak perjuangan selama di SMA. Terus banyak juga yang cerita pengalaman ujian yang dijalaninnya kemarin itu. Sebenarnya yang namanya ujian, ya ujian. Ngukur kemampuan, trus juga bersaing ama temen-temen seperjuangan yang lain. Lalu gimana dengan hiruk-pikuk persoalan sebelum ujian itu? Kalo kita denger dari temen-temen di luar sana, wahh,... beragam deh ! Mulai…

Mau Lulus SNMPTN Undangan? Check It Out !!

Hai sobat pelajar!
Setelah sekian lama nggak ada postingan baru, kali ini Bintang bakal mem-post lagi sebuah tulisan -dijamin nggak ada unsur copas-nya-  hehe :D<

Well, postingan ini lebih dikhususkan buat sobat pelajar yang sekarang duduk di kelas X maupun kelas XI, karena Bintang mau nulis tips menembus SNMPTN Undangan (dulu namanya PMDK) Eits, tapi buat adik-adik yang masih SMP jangan abaikan tulisan ini karena suatu saat nanti postingan ini bermanfaat juga buat ke depannya , >


Alright, mari kita mulai baca ...

Biar mudah ngertinya, inilah beberapa FAQ yang sering muncul di kalangan siswa tentang SNMPTN jalur undangan :


FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)
#1 Kak, sebenarnya apa sih, SNMPTN Jalur Undangan itu?
--> SNMPTN Jalur Undangan itu salah satu jalur buat masuk PTN, dimana mekanisme seleksi nasionalnya berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan. Satu hal lagi, jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

#2

BEASISWA SEKOLAH DAN PESANTREN YOGYAKARTA

PP ASY SYIFA' MUH YOGYAKARTA: Menerima santri baru tahun 2012/2013, sekaligus sekolah di MTs/MA (terakreditasi B).
BEASISWA BELAJAR DI PESANTREN DAN MTs/MA.
Syarat: Lulus MI/SD/MTS/SMP, Sehat jasmani Rohani, sanggup belajar dengan tekun,lulus tes wawancara. Pendaftaran dapat di lihat d: www.asysyifa.sch.id.
sms/call: H.Heni JOhan,S.Pd (081804387846).

Sst.. Ada Beasiswa Program S1, D3, D2 untuk Lulusan SMA dari Kedubes Jepang !

Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2013 telah dibuka pada 14 Mei 2012 dan akan ditutup pada tanggal 15 Juni 2012.
Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013).
Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.
PROGRAM 1.Undergraduate (S-1) Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).

Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,4; lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996.

Materi ujian tertulis:IPS:Bahasa Inggris dan MatematikaIPA-a:Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan FisikaIPA-b,c:Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi

Pilihan jurusan:IPS: Laws, Politics, Pedagogy, Sociology…