Rabu, 26 Desember 2012

Calon Mahasiswa: Waspadai Sesat Jurusan!

Hai sobat pelajar ! Ketika duduk di bangku SMA, banyak info-info yang sebenarnya bisa dikupas habis seputar kelanjutan penddikan ke PT. Tapi sayang, terkadang saking banyaknya info tsb, yang kebuka malah spam-spam doang yang gak jelas. Disini saya akan coba membahas info seputar arah jurusan yang diambil. Bahasa di doc ini mungkin bakalan ekstrem, jadi cobalah terbuka utk hal tsb. :P

1. FK
Kalo kamu suka menghafal (ex: biologi), punya kepedulian sesama, komitmen, dan keberanian yang tinggi, jangan ragu untuk milih FK. Kalo kamu nggak tahan sama bacaan yang ada unsur biologi, nggak tahan ngapalin istilah-istilah kedokteran, jangan milih FK cuma karena pengen gengsi/ disuruh orang tua. Katakan pada mereka kalo kamu nggak niat jadi dokter

2. ILMU KOMPUTER/ TEKNIK INFORMATIKA
Kalo kamu suka berhitung (ex: matematika, fisika), demen pemrograman, punya passion di bidang IT (ex: bikin games, bikin software, bikin apps berbasis android dll) , dan 'tahan' sama yang namanya komputer/laptop, jangan ragu untuk milih jur ini. Kalo kamu males mikir, males nganalisa pake logika, gak suka pikir panjang dengan hitung-hitungan, benci matematika, jangan pilih jur ini.

3. SISTEM INFORMASI
Kalo kamu punya passion di bidang IT dan mau berkiprah di bidang bisnis yang manfaatin IT, kamu bisa milih jur ini. Program ini bisa dibilang seimbang antara IPA dan IPS, karena kamu bakal dilatih menjadi profesional di bidang bisnis yang ada IT nya ex project manager perusahaan dll. Kalo kamu nggak suka bisnis, nggak suka ekonomi manajemen dan nggak suka matematika jangan pilih jur ini.

4. TEKNIK KOMPUTER
Kalo Ilmu komputer lebih ke software, tekkom hadir utk kalian yang lebih suka ngutak ngatik yang lebih 'kongkret'. yaitu hardware. teknik dgital, sistem hardware yang bekerja , bahasa mesin, semua ada di sini. Jadi kalo kamu nggak suka hardware , pengaturan digital gitu-gitu mending jangan pilih jur ini.

5. FMIPA - Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Astronomi, dll
Kalo ilmu murni kayak gini udah lebih jelas, artinya kamu milih ilmu tsb utk jadi profesional di bidang tsb. Kalo gak pernah tahan bljr pljrn itu d SMA, mending jangan dipilih

6. TEKNIK KIMIA
Nah, kadang ngebingungin juga mau pilih teknik kimia atau kimia ? Kimia saja, itu murni kimia dan untuk kelanjutannya bisa profesional di bidang yang lebih spesifik yaitu kimia fisik, kimia organik, kimia analitik, dll. Kalo teknik kimia, orientasinya adalah lebih ke industri. Gimana cara pengaplikasian bahan-bahan kimia, cara dan proses dan apa yang bakal dibutuhkan d industri nanti, artinya rekayasa bahan mentah menjadi yang lebih berguna. Jadi kalo gak suka yang begituan jangan milih tekkim

----------------------26/12/12
7. Pendidikan teknik informatika dan komputer
Untuk jur ini sebenarnya sangat berbeda dengan teknik informatika, karena pada dasarnya berorientasi pada academic/utk pendidikan ex guru TIK, baik di SMP, SMA maupun SMK. Oleh karena itulah perlu disiapkan berbagai macam komponen dalam pembelajaran IT tersebut. Yang dibekali di sini lebih ke materi-materi TIK yang sengaja disajikan ke sekolah, termasuk word excel dan semacamnya sedangkan d teknik informatika tidak ada karena kompetensi khusus yang akan dicapai adalah bidang pendidikan meliputi pengetahuan pedagogik dan pendidikan teknologi informasi untuk tingkat pendidikan dasar, menengah dan kejuruan. Pada bidang keteknikan meliputi teknologi komputer dan jaringan, rekayasa perangkat lunak, dan multimedia. Jadi sangat sangat berbeda dengan teknik informatika.

8. Teknik Fisika
Kalo zaman SMA gak pernah tahan ama salah satu pljrn ini: fisika, kimia, matematika, jangan pilih jur ini. Termasuk jur yang menuntut kamu untuk analisis secara tajam, namun menantang.

9. Teknik Geologi
Kalo pilihan kamu ITB, pilih FITB, tapi belum tentu masuk geologinya. tapi bisa jadi geodesi, oceanografi, dll. Untuk jur ini sebenarnya lebih ke IPA, tapi tidak terpaut IPA/IPS (tergantung PT)
teknik geologi. Di jur ini, kamu bakal mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan, sifat-sifat fisika dan kimia, bentuk batuan, proses pembentukannya dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang dan lain-lain. Perannya sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam. Eits, tapi juga dapet pelajaran ini: statistika, lingkungan, geofisika, kekuatan bahan, konstruksi, perminyakan, pertambangan, analisis, serta software-software khusus. Gak suka ama gituan? jangan milih bagusan.

10. Pertanian VS Teknik Pertanian
Teknik pertanian lebih mempelajari rekayasa teknologi hasil pertanian, yang menunjang pertanian, atau hal/hal pemrosesan yang menjadi daya dukung dari pertanian. Penerapan dasar-dasar teknik dalam bidang pertanian mencakup bidang teknik mesin budidaya pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, teknik proses hasil pertanian/pangan, energi dan listrik pertanian, perbengkelan dan instrumentasi di bidang pertanian, ergonomika alat dan mesin pertanian, sistem dan manajemen keteknikan pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian, serta teknik tanah dan teknik sumber daya air. Teknik pertanian ini dipelajari sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi usaha pertanian guna meningkatkan produktivitas, mutu, kontinuitas pasokan produk-produk pertanian, kesejahteraanpetani, dan kelestarian lingkungan.Analisis dan kreativitas pengembangan dilakukan sebagai kompetensi khusus. Pertanian meliputi hal-hal terpaut ilmu tani,(botani) benefit yang lebih dari suatu tanaman. Nantinya kedua jurusan ini bekerja sama. Lebih prefer mana? tergantung kalian.

11. Teknik Sipil
 Jur ini bakal mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanyagedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Kalo kamu nggak suka ama pengetahuan matematika, fisika, kimia, 
biologi, geologi, lingkungan hingga komputer , jangan milih sipil kalo bisa. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

12. Teknik Lingkungan
Kamu ngaku cinta lingkungan dan miris sama kondisi lingkungan kita yang mulai nggak sehat ini, lingkungan bumi yang sudah tua ini, bisa masuk jur ini. Jur ini bakal mempelajari teknik serta manajemen untuk memelihara dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, serta lingkungan secara keseluruhan ex: konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, penyaluran limbah dan buangan, pengendalian pencemaran akibat limbah cair, gas dan lumpur (sludge) dan pengelolaan kualitas perairan, tanah, dan atmosfer, serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan. Nggak suka observasi, analisis, dan menghapal, jangan pilih jur ini.

13. Teknik Arsitektur
Nah , kalo arsitektur ini perpaduan antara seni dan teknik bangunan yang di dalamnya termasuk perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekoratif yang mempelajari bentuk fisik ruang buatan sebagai tempat bagi manusia yang berhubungan dengan segala kompleksitas kebutuhan kehidupannya, baik individu maupun kelompok. Arsitektur tidak hanya terbatas pada bangunan saja namun meliputi interior, landscape (ekterior), kawasan dan lebih luas lagi akan mempelajari tentang perencanaan kota.

Sedikit RUMOR ---
Teknik Sipil(S), Lingkungan(L) , dan Arsitektur(A)
Ada klien dari perusahaan swasta / negeri yang ingin mendirikan bangunan kantor berhubung yang lama udah rusak karena gempa
S: (hm..oke bangunannya gw rancang gini, efektivitas begini, nah ini tahan gempa, nah caranya bla bla bla,)
L: (oke gw cek kalo bangunan ini didirikan di lahan sini, dampaknya begini, bla bla bla, tanahnya, luasnya cocok, bla bla bla)
A: (Biar nyaman dan indah, bangunannya mesti gini, ini diatur seperti ini, dengan luas segini biar tidak berasa sempit begini, bla bla bla)
Nah, kamu suka cara berpikir yang mana?? Find urs!



Info lanjut : http://wikipedia.org atau khusus teknik di http://www.engineeringtown.com/
Selengkapnya...

Sabtu, 20 Oktober 2012

Lingkungan Butuh Kesadaran Kita Semua!

=COPAS=

silahkan dibaca teman teman,,
ada Kisah yang kmgkinan akan menggugah hati nurani kita semua,

PIDATO ANAK 12 TH YANG MEMBUNGKAM PARA PEMIMPIN DUNIA DI PBB
-Ronald Adriant-

Cerita ini berbicara mengenai seorang anak dari Kanada bernama Severn Suzuki, seorang anak yg pada usia 9 tahun telah mendirikan Enviromental
Children’s Organization ( ECO ).

ECO sendiri adalah sebuah kelompok kecil anak yg mendedikasikan diri
untuk belajar dan mengajarkan pada anak” lain mengenai masalah lingkungan.

Dan mereka pun diundang menghadiri Konfrensi Lingkungan hidup PBB,
dimana pada saat itu Severn yg berusia 12 Tahun memberikan sebuah pidato
kuat yg memberikan pengaruh besar ( dan membungkam ) beberapa pemimpin
dunia terkemuka.

Apa yg disampaikan oleh seorang anak kecil berusia 12 tahun hingga bisa
membuat RUANG SIDANG PBB hening, lalu saat pidatonya selesai ruang
sidang penuh dengan orang terkemuka yg berdiri dan memberikan tepuk
tangan yg meriah kepada anak berusia 12 tahun.

Inilah Isi pidato tersebut: (Sumber: The Collage Foundation)

Halo, nama Saya Severn Suzuki, berbicara mewakili E.C.O – Enviromental
Children Organization
Kami adalah kelompok dari Kanada yg terdiri dari anak-anak berusia 12
dan 13 tahun, yang mencoba membuat perbedaan: Vanessa Suttie, Morga,
Geister, Michelle Quiq dan saya sendiri. Kami menggalang dana untuk bisa
datang kesini sejauh 6000 mil untuk memberitahukan pada anda sekalian
orang dewasa bahwa anda harus mengubah cara anda, hari ini di sini juga.
Saya tidak memiliki agenda tersembunyi. Saya menginginkan masa depan
bagi diri saya saja.

Kehilangan masa depan tidaklah sama seperti kalah dalam pemilihan umum
atau rugi dalam pasar saham. Saya berada disini untuk berbicara bagi
semua generasi yg akan datang.

Saya berada disini mewakili anak-anak yg kelaparan di seluruh dunia yang
tangisannya tidak lagi terdengar.

Saya berada disini untuk berbicara bagi binatang-binatang yang sekarat
yang tidak terhitung jumlahnya diseluruh planet ini karena kehilangan
habitatnya. Kami tidak boleh tidak di dengar.

Saya merasa takut untuk berada dibawah sinar matahari karena
berlubangnya lapisan OZON.Saya merasa takut untuk bernafas karena saya
tidak tahu ada bahan kimia apa yg dibawa oleh udara.

Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya hingga beberapa
tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker.
Dan sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu
persatu mengalami kepunahan tiap harinya – hilang selamanya.

Dalam hidup saya, saya memiliki mimpi untuk melihat kumpulan besar
binatang-binatang liar, hutan rimba dan hutan tropis yang penuh dengan
burung dan kupu-kupu. Tetapi sekarang saya tidak tahu apakah hal-hal
tersebut bahkan masih ada untuk dilihat oleh anak saya nantinya.

Apakah anda sekalian harus khawatir terhadap masalah-masalah kecil ini
ketika anda sekalian masih berusia sama serperti saya sekarang?

Semua ini terjadi di hadapan kita dan walaupun begitu kita masih tetap
bersikap bagaikan kita masih memiliki banyak waktu dan semua
pemecahannya. Saya hanyalah seorang anak kecil dan saya tidak memiliki
semua pemecahannya. Tetapi saya ingin anda sekalian menyadari bahwa anda
sekalian juga sama seperti saya!

Anda tidak tahu bagaimana caranya memperbaiki lubang pada lapisan ozon kita.
Anda tidak tahu bagaiman cara mengembalikan ikan-ikan salmon ke sungai
asalnya.
Anda tidak tahu bagaimana caranya mengembalikan binatang-binatang yang
telah punah.

Dan anda tidak dapat mengembalikan hutan-hutan seperti sediakala di
tempatnya, yang sekarang hanya berupa padang pasir. Jika anda tidak tahu
bagaima cara memperbaikinya. TOLONG BERHENTI MERUSAKNYA!

Disini anda adalah delegasi negara-negara anda. Pengusaha, anggota
perhimpunan, wartawan atau politisi – tetapi sebenarnya anda adalah ayah
dan ibu, saudara laki-laki dan saudara perempuan, paman dan bibi – dan
anda semua adalah anak dari seseorang.

Saya hanyalah seorang anak kecil, namun saya tahu bahwa kita semua
adalah bagian dari sebuah keluarga besar, yang beranggotakan lebih dari
5 milyar, terdiri dari 30 juta rumpun dan kita semua berbagi udara, air
dan tanah di planet yang sama – perbatasan dan pemerintahan tidak akan
mengubah hal tersebut.

Saya hanyalah seorang anak kecil namun begitu saya tahu bahwa kita semua
menghadapi permasalahan yang sama dan kita seharusnya bersatu untuk
tujuan yang sama.

Walaupun marah, namun saya tidak buta, dan walaupun takut, saya tidak
ragu untuk memberitahukan dunia apa yang saya rasakan.

Di negara saya, kami sangat banyak melakukan penyia-nyiaan. Kami membeli
sesuatu dan kemudian membuang nya, beli dan kemudian buang. Walaupun
begitu tetap saja negara-negara di Utara tidak akan berbagi dengan
mereka yang memerlukan.
Bahkan ketika kita memiliki lebih dari cukup, kita merasa takut untuk
kehilangan sebagian kekayaan kita, kita takut untuk berbagi.

Di Kanada kami memiliki kehidupan yang nyaman, dengan sandang, pangan
dan papan yang berkecukupan – kami memiliki jam tangan, sepeda, komputer
dan perlengkapan televisi.

Dua hari yang lalu di Brazil sini, kami terkejut ketika kami
menghabiskan waktu dengan anak-anak yang hidup di jalanan. Dan salah
satu anak tersebut memberitahukan kepada kami: ” Aku berharap aku kaya,
dan jika aku kaya, aku akan memberikan anak-anak jalanan makanan,
pakaian dan obat-obatan, tempat tinggal, cinta dan kasih sayang ” .

Jika seorang anak yang berada dijalanan dan tidak memiliki apapun,
bersedia untuk berbagi, mengapa kita yang memiliki segalanya masih
begitu serakah?

Saya tidak dapat berhenti memikirkan bahwa anak-anak tersebut berusia
sama dengan saya, bahwa tempat kelahiran anda dapat membuat perbedaan
yang begitu besar, bahwa saya bisa saja menjadi salah satu dari
anak-anak yang hidup di Favellas di Rio; saya bisa saja menjadi anak
yang kelaparan di Somalia ; seorang korban perang timur tengah atau
pengemis di India .

Saya hanyalah seorang anak kecil, namun saya tahu bahwa jika semua uang
yang dihabiskan untuk perang dipakai untuk mengurangi tingkat kemiskinan
dan menemukan jawaban terhadap permasalahan alam, betapa indah jadinya
dunia ini.

Di sekolah, bahkan di taman kanak-kanak, anda mengajarkan kami untuk
berbuat baik. Anda mengajarkan pada kami untuk tidak berkelahi dengan
orang lain, untuk mencari jalan keluar, membereskan kekacauan yang kita
timbulkan; untuk tidak menyakiti makhluk hidup lain, untuk berbagi dan
tidak tamak. Lalu mengapa anda kemudian melakukan hal yang anda ajarkan
pada kami supaya tidak boleh dilakukan tersebut?

Jangan lupakan mengapa anda menghadiri konperensi ini, mengapa anda
melakukan hal ini – kami adalah anak-anak anda semua. Anda sekalianlah
yang memutuskan, dunia seperti apa yang akan kami tinggali. Orang tua
seharus nya dapat memberikan kenyamanan pada anak-anak mereka dengan
mengatakan, ” Semuanya akan baik-baik saja , ‘kami melakukan yang
terbaik yang dapat kami lakukan dan ini bukanlah akhir dari segalanya.”

Tetapi saya tidak merasa bahwa anda dapat mengatakan hal tersebut kepada
kami lagi. Apakah kami bahkan ada dalam daftar prioritas anda semua?
Ayah saya selalu berkata, “Kamu akan selalu dikenang karena perbuatanmu,
bukan oleh kata-katamu”.

Jadi, apa yang anda lakukan membuat saya menangis pada malam hari.
Kalian orang dewasa berkata bahwa kalian menyayangi kami. Saya menantang
A N D A , cobalah untuk mewujudkan kata-kata tersebut.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.
***********

Servern Cullis-Suzuki telah membungkam satu ruang sidang Konperensi PBB,
membungkam seluruh orang-orang penting dari seluruh dunia hanya dengan
pidatonya. Setelah pidatonya selesai serempak seluruh orang yang hadir
diruang pidato tersebut berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah
kepada anak berusia 12 tahun itu.

Dan setelah itu, ketua PBB mengatakan dalam pidatonya:

” Hari ini saya merasa sangatlah malu terhadap diri saya sendiri karena
saya baru saja disadarkan betapa pentingnya linkungan dan isinya
disekitar kita oleh anak yang hanya berusia 12 tahun, yang maju berdiri
di mimbar ini tanpa selembarpun naskah untuk berpidato. Sedangkan saya
maju membawa berlembar naskah yang telah dibuat oleh asisten saya
kemarin. Saya … tidak kita semua dikalahkan oleh anak yang berusia 12
tahun “

——— ——
*Tolong sebarkan tulisan ini ke semua orang yang anda kenal, bukan untuk
mendapatkan nasib baik atau kesialan kalau tidak mengirimkan, tapi mari
kita bersama-sama membuka mata semua orang di dunia bahwa bumi sekarang
sedang dalam keadaan sekarat dan kitalah manusia yang membuatnya seperti
ini yang harus bertindak untuk mencegah kehancuran dunia.
*(Copyright from: Moe Joe Free)*
Selengkapnya...

Jumat, 24 Agustus 2012

BI Minta Keuangan Masuk Kurikulum SMP hingga PT

JaKARTA,- Pekan lalu, Wakil Presiden Boediono telah menetapkan hari Rabu sebagai Hari Menabung Nasional. Penetapan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan keuangan kepada generasi muda. Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad mengatakan, terkait pencanangan ini, bank-bank akan melakukan kampanye ke sekolah-sekolah setiap hari Rabu, dengan menawarkan produk-produk keuangan.

Selain itu, ia mengungkapkan, Bank Indonesia juga telah melakukan perjanjian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan pengetahuan keuangan dalam kurikulum sekolah mulai dari SMP hingga Perguruan Tinggi.

"Empat puluh persen dari masyarakat Indonesia belum terhubung dengan bank dan badan keuangan. Artinya tidak punya tabungan, asuransi, atau pun hubungan keuangan lainnya," kata Muliaman, saat menerima rombongan Forum Pelajar Indonesia, di Bank Indonesia, Rabu (4/7/2012).

Forum Pelajar Indonesia, yang terdiri dari ratusan siswa dari seluruh Tanah Air, akan mengikuti workshop dan dialog seputar keuangan dengan bekerja sama dengan Bank Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran pelajar tentang keuangan sehingga berperan aktif dalam usaha menyadarkan masyarakat terhadap perencanaan keuangan yang masih minim.

Sumber : kompas.com
Selengkapnya...

Mahasiswa Hanya Bayar SPP, PTN Setuju asal...

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, pemerintah harus menghitung secara rinci berapa kebutuhan biaya yang diperlukan oleh setiap perguruan tinggi negeri (PTN). Hal itu ia katakan menyusul adanya rencana pemerintah untuk menutup biaya operasional mahasiswa di PTN melalui Bantuan Operasional PTN.

 "Tentu setuju, tapi dengan catatan. Semua harus dihitung supaya niat baiknya terlaksana tanpa membebani PTN," kata Akhmaloka, di ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/7/2012) malam. Seperti diberitakan, mulai tahun depan pemerintah berencana membebaskan semua biaya perkuliahan di PTN, kecuali biaya SPP.

Untuk itu, pemerintah akan menutup biaya operasional PTN dengan cara meningkatkan jumlah dana BO PTN. BO PTN sendiri baru mulai digelontorkan tahun ini sekitar Rp 1,5 triliun. Pada 2013, jumlah tersebut akan ditambah sekitar Rp 3,5 triliun. Akan tetapi, diakui Akhmaloka, sampai saat ini semua PTN belum menerima dana yang berasal dari APBN Perubahan 2012 tersebut sehingga melahirkan polemik lain bagi pelaksanaan pendidikan di PTN.

"Sudah disahkan dari APBN Perubahan, tapi kita belum menerima dan belum bisa mengeksekusi bantuan tersebut," ungkapnya. Sebagai informasi, ditingkatkannya dana BO PTN merupakan upaya pemerintah untuk menutup Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Setiap tahun, negara menerima sekitar Rp 12 triliun melalui PNBP dari seluruh PTN. Setengah dari jumlah Rp 12 triliun itu berasal dari tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN), sedangkan sisanya diperoleh dari partisipasi mahasiswa di PTN melalui biaya SPP, sumbangan pembangunan gedung, dana hibah penelitian, dan lain-lain.

Pemerintah bertekad menutup setengah dari PNBP tersebut supaya tahun depan semua mahasiswa di PTN mendapat banyak keringanan karena hanya perlu membayar biaya SPP.

Sumber : http://www.kompas.com
Selengkapnya...

Setelah 3 Tahun, ITB Buka Jurusan Keamanan TI

Pesatnya kemajuan teknologi informasi (TI) dan minimnya keamanan TI membuat sejumlah jajaran Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jurusan dalam bidang Keamanan Informasi.

 "Ide untuk didirikannya jurusan teknik keamanan Informasi ini sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun yang lalu dengan ditandai pengajuan proposal ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dan baru direstui oleh pemerintah pada minggu kemarin," kata Penanggung jawab program Yusep Rohmansyah di ITB Jalan Ganecha Kota Bandung, Jumat (20/7/2012).

 Yusep mengatakan, bahwa jurusan keamanan informasi sangat penting di tengah kemajuan TI yang semakin meningkat, serta ditambah petugas keamanan internet di Indonesia masih sangat minim.

"Seperti contoh dalam suatu Bank dijaga oleh satu satpam, tentunya itu sangat berisiko tinggi. Yah, begitulah kondisi kemanan internet di Indonesia saat ini," ujarnya.

"Progam ini akan dibuka untuk strata 2 di bawah Fakultas Teknik Elektro dan Informatika. Rencananya progam ini akan dibuka pada tahun 2012," ucapnya.

Ia menuturkan sebelum rencana jurusan tersebut direstui oleh Kemendikbud, ITB sudah membuka terlebih dahulu progam S3 jurusan teknik keamanan informasi.

Sumber : http://www.inilahjabar.com
Selengkapnya...

2013 Biaya Kuliah Bakal Lebih Murah

Bervariasinya sumbangan dan pungutan yang harus ditanggung oleh mahasiswa merupakan dasar pemerintah untuk menghapus biaya pendidikan tinggi, kecuali Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Rencananya, kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada tahun 2013 mendatang.

 “Isu awalnya itu adalah SPP tunggal. SPP tunggal itu muncul karena fakta dilapangan sumbangan yang harus ditanggung mahasiswa bervariasi,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Jakarta, Kamis (19/7).

Menurutnya, ada biaya yang harus ditanggung selain SPP itu terjadi karena terbatasnya subsidi dan bantuan yang diberikan oleh negara ke PTN. Sehingga, mau tidak mau PTN terpaksa menarik biaya dari masyarakat, guna memenuhi kebutuhan dan mengembangan kampus.

“Karena sumbangan-sumbangan itu ada karena pemerintah memberikan subsidi yang kecil, sehingga mengambil dari masyarakat. Sekarang pemerintah sudah memiliki uang, sehingga kedepan hanya dibebankan SPP saja,” tuturnya. Kedepan, mantan Rektor ITS itu optimis bahwa biaya pendidikan tinggi jauh lebih murah.

Dijelaskan, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari PTN sekitar 12 triliun. Sekitar enam triliun didapat dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), sedangkan sisanya berasal dari PTN. Dari angka tersebut, sudah dapat menanggung biaya operasional di pendidikan tinggi.

“Jadi mereka tidak perlu membayar lagi, hanya membayar SPP yang tidak mahal, sekitar satu sampai dua juta per semester, dan biasanya itu lebih murah ketimbang di SMA. Saya optimis akan lebih murah,” ujar Nuh. Lebih lanjut dia mengatakan, kedepan pemerintah akan menetapkan standar pembiayaan. Sehingga, pihak PTN tidak perlu lagi menetapkan standar biaya pendidikan.

“Misalnya untuk program studi arsitektur biayanya Rp 1,5 juta untuk wilayah X, maka PTN diwilayah itu tidak dapat menetapkan biaya lebih dari plafon itu,” tegas mantan Menkominfo itu.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com
Selengkapnya...

Benarkah Berpikir Bikin Kurus?

Berpikir keras memang sangat menguras tenaga, maka wajar kalau terasa letih sesudahnya. Namun jangan harap bisa kurus hanya dengan berpikir saja, tetap harus olahraga karena otak manusia hanya butuh daya setara dengan lampu 12 watt.

Menurut berbagai penelitian, ukuran otak manusia tidak lebih dari 1,4 kg atau paling-paling cuma 2 persen dari berat badan total. Meski demikian, konsumsi energinya cukup besar yakni 20 persen dari Resting Metabolic Rate (RMR) yang nilainya rata-rata 1.300 kilokalori/hari.

Besarnya RMR bervariasi tergantung usia, berat badan serta aktivitas fisik yang dilakukan. Namun yang jelas, 20 persen dari RMR tidak akan cukup untuk membuat kurus karena angkanya hanya sekitar 260 kilokalori yang dihasilkan secara bertahap sebanyak 10,8 kilokalori perjam.

Bila dikonversi agar bisa dibandingkan dengan konsumsi daya pada peralatan listrik, maka akan tampak bahwa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh otak sangatlah kecil. Berikut ini perhitungannya seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (20/7/2012). RMR: 1.300 kilokalori (kkal) 1.300 kkal selama 24 jam = 54,16 kkal/jam = 15,04 kal/detik 15,04 kal/detik = 62,93 joule/detik = 63 watt 20 persen dari 63 watt = 12,6 watt

Berdasarkan perhitungan tersebut, daya yang dibutuhkan oleh otak untuk berpikir hanya setara dengan daya yang dibutuhkan oleh lampu 12 watt! Kalau untuk ukuran lampu pijar, daya sekecil ini hanya cukup untuk penerangan saat tidur agar mata tidak silau.

Namun rendahnya konsumsi daya pada otak juga menunjukkan bahwa organ ini bekerja dengan sangat efisien. Bandingkan dengan superkomputer Watson milik IBM misalnya, yang tergantung pada 90 unit server IBM Power 750 yang masing-masing membutuhkan daya 1.000 watt. Pesannya adalah, jangan pernah berpikir bahwa hanya dengan berpikir saja maka tubuh akan menjadi kurus. Butuh olahraga untuk membakar lebih banyak kalori, selain juga untuk melatih otot jantung dan pembuluh darah supaya terjaga kebugarannya.

Sumber : http://www.detik.com
Selengkapnya...

Belajar Sambil Menulis Bikin Ingatan Lebih Tajam

Ketika Anda sedang belajar untuk menghadapi ujian, lebih baik gunakan metode belajar dengan menulis baik menggunakan pensil atau pena daripada mengetik menggunakan komputer.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menulis dengan cara konvensional dapat membantu otak bekerja lebih efektif dibandingkan mengetik dengan menggunakan komputer.

Seperti dilansir dari thedoctorwillseeyounow, Senin (16/7/2012), peneliti menemukan bahwa struktur tertentu dalam otak yang dikenal sebagai wilayah Broca, diaktifkan pada peserta yang belajar dengan menulis, tapi tidak dengan peserta yang belajar dengan mengetik.

Area Broca tersebut sangat penting terhadap kemampuan berkomunikasi seseorang di depan umum dan persepsi terhadap tindakannya.

Para peneliti juga menyatakan bahwa belajar sambil menulis dapat menciptakan 'memori motorik' yang membantu seseorang untuk dapat belajar lebih baik. Memori motorik tersebut terbentuk karena adanya hubungan antara membaca dan menulis, tetapi tidak dengan mengetik.

Ketika Anda menulis, otak mendapatkan umpan balik dari otot-otot yang melakukan pekerjaan melalui rangkaian pekerjaan yang dilakukan tangan dan mata, sehingga terbentuk memori yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa orang yang belajar menggunakan pensil atau pena lebih mudah dalam mengingat alfabet asing.

Sumber : http://www.detik.com
Selengkapnya...

Cara Mengelola Waktu Belajar

Dalam sehari, kita punya 24 jam untuk diisi dengan berbagai aktivitas. Akan tetapi, dengan waktu 24 jam ini, terkadang kita masih sulit untuk mengalokasikannya sebagai waktu belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda membutuhkan strategi dalam mengelola waktu studi. Caranya, siapkan kerangka jadwal kegiatan yang akan Anda laksanakan dalam jangka waktu yang panjang terlebih dahulu.

http://www.kompas.com Selengkapnya...

Senin, 20 Agustus 2012

Kiat bijak memilih Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Bangkit #Tips Memilih Perguruan Tinggi

Keputusan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi merupakan pilihan yang ideal. Mengingat persaingan SDM semakin ketat dan penuh kejutan. Siapapun tidak mau menjadi pecundang, sebaliknya mereka ingin menjadi pemenang ditengah-tengah kehidupan manusia.
Keterbatasan sumberdaya ditengah-tengah kesulitan perekonomian keluarga dan rendahnya informasi, menjadikan memilih perguruan tinggi adalah pekerjaan yang sulit. Keputusan yang salah pada akhirnya akan membawa penyesalan dan pengorbanan yang besar. Arah putar jam tidak mungkin diputar balik kembali.Berikut ini disampaikan beberapa kiat sukes memilih pergurun tinggi:
1. Menguji derajat kemauan untuk studi lanjut.
Kegagalan memilih perguruan tinggi dapat menjadi kenyataan dengan melihat seberapa kuat kemauan dan semangat calon mahasiswa itu sendiri. Apapun pilihannya, jika dilaksanakan dengan tekad kuat dan semangat yang tinggi akan memperkecil resiko kegagalan, dan membuka peluang kesuksesan berkarier. Ibarat batu keras yang menerima tetesan air secara terus menerus tanpa henti pada akhirnya batu tersebut akan pecah juga. Kapan batu tersebut pecah? Berapa lama batu tersebut akan pecah bergantung pada ketinggian air, tekanan air, debit air dan sebagainya. Dalam konteks ini, bergantung pada minat dan bakat saudara?
2. Menguji minat dan bakat
Minat dan bakat adalah dua hal yang berbeda. Peminat belum tentu Pebakat, sedangkan Pebakat sering tidak ingin menjadi Peminat. Seorang yang meraih kesuksesan sejati, yaitu seseorang yang memiliki bakat sekaligus memiliki minat yang tinggi. Ia memiliki kemampuan untuk mengembangkan bakatnya guna meraih karier yang gemilang.
Sebagai ilustrasi, banyak peminat olah raga sepak bola. Mereka mampu menahan kantuknya dan mengorbankan pekerjaan esok harinya demi sepakbola. Namun hanya sedikit diantaranya yang juga berbakat. Sebaliknya seorang yang memiliki suara emas tetapi tidak berminat menekuni dunia tarik suara, ia tidak dapat memanfaatkan kesempatan menjadi bintang terkenal (superstar). Ternyata bidang akuntanlah yang dipilihnya.
Minat dan bakat adalah penting, tetapi jauh lebih penting adalah minat. Dengan modal minat yang kuat, tantangan dan hambatan apapun dapat diminimalisir. Selanjutnya melalui celah sekecil apapun tantangan dan hambatan tersebut dapat diubah menjadi peluang kesuksesan.
3. Menguji Isi kantong
Isi hati seseorang adalah se-dalam lautan samudera dan tidak ada seorangpun yang tahu pasti. Sebaliknya isi kantong, walau tidak mudah tetapi tidak sesulit mengetahui isi hati seseorang. Isi kantong yang harus dikorbankan para orang tua dapat diperhitungkan sebelum pengambilan keputusan memilih perguruan tinggi.
Sejatinya pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang didukung dana besar. Jadi sudah sewajarnya Pendidikan berkualitas adalah mahal. Sehingga biaya penyelenggaraan perguruan tinggi yang berkualitas-pun menjadi mahal. Jika biaya pendidikan di bebankan seluruhnya kepada para orang tua mahasiswa, maka beban orang tua menjadi berat. Selanjutnya yang terjadi adalah kesempatan pendidikan tinggi kualitas hanya dapat dinikmati bagi orang kaya saja.
Bagi yang memiliki kendala dana, tidak perlu pernah kuatir. Karena tersedia pilihan cerdas untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri/kedinasan atau swasta yang memiliki ciri-ciri sebagai berkut :
  • Memiliki Visi yang tegas menjadi kampus yang berorientasi “Sosial”
  • Memiliki sumber pemasukan yang besar di luar SPP mahasiswa
  • Memiliki akses dana yang kuat (pemerintah dan swasta)
  • Memiliki program Beasiswa
4. Menguji Orientasi dan komitment perguruan tinggi
Perguruan tinggi telah hadir menawarkan berbagai program pendidikan. Perguruan tinggi ternama dan “tak bernama” pun sibuk mempromoskan kampusnya. Ada yang memanfaatkan media televisi, radio, internet, koran, majalah, tabloid, spanduk, poster, pamflet, brosur. Intinya tawaran mereka semuanya, menarik dan menjanjikan.
Selanjutnya para orang tua dan calon mahasiswa menjadi bingung untuk memilih, sehingga ukuran yang paling mudah untuk dijadikan acuan dalam memilih perguruan tinggi adalah kesesuaian kemampuan keuangan orang tua dengan biaya pendidikan (SPP, Sumbangan gedung, kemahasiswaan, dll). Jika hal itu yang dilakukan, maka hal tersebut merupakan kesalahan besar. Seharusnya jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Orientasi dan komitmen perguruan tinggi perlu diuji.
Idealnya, Orientasi perguruan tinggi adalah berorientasi pada penciptaan lulusan yang memiliki keahlian dan kompetensi serta keberanian membuka lapangan kerja daripada penambahan angkatan kerja. Selanjutnya, perhatikan komitmen perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang baik seyogyanya memiliki komitmen bahwa mahasiswa adalah subjek bukan objek pendidikan. Dengan berpegang teguh pada komitmen demikian, maka diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif, efisien dan sinergis.
5. Menguji program studi (Prodi)
Kesesuaian antara minat dan bakat calon manahsiswa dengan prodi yang akan dipilih merupakan pekerjaan tidak mudah. Sekurang-kurangnya ada tiga hal yang harus diperhatikan: (1) Minat dan bakat, (2) ketersediaan prodi, (3) prospek lulusan prodi. Idealnya suatu pilihan meliputi kesesuaian ketiga hal diatas. Kondisi ideal adalah mahasiswa kuliah pada prodi yang sesuai dengan yang memiliki minat dan bakat, dimana lulusan prodi tersebut dibutuhkan oleh pasar pengguna lulusan.
Kondisi ideal memang sulit diwujudkan. Pada kenyataanya, seringkali yang terjadi hanya merupakan kombinasi sebagian dari beberapa hal tersebut diatas, yaitu kekuatan minat mahasiswa dan prodi yang kualitas. Walaupun demikian tidak perlu kuatir bahwa upaya tersebut apakah dapat mewujudkan prospek lulusan.
Prospek lulusan menjadi sempit jika orientasi lulusan adalah menjadi pekerja. Tetapi prospek berubah dari sempit menjadi luas ketika orientasi bergeser dari seorang pekerja bergeser menjadi wirausaha. Program studi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berbasis kewirausahaan "entrepreneurship""technopreneurship", atau "infopreneurship" adalah perguruan tinggi masa depan dan pantas dijadikan pilihan.
6. Menguji sumberdaya perguruan tinggi
Ketersediaan Fasilitas fisik yang memadai diperlukan guna mendukung proses belajar mengajar efektif, fasilitas yang diperlukan seperti kecukupan ruang kuliah, ruang dosen, ruang laboratorium, studio, ruang unit pelaksana teknis, ruang instalasi, ruang kantor, dan sebagainya adalah penting. Sekarang adalah era informasi, maka yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan sarana pembelajaran yang mengarah pada penyelenggaraan pendidikan berbasis ICT (information and communications technology. Mengingat media internet merupakan sumber perkembangan ilmu pengetahuan dan terapan, maka peranan ICT menjadi syarat terpenting bagaimana mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran. Melalui ICT diharapkan perguruan tinggi mampu menjawab kebutuhan pasar pengguna lulusan. Ketersediaan Fasilitas e-learning (kuliah jarak jauh langsung) adalah ciri-ciri perguruan tinggi yang telah memanfaatkan ICT bagi proses belar mengajar.
7. Menguji Status
Ada dua (dua) legalitas minimal setiap program studi selaku penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi. Pertama, ijin penyelenggaraan pendidikan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, dimana ijin penyelenggaraan dapat diperpanjang setiap lima tahun. Kedua, status akreditasi yang di keluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Depdiknas dengan peringkat A, B, C dan tidak terakreditasi. Peringkat menunjukkan tingkat kemampuan proses penyelenggaran tingkat program studi dilihat dari berbagai aspek, seperti: jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana pendidikan, pembiayaan pendidikan, sistem evaluasi dan sertifikasi, serta manajemen dan proses pendidikan.
Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61 ayat 2: “Ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.
Jadi status akreditasi sendiri tidak menjadi bermakna jika orientasi lulusan bukan menjadi pekerja, tetapi menjadi wirausaha yang mandiri. Selembar kertas berupa ijazah bukan untuk melamar pekerjaan semata, tetapi merupakan bukti perserta didik pantas menjadi lulusan perguruan tinggi dengan ciri-ciri lulusan: kritis, kreatif, inovatif, rasional dan berorientasi solusi bukan ilusi.
8. Menguji Keyakinan.
Terakhir, apapun pilihannya harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Ketika pilihan sudah diputuskan pantang mundur ke belakang. Kegagalan diawali ketika munculnya keraguan. Pendidikan kualias adalah mahal dan butuh pengorbanan besar. Pengorbanan adalah investasi, dan investasi pendidikan adalah investasi jangka panjang. Hasil dari investasi pendidikan tidak dengan cepat dapat dirasakan manfaatnya bagi stakeholder.
9. Penutup
Warisan harta yang melimpah kepada anak yang tak berilmu akan habis dalam waktu singkat, tetapi warisan ilmu akan kekal sampai akhir hayat. Anak yang berilmu dapat memelihara harta orang tuanya, bahkan harta tersebut akan tumbuh dan berkembang serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.
Anak bangsa yang berilmu dapat memelihara kekayaan bangsa dan negara. Anak bangsa berilmu adalah SDM yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi modal utama kemajuan dan kemadirian bangsa. Bangsa yang mandiri adalah bangsa yang menghargai sejarah dan karya sesama anak bangsa. Dengan demikian kita dapat mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan berdaulat.
Bangsa yang kuat harus didukung ekonomi yang kuat. Kedaulatan Ekonomi bangsa menjadi syarat penting kedaulatan bangsa. Melalui kesempatan studi lanjut ke perguruan tinggi diharapkan dapat mewujudkan Indonesia yang mandiri. Tanpa mengecilkan arti anak bangsa yang tidak berkesempatan menikmati belajar di perguruan tinggi, maka kepada lulusan perguruan tinggi, yaitu dokter, guru, insinyur, ekonom, sosiolog, akuntan, peneliti, notaris, apoteker dan profesi lainnya diharapkan dapat berpartisipasi membangun masyarakat peduli produk Indonesia sebagai syarat mewujudkan Indonesia Mandiri ! Ayo, Indonesia bangkit!
Selengkapnya...

Rabu, 15 Agustus 2012

Pelajar Indonesia Borong Penghargaan

Tim International Mathematics Competition dari Indonesia tahun ini mengharumkan bangsa. Untuk International Mathematics Competition for University Students 2012, sebanyak delapan penghargaan berhasil dibawa pulang.

Penghargaan tersebut diraih oleh Raja Oktovin P. Damanik point 43 dari UI (Perak), Ronald Widjojo point 40 dari ITB (Perak), Made Tantrawan point 36 dari UGM (Perak), Satria Stanza P. point 33 dari ITS (Perunggu), Yohanes point 29 dari UPH (Perunggu), Kistosil Fahim point 20 dari ITS (Honorable Mention), Bernanrd Imanuel point 20 dari UI (Honorable Mention), dan Rizky Reza Fauzi point 14 dari UI (Honorable Mention).

Tim Matematika Indonesia yang berasal dari mahasiswa peraih medali dalam Olimpiade Nasional MIPA (ONMIPA) 2012 berpartisipasi dan berprestasi dalam ajang International Mathematics Competition (IMC) Ke- 19 yang digelar di American University, Blageovgrad, Bulgaria.

Kompetisi internasional ini digelar selama tujuh hari, mulai 26 Juli hingga 1 Agustus 2012. International Mathematics Competition (IMC) Ke- 19 ini diikuti oleh peserta IMC (mahasiswa) dari 50 negara. Jenis materi kompetisi adalah Aljabar, Analisis (Real & Complex), Geometri dan Kombinatorics. Semua materi disajikan dalam bahasa Inggris.

Sedangkan, untuk International Mathematics Contest (IMC) 2012 yang digelar Singapura dan diikuti oleh pelajar, Indonesia juga membanggakan. Tim Indonesia berhasil membawa pulang 13 medali emas, 34 perak, 44 perunggu, dan 58 penghargaan Merit.

Tim Indonesia kali ini diperkuat sedikitnya 150 pelajar. Mereka bersaing dengan kontingen dari 10 negara, yaitu China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Kontes tersebut digelar pada 3 hingga 6 Agustus lalu.

Source: www.inioke.com
Selengkapnya...

Ada Lomba Inovasi Bisnis Pemuda Nih.. Ikut?

Kabar gembira buat kamu entrepreneur muda yang memiliki inovasi bisnis. Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pemuda untuk berkreatifitas agar memiliki kebanggaan terhadap dunia wirausaha sebagai pilihan utama dalam mewujudkan kemandirian mereka.

Dari semangat tersebut diharapkan akan berdampak pada terciptanya lapangan kerja, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2012 diharapkan juga bisa menemukan wirausaha muda yang melakukan inovasi bisnis mencakup inovasi dalam produk pertanian yang ramah lingkungan; inovasi dalam produk olahan hasil alam dan inovasi yang berbasis industri kreatif.
Lomba ini bisa diikuti secara perorangan maupun mewakili kelompok, dengan batas usia 16-30 tahun. Peserta juga harus wirausaha yang masih aktif, memiliki kebaruan dalam inovasi bisnis, serta karya inovasi bisnis belum pernah menjadi pemenang pertama, kedua, atau ketiga di tingkat nasional dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai.

Selain itu, bisnis yang dijalankan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku, karya inovasi bisnis adalah milik sendiri/kelompok yang dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai, serta mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dan format kuesioner.

Pendaftaran peserta dimulai dari tanggal 15 Agustus sampai 24 September 2012. Seleksi berkas 26 September hingga 3 Oktober 2012. Kunjungan Lapangan (Fact finding) akan dilakukan pada tanggal 5-10 Oktober 2012 dan penilaian dewan juri akan dilaksanakan pada 19-21 Oktober 2012, sedangkan pengumuman pemenang pada tanggal 31 Oktober 2012.

Peserta yang berminat agar mengirim berkas lomba kepada Panitia Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2012, dengan alamat : Asdep Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jl Gerbang Pemuda No.3 Senayan, Jakarta Pusat 10270.

Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di www.kemenpora.go.id atau email ke lombainovasibisnispemuda@kemenpora.go.id, risdiamon@yahoo.com, yane_donk@ymail.com,  songkowirat@yahoo.com.
Selengkapnya...

Rabu, 18 Juli 2012

Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi Tingkat Nasional 2012

Deadline: 15 Agustus 2012

Pengumuman Pemenang: 1 September 2012

FORUM AKTIF MENULIS (FAM) INDONESIA menggelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi tingkat Nasional 2012 dengan melibatkan seluruh anggota FAM INDONESIA yangtersebar di berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat menulis sekaligus memberikan apresiasi terbaik kepada penulis-penulis muda Indonesia berbakat. Lomba ini juga terbuka untuk umum dengan syarat peserta yang mengikuti lomba telah terdaftar sebagai anggota FORUM AKTIF MENULIS (FAM) INDONESIA.

Ketentuan/kriteria Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi sebagai berikut:
1.Peserta adalah Warga Negara Indonesia, termasuk yang berdomisili di luar negeri, tidak dibatasi umur (Pelajar, Mahasiswa, Guru, Umum, dll)
2. Peserta lomba harus terdaftar sebagai anggota FAM INDONESIA dengan melakukan registrasi keanggotaan kepada Sekjen FAM INDONESIA, Aliya Nurlela (Hp. 0812 5982 1511). Atau add facebook “ALIYA NURLELA”. Naskah yang dikirim tanpa registrasi keanggotaan FAM INDONESIA otomatis ditolak.
3. Naskah lomba harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada lomba yang bersamaan.
4. Cerpen dan Puisi bertema bebas, mengandung nilai-nilai moral dan memberi pencerahan kepada pembaca.
5. Bentuk Cerpen dan Puisi bebas, ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
6. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 September 2012 di Blog FAM INDONESIA: http://famindonesia.blogspot.com, atau di grup facebook: “FORUMAISHITERUMENULIS (FAM) INDONESIA”.

Syarat Pengiriman Naskah:
1. Tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, panjang 2-4 halaman ketikan, jarak 1 ½ spasi.
2. Menuliskan biodata Peserta (ditulis dalam bentuk narasi) disertai di lembar terakhir Cerpen dan Puisi.
3. Cerpen dan Puisi yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul.
4. Naskah dikirim ke panitia via email: forumaishiterumenulis@yahoo.com (selambat-lambatnya 15 Agustus 2012)
5. Subjek Email ditulis: LOMBA CIPTA CERPEN & PUISI FAM INDONESIA.
6. Naskah Cerpen & Puisi yang diikutsertakan dalam lomba ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis) dan berpeluang dibukukan.

DEWAN JURI: Dewan Juri terdiri dari para penulis senior di kepengurusan FAM INDONESIA Pusat. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak dilakukan surat menyurat.br />
HADIAH PEMENANG

Juara 1: Uang tunai Rp1.500.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku
Juara 2: Uang tunai Rp1.000.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku
Juara 3: Uang Tunai Rp750.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

TUJUH CERPEN & PUISI PILIHAN AKAN MENDAPATKAN PAKET BUKU DARI SPONSOR. Demikian Pengumuman Lomba Cipta Puisi ini disampaikan, diharapkan kepada semua pihak dapat menyebarkan informasi ini seluas-luasnya dan semoga bermanfaat.
Selengkapnya...

Jumat, 13 Juli 2012

LOMBA CERITA HARI ANAK NASIONAL 2012

DL: 31 Agustus 2012
Tema: "Aku Melawan Korupsi"
*15 Tulisan Nominator Dibukukan Cetak Nasional
 
Tujuan:
Akhir-akhir ini sangat menyentak kesadaran kita mengenai fenomena maraknya terungkap kasus korupsi yang melibatkan elit-elit politik, dan lebih mirisnyan yang terjerat hukum gara-gara korupsi itu adalah para pemimpin yang seharusnya mereka adalah panutan bagi bangsa ini. Hal ini sangat terkait dengan minimnya pendidikan "bahaya korupsi" dan dampaknya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di bangku sekolah. Sekarang ini sudah ada pendekatan "melawan" korupsi yang dikenalkan pada anak-anak sekolah dasar dan menengah pertama.
Untuk menunjang program pemerintah mengenai pendidikan antikorupsi sejak dini, kami merasa terpanggil untuk membuat lomba cerita anak yang bertemakan tentang korupsi, bagaimana anak-anak dengan kepolosan dan kejujuran mereka bisa menjadi "alarm" dan pencegahan untuk menghindari tindakan korupsi sekecil apapun itu. Dengan cerita-cerita ini, pesan "melawan" korupsi akan lebih mudah dicerna dan dipahami oleh anak-anak usia SD dan SMP. Sehingga anak-anak bisa menyerap nilai-nilai kejujuran, moral dan agama dari cerita-cerita tersebut.




  • Cerita seputar dunia anak-anak yang berkaitan dengan semangat "melawan korupsi" yang bisa ditumbuhkan sejak usia dini. Tema ini bisa dijadikan menjadi topik-topik sederhana bagaimana seorang anak yang jujur mengembalikan milik orang lain, tidak mengambil punya orang lain, tidak menipu, berbohong dan menanamkan jiwa disiplin supaya tidak sering malas sekolah atau ogah-ogahan menyelesaikan tugas (korupsi waktu), dan cerita-cerita lain yang ada hubungannya dengan "korupsi" dalam lingkup yang lebih luas di dunia anak-anak.
  • Cerita anak ini berisi tentang pesan-pesan moral, kejujuran, kedisiplinan, ketaatan pada ajaran agama yang melarang melakukan korupsi atau tindakan yang bisa menjadi kebiasaan orang melakukan korupsi.
  • Tokoh utamanya adalah anak-anak (usia 6-15 tahun).
  • Menggunakan bahasa yang sederhana, lugas, cara bercerita yang mengalir, pesan yang disampaikan mudah dipahami anak-anak.
  • Tidak menggunakan bahasa-bahasa vulgar, asusila, SARA dan kata-kata yang tidak pantas dibaca anak-anak.
  • Panitia bisa menganulir naskah yang tidak sesuai dengan kriteria cerita yang kami inginkan di atas.

  • Syarat Penulisan:
    1. Terbuka untuk umum dan Writing Revolution, gratis.
    2. Maksimal mengirimkan 2 tulisan.
    3. Panjang tulisan 3-5 hlm, spasi 2, New Time Roman font 12, margin 3 cm atau 1,18 inchi semua sisi.
    4. Naskah dikirimkan dalam format LAMPIRKAN FILE (Attach File) ke email:antologi_wr@yahoo.co.id
    5. Tulis judul email: Lomba Cerita Anak
    6. Diharapkan mempublikasikan informasi lomba ini di note FB (minimal tag 30 teman) atau Blog.
    7. Hadiah:
    8. Juara I: Uang tunai Rp 300.000,- (ditambah 3 buku bukti terbit + e-sertifikat).
    9. Juara II: Uang tunai Rp 200.000,- (ditambah 3 buku bukti terbit + e-sertifikat).
    10. Juara III: Uang tunai Rp 100.000,- (ditambah 3 buku bukti terbit + e-sertifikat).
    11. 3 Juara Harapan mendapat beasiswa Sekolah Menulis Cerpen Online (SMCO) Writing Revolution (ditambah 1 buku bukti terbit + e-sertifikat).
    12. Setiap nominator mendapatkan buku 1 bukti terbit + e-sertifikat.
    13. Sistem Penerbitan Buku:

    14. 15 tulisan terpilih sebagai nominator akan dibukukan, cetak nasional, masuk Gramedia, Togamas, Gunung Agung, dll.
    15. Setiap kontributor mendapatkan royalti dan buku bukti terbit.
    16. Buku diterbitkan Oktober

    17. Pengumuman: 15 September 2012
    Selengkapnya...

    Indonesia Focus 2012 Writing Contest

    The Asian Society for International Relations and Public Affairs (ASIRPA) now invites students and professionals to take part in the upcoming Indonesia Focus Writing Contest (IFWC). The theme for this year is "Sharing is believing”.

    The competition will be divided into two categories; the first is for junior and senior high school students and the second is for college students and professionals. The first, second, and third place winner of the first category will be awarded a cash prize of $250, $100, and $50 respectively, and the first, second, and third place winner of the
    second category will be awarded a cash prize of $350, $250, and $100 respectively. Winners of the second category will also have the opportunity to publish their paper in the Journal of ASIRPA (JASIRPA).

    Entering the Competition


    You can enter the competition by sending your paper to  writingcontest@asirpa.orgwritingcontest@asirpa.org <writingcontest/at/asirpa.org>

    Your paper should relate to the theme above and should demonstrate how the theme is applicable to your main interest (economy, environment, education, etc.).
    The paper should be written in English, typed, double-spaced, using 12 point Times New Roman font, on standards-sized paper (8.5” x 11”) with 1 inch margins on all sides. Please maintain consistency with your preferred citation style (only for college students and above). The length of the paper should be between 3000-5000 words.

    You may submit more than one paper. However, you should be the sole author of your paper(s). We don't accept a paper with more than one author. The paper should be received by August 15, 2012.

    You are also required to fill-in the writing contest submission form which can be downloaded from  http://www.indonesiafocus.net/images/IF-WC-submission-form.doc and submit it as an attachment along with your paper. Your submission will NOT be considered complete without this form.

    Winners of the contest will be announced during the forth annual ASIRPA conference on November 9-10, 2012 in East Lansing, Michigan. We will also notify the winners via e-mail.

    Source:  http://www.indonesiafocus.net/index.php?option=com_content&view=article&id=55:if2012-writing-contest&Itemid=45
    Selengkapnya...

    Event Menulis Tema Tatoo DL 1 Agustus 2012

    Kebahagiaan itu sementara begitu juga dengan hidup di dunia. Nyawa, harta, fasilitas merupakan pinjaman dari Tuhan Yang Maha Esa suatu hari pasti akan diambil kembali. Pernahkah kalian melihat atau mendengar orang-orang di maya maupun nyata. Seorang artis, pejabat, orang awam, atau teman kita sendiri yang bergambar permanent alias BERTATTOO?

    Suatu ketika saya melihat acara HITAM PUTIH yang di Host-kan oleh Deddy Corbuzer, nah bintang tamunya Kirana Larasati dan Nikita Mirzani. Dunia artis yang terlihat glamor dan penuh hiburan ternyata di balik kehidupan nyata mereka, tersimpan kisah yang sangat menyedihkan. Contohnya, Kirana Larasati sewaktu kecil, Ayah tirinya rela berpura-pura terserempet mobil demi mendapatkan uang ganti rugi untuk membeli susu anaknya dan juga Nikita Mirzani yang kehidupan keluarganya tidak harmonis, kurang perhatian dari Ayahnya. Demi melampiaskan kesedihannya itu mereka men-tattoo tubuhnya. Selain biar terlihat wanita yang kuat mereka juga merasa bahwa kesedihannya bisa berkurang.
    Namun sekarang mereka menyesal. Dengan bertahap satu persatu hiasan di tubuhnya itu dihapus menggunakan laser. Meski sakitnya lebih terasa dbandingkan dengan pembuatannya tapi mereka tidak mundur dengan niatnya. Selain usia yang mendewasakan mereka, bahwasannya ber-tattoo tidak menjamin kebahagiaan batin. Dengan butiran air mata dari kedua artis tersebut, Nikita Mirzani bilang, ''Jika Mamanya masih hidup pasti beliau akan bahagia melihat perubahan dari anaknya yang sudah membaik dari pakaian dan juga salatnya.''*Kurang lebih begitu.
    Begitu juga dengan Kirana Larasati yang awalnya mendapatkan penolakan dari keluarganya dengan cara penampilannya yang berubah lebih baik tapi insya Allah sekarang sudah diterima dengan baik. Ada orang yang dulunya tidak baik tapi berubah untuk lebih baik, tapi malah dibilang munafik yah itulah manusia.
    Hidup tak perlu ber-tattoo, ahh ... agar terlihat sangar.
    ************
    Masih bingung nggak dengan petikan cerita di atas? Saya mau mengadakan even lomba ngonoh, loh ....
    Baca persyaratannya:
    Tema: SAY NO TO TATOO 
    1. Judul bebas: Berupa cerpen ataupun Flash True Story (FTS) Tidak mengandung sara dan pornografi.
    2. Times New Roman 12 spasi 1,5 margin 3333 panjang naskah 4-6 halaman. Perhatikan EYD.
    3. Buat pengumuman lomba di FB kamu lalu sebarkan info lomba ini kepada 15 teman di FB dan berteman dengan Anung D'Lizta/De Lizta.
    4. Naskah di terima paling lambat tgl 1 Agustus 2012 pukul 00:00 WIB
    5. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya. Kirim ke email: anungdel1627@gmail.com dengan SUBJEK: SAY NO TO TATTOO-Nama Penulis. Sertakan biodata narasi mak 80 kata juga cantumkan (No HP-Alamat-Nama FB) di bagian akhir naskah, jangan dipisah. Naskah file: Judul-Nama Penulis.
    6. 25 naskah terpilih akan dibukukan.
    Persayaratan naskah yang lolos:
    1. Invest Rp 50,000 mendapatkan 1 buku terbit
    2. Mendapatkan royalti
    3. 3 Naskah terbaik mendapatkan pulsa Rp 50,000
    Bagi yang tidak mau invest:
    1. Mendapatkan 1 buku terbit (hanya membayar ongkos kirim)
    2. Tidak dapat royalti.
    3. Jika masuk naskah terbaik tidak mendapatkan pulsa.
    Nah, sudah jelas belum? kalau kurang paham bisa ditanyakan.
    *Semoga ini adalah salah satu kampanye anak Indonesia untuk bersih dari ber-tattoo. 
    *Ber-tattoo bukan berarti hatinya tidak baik, namun *Red (Muslim) bukankah menghalangi jalannya air wudhuk dan salat kita tidak sah.
    *Semoga kisah dua artis di atas mendapatkan dukungan dari masyarakat luas.

    Source :https://m.facebook.com/note.php?note_id=10151886676885062&_ft_=fbid.10151886676885062
    Selengkapnya...

    Senin, 09 Juli 2012

    Motivasi Untuk Yang Gagal SNMPTN 2012

    Kegembiraan mewarnai pengumuman snmptn 2012 tentu bagi mereka yang lulus snmptn 2012 sedangkan yang tidak buru-buru pulang dan tidur dengan kekecewaan mendalam, tidak terkecuali sma n sukakarya memang tidak sebanding seperti kebanyakan sma yang ada di kota tahun 2012 ini Sma N Sukakarya hanya mampu meloloskan 1 dari 5 orang siswa yang mengikuti SNMPTN 2012 maklum sma yang berada di desa jadi untuk info tenytang SNMPTN masih sangat kurang.

    Semoga Sma N sukakarya yang beralamat jalan pertamina di desa ciptodadi kecamatan sukakar kabupaten musi rawas propinsi sumatra selatan dan beerada di pinggir pulau sumatra ini belum banya yang berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang ada di indonesia harapan saya terutama kapasitas saya sebagai aktivis Sma N Sukakarya hanya dapat berharap semoga Sma N Sukakarya dapat meningkatkan kualitas serta turut andil dalam pembnguna  sukakarya ke arh yang lebih baik lagi.

    Melalui forum-forum seperti ikatan alumni lah kita bisa meningkatkan Sma N Sukakarya secara mandiri untuk menjadi sma kebanggan sekaligus meningkatkan mutu bagi para siswa siswi terpenting pada alumni nya.

    Sekali lagi pada yang lulus walaupun cuma satu harus bisa menjadi lebih baik kelak setelah kuliah dan tidak lupa diri karena banyak teman yang tidak lulus, dan kepada yang tidak lulus jangan patah semangat di sarankan mengikuti jalur mandiri jangan pernah bosan untuk mencoba.

    Pesan untuk yang tidak lulus tidak terkecuali seluruh siswa se indonesia bahwa Kegagalan memang kegagalan seperti di kutip dari filosofis orang jepang, tetapi sedikit mengutip dari sebuah perjalanan hidup Jemes Watt penemu listrik bahwa beliau telah gagal lebih dari 1000 kali percobaan nya tetapi ia tidak pernah mengeluh dan selalu berusaha mencoba dan mencoba sampai akhir nya menemukan listrik yang dapat di nikmati sampai saat ini coba pikir kalau seorang ilmuan seperti james watt menyerah pada saat ia gagal tentu tidak akan ada listri sekarang ini dan dunia masih dalam kondisi primitif beruntung kata gagal yang belau persepsikan adalah kegagalan hanya sebuah kematang dari keberhasilan seseorang.

    So jangan berkecil hati tetaplah semangat msih banyak kesempatan di depat seperti juga yang dikatakan mario teguh gagallah sebanyak yang di butuhkan, ubah paradikma gagal adalah akhir dari semuanya serta bangun besok pagi dengan wajah iklas tersenyum menatap dunia yang tidak sempit ini agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

    Gagal bukan akhir dari semua . . .
    Source: http://rikosangatkeren.blogspot.com
    Selengkapnya...

    Kamis, 05 Juli 2012

    Pengumuman SNMPTN Maju Sehari

    JAKARTA - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur tertulis yang sedianya akan diumumkan pada Sabtu, 7 Juli 2012 mengalami perubahan. Panitia penyelenggara SNMPTN 2012 memajukan pengumuman SNMPTN jalur tulis menjadi 6 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB. 

    Menurut Ketua Panlok Semarang Hertanto Wahyu Subagyo, tahun ini proses pengumuman sengaja diajukan karena proses penentuannya memang sudah selesai dilakukan. Tidak ada masalah apa pun. "Semua berlangsung lebih cepat maka hasilnya dapat diketahui lebih cepat pula oleh peserta," ungkap Hertanto, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (5/7/2012).

    Sementara itu Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi menyampaikan, tahun ini Undip menyediakan 3.873 kursi lewat jalur SNMPTN ujian tulis. "Tingkat keketatan masuk undip untuk kelompok IPA di peringkat delapan sedangkan IPS berada pada rangking enam dari 62 PTN seluruh Indonesia," ujar Sudharto.

    Guru besar Ilmu Lingkungan Undip ini juga mengimbau kepada calon mahasiswa yang diterima untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan segera melakukan pendaftaran. "Peserta yang diterima dan bisa masuk Undip adalah mereka yang melalui saringan yang ketat. Maka, kesempatan yang tidak datang dua kali harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya menegaskan.

    Sudharto mengimbuhkan, Undip mempunyai komitmen yang tinggi terhadap mereka yang diterima tetapi tidak mampu dengan memberikan beasiswa Bidik Misi. “Saat ini Undip telah menerima 416 penerima Bidik Misi. Kemungkinan kami akan mendapatkan tambahan bidik misi 200 lagi dari alokasi semula 600 orang, meskipun pemintaan tambahan kami sebenarnya 400,” papar Sudharto.

    Rektor mengungkap, bagi mereka yang belum diterima melalui SNMPTN jalur tulis jangan berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan untuk masuk ke Undip lewat jalur Ujian Mandiri yang mulai dibuka pada 9 Juli mendatang.

    Bagi mereka yang diterima, kata Sudharto, tetapi berasal dari keluarga tidak mampu, akan diberi keringanan dalam bentuk mengangsur, karena kemungkinan untuk beasiswa Bidik Misi sudah terpenuhi dari peserta SNMPTN. "Target kami, seperti 2011 akan membantu 20 persen mahasiswa tidak mampu secara ekonomi, tetapi mampu secara akademik" tandasnya.(mrg)(mbs)
    Selengkapnya...

    Sabtu, 16 Juni 2012

    Audisi Curhat Galau Penulis Pemula (gratis!!!)

    Assalamualaikum . . .
    Bagi yang pengen eksis di dunia tulis-menulis gak ada salahnya ikutan audisi ini. Yuk ikutan! Pokoknya harus ikutan! Hehe . . .
    1. Naskah berbentuk FTS(Flash True Story).

    2.Tema: Curhat Galau Penulis Pemula (tulis aja seputar ketertarikan, masalah, perjuangan, apa saja yang menyakut dunia tulis menulis di dumay atau dunia Anda sebenarnya, terserahlah! Hehe . . .)

    3. Ketik di kertas tipe A4, format tulisan Times New Roman 12, dengan spasi 1,5 margin 3333. Panjang 3-4 halaman. Tulis biodata (nama, alamat, nama pena, no hape yang bisa dihubungi) di akhir naskah! Plus biodata narasinya yah!

    4. Pokoknya tulis semenarik, sebagus, dan seorisinil mungkin deh naskah kamu! Jangan lupa add fb penyelenggara: Futicha Turisqoh II.

    5. Akan dipilah-dipilih 25 naskah berkualitas yang akan diterbitkan di Puput Happy Publishing (itu lho penerbit yang direktrisnya Futicha Turisqoh II).

    6. Oh iya kirim naskah kamu dengan subjek e-mail: curhat galau-nama penulis. Dan kirim ke e-mail: futicha.turisqoh@gmail.com. DL 30 JUNI 2012.

    7. Mengenai reward selain naskahnya diterbitkan, kontributor akan dapat bukunya loh! naskah terbaik 1-3 dapet bonus pulsa. Lumayan kan!

    8. Biar banyak yang ikutan yuk sebarin info ini ke grup-grup penulis, blog, twitter, atau terserah kamu deh, hehe . . . Dan tandai teman-teman kamu baik penulis atau bukan penulis (catan facebook) ,namanya juga curhat galau 'Penulis Pemula'
    .Keep Fight! Selamat berlomba!

    Wassalamualaikum . . .
    Selengkapnya...

    Jumat, 15 Juni 2012

    Beragam Cerita di Bulan Juni; SNMPTN, Ujian Kenaikan Kelas, Daftar Ulang PTN, etc

    Sobat pelajar, sekarang kita udah berada di pertengahan Juni. Bulan yang bisa dibilang banyak kesibukan, meskipun ada beberapa yang udah terbiasa sibuk juga di bulan Mei.
    Mulai dari SNMPTN tertulis -dan sekarang pun udah kelar- terus juga ada yang ujian kenaikan kelas, deadline lomba yang ngedesak, juga pendaftaran ulang siswa SNMPTN Undangan.

    Sebagai pelajar kita tentu ngelewatin itu semua, -mau gak mau- karena kita punya cita-cita. Punya? Ya! Tentu saja, kita musti punya cita-cita! Dan kita bakal ngelakuin apa aja buat ngejar cita-cita kita masing-masing.

     SNMPTN yang udah berlangsung dua hari kemarin-kemarin itu udah jadi puncak perjuangan selama di SMA. Terus banyak juga yang cerita pengalaman ujian yang dijalaninnya kemarin itu. Sebenarnya yang namanya ujian, ya ujian. Ngukur kemampuan, trus juga bersaing ama temen-temen seperjuangan yang lain. Lalu gimana dengan hiruk-pikuk persoalan sebelum ujian itu? Kalo kita denger dari temen-temen di luar sana, wahh,... beragam deh ! Mulai dari hal yang nge-HITS sekarang ini, yaitu "GALAU," terus juga cekcok ama orangtua, temen, dan persoalan sosial serta ekonomi lainnya.

    Yang namanya GALAU, kerap terjadi di masa SMA terutama pas kelas tiga. Pastinya tipe galau yang ini adalah galau mikirin masa depan dan ujung-ujungnya adalah kuliah. Ada sih yang mau langsung kerja, tapi tetep aja juga nambah galau-nya. Apalagi ditambah dengan persoalan ekonomi, tambah rumit aja. Tapi itu semua harus tetap dilewati. Ketika buntu di tengah jalan, kita nggak bisa berhenti gitu aja, karena pasti ada jalan lain sebagai alternatifnya. Allah punya rencana. Kita menerima, lalu mengambil hikmah dari itu semua.

    Berikut juga dengan temen yang ujian kenaikan kelas. Ujian kenaikan kelas itu bakalan nentuin nilai rapor. Dan nilai rapor bakal nentuin kita bisa ikut SNMPTN undangan ato nggak. Semua tetap musti dijalani dengan hal yang namanya usaha dan juga do'a kepada Yang Maha Kuasa.

    Bintang juga punya banyak cerita di Bulan Juni. Emang sih, nggak sempet ngerasain hiruk-pikuknya SNMPTN Utul, tapi hiruk-pikuknya SNMPTN Undangan juga nggak kalah seru.

    Mulai dari berkas yang musti disiapin sedemikian rupa, pendaftaran ulamg, urusin asrama, dll. Semua emang butuh kesabaran, kesungguhan, dan ketelitian. Ngejalanin itu semua tanpa kompnen yang aku sebutin tadi sama halnya dengan menuju sebuah kegagalan. Ngga bisa sabar, sunguh-sungguh, dan teliti, ya siap2 aja untuk gagal!
    Selengkapnya...

    Kamis, 07 Juni 2012

    Mau Lulus SNMPTN Undangan? Check It Out !!

    Hai sobat pelajar!
    Setelah sekian lama nggak ada postingan baru, kali ini Bintang bakal mem-post lagi sebuah tulisan -dijamin nggak ada unsur copas-nya-  hehe :D<

    Well, postingan ini lebih dikhususkan buat sobat pelajar yang sekarang duduk di kelas X maupun kelas XI, karena Bintang mau nulis tips menembus SNMPTN Undangan (dulu namanya PMDK) Eits, tapi buat adik-adik yang masih SMP jangan abaikan tulisan ini karena suatu saat nanti postingan ini bermanfaat juga buat ke depannya , >


    Alright, mari kita mulai baca ...

    Biar mudah ngertinya, inilah beberapa FAQ yang sering muncul di kalangan siswa tentang SNMPTN jalur undangan :


    FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)
    #1 Kak, sebenarnya apa sih, SNMPTN Jalur Undangan itu?
    --> SNMPTN Jalur Undangan itu salah satu jalur buat masuk PTN, dimana mekanisme seleksi nasionalnya berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan. Satu hal lagi, jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

    #2 Kak, sebenarnya siapa aja sih, yang berhak ikut SNMPTN Jalur Undangan ??
    --> Yang berhak ikut SNMPTN Jalur Undangan itu adalah siswa-siswi yang telah didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing. Sementara itu, sekolah yang berhak mendaftarkan siswanya untuk undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

    #3 Kak, berapa orang siswa dari tiap-tiap sekolah yang berhak didaftarkan Kepala Sekolah?
    --> kalau itu tidak tetap dek.. semuanya adalah tergantung akreditasi dari sekolah masing-masing. Misalnya ditetapkan bagi sekolah terakreditasi A 50%, akreditasi B 30%, akreditasi C 15% serta lainnya 5%. Hal ini sifatnya tidak statis tiap tahun, coz tahun kmrn satu lagi -untuk sekolah RSBI- justru yang berhak ikut 25% tertinggi tiep kelas (bukan ranking sekolah, tapi kelas). Mengingat karena ada kelas unggul, maka syarat pun diubah jadi ranking di sekolah, bukan kelas.


    #4 Kak, bagaimana mekanisme dari pengurutan ranking kita di sekolah?
    --> ranking sekolah ini ditetapkan dari nilai rapor (kalau tahun ini cuma rapor semester 3-5) dengan nilai MIPA+bahasa inggris dan bahasa indonesia (untuk IPA), matematika geografi sejarah ekonomi sosiologi+ bahasa inggris dan bahasa indonesia (untuk IPS). Dari data nilai tersebut diolah dan diurut berdasarkan ranking.


    #5 Kak, gimana kalau sekolah kita belum masuk daftar undangan?
    --> Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

    #6 Kak, apa aja sih persyaratan untuk jadi siswa Undangan?
    --> secara umum kita musti : (1) Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. (2) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. (3) Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

    #7 Kak, bagaimana strategi biar bisa lulus rekomendasi sekolah untuk SNMPTN Undangan?
    --> ngomongin strategi, semua pasti ada usaha dan do'a :) Intinya, kita harus belajar dan berjuang seoptimal mungkin dalam meningkatkan kompetensi belajar sehingga nilai rapor kita bisa tinggi.Tapi nilai tinggi aja nggak cukup, nilai kita musti konsisten dalam grafik yang semakin naik. Jadi jangan sampai ada nilai yang turun. Kalopun ada yang turun, turunnya musti dikiiit banget, gak boleh drastis.


    #8 Kak, gimana sih strategi biar kita bisa lulus undangan dan bisa bersaing dengan temen2 se nasional?
    --> ngomongin strategi, sebenernya Kak juga nggak berani ngomong dek karena lulus atau nggak itu kan tergantung keputusan Tuhan. Tapi, pasrah ama Tuhan aja nggak cukup, kita musti lihat yang namanya PELUANG. Trus gimana caranya biar bisa lihat peluang? Peluang itu banyak macamnya. Ada peluang yang gede, sedang, dan kecil. Buat tahu peluang kita termasuk tipe yang mana, itu tergantung PRODI yang kita pilih. Satu hal yang harus diingat, JANGAN JADI PECUNDANG ! Kita HARUS memilih prodi yang benar-benar kita inginkan. Caranya? Cari tau apa minatmu. Kemudian, cari tahu mata pelajaran apa yang kita senangi dan kita pun berani berkecimpung di dalamnya. Karena tak jarang prodi yang kita pilih itu banyak, -bisa 2 atau lebih- maka kita harus cek daya tampung undangan untuk prodi tersebut. Lain dari itu, cek juga akreditasi dari pilihan yang kita tuju itu.
    Eits, ada lagi nih.. usahakan jangan memilih prodi dgn PTN yang sama dengan teman sekolah. Meskipun untuk lulus barengan tidak mustahil, tapi peluangnya KECIL. Apalagi yang kita pilih itu jurusan yang favorit. Jadi tambah kecil deh peluangnya. Kalau ada yang sama, usahain yang rank-nya lebih rendah mengalah dan beralih ke PTN lain. Jadi, setidaknya, kita tidak perlu bersaing sesama sekolah. Ibaratnya itu, kalau di skul aja udah banyak yang nyaingin, apalagi kalau se-Indonesia?? Ya nggak? Eits, tapi itu semua TIDAK MUTLAK. Jika kita BENAR-BENAR CINTA MATI dengan pilihan tersebut, mari katakan : saya siap bersaing ! -mental pemenang, cuy- :D

     #9 Kak, kalau ternyata daya tampung dari jurusan yang kita pilih itu kecil gimana?
    --> Daya tampung kecil tapi kita benar-benar cinta mati, ya udah hajar aja. Say to the world: Siapa takuut?? :D
         *tapi kalau saya nggak mau ikut jalur lain, saya maunya lulus undangan, gimana dong?
         Cari alternatif dong ! Kalau di pilihan satu kita mulai berspekulasi, kita masih punya pilihan 2. Di pilihan 2 kita tinggal milih yang tidak seketat di pilihan 1.

    #10 Kak, kalau saya udah lulus undangan gimana dong kak?
    --> *Gubrak >.< pertnyaan apa ini, ??!!
    kalau udah lulus ya udah jangan galau-galau en panik lagi. Kan udah lulus :D Bersyukur kepada Tuhan YME, terima kasih kepada orangtua, guru, dan teman-teman yang selama ini sudah mensupport... Masalah biaya, sekarang gampang, banyak beasiswa dari pemerintah, ikatan alumni, bazda, dll. Pesan tetua alias senior-senior yang lalu-lalu: Jangan larut dalam euforia 'hirukpikuk' masa sekarang. Cepet2 urus keperluan selanjutnya (pendaftaran ulang dgn syarat2 legalisir segala macem) dan bersiaplah menuju medan perang berikutnya. Keep spirit !!

    Info lagi, buat bisa tau itung-itungan lulusnya kayak gimana, coba temen-temen cek ke link ini


    NB: yang mau nanya2, ayo komen aja di bawah,... sori ya postingannya rada2 gimanaa...hhehe.. :D


    Selengkapnya...

    Sabtu, 19 Mei 2012

    BEASISWA SEKOLAH DAN PESANTREN YOGYAKARTA

    PP ASY SYIFA' MUH YOGYAKARTA: Menerima santri baru tahun 2012/2013, sekaligus sekolah di MTs/MA (terakreditasi B).
    BEASISWA BELAJAR DI PESANTREN DAN MTs/MA.
    Syarat: Lulus MI/SD/MTS/SMP, Sehat jasmani Rohani, sanggup belajar dengan tekun,lulus tes wawancara. Pendaftaran dapat di lihat d: www.asysyifa.sch.id.
    sms/call: H.Heni JOhan,S.Pd (081804387846).
    Selengkapnya...

    Kamis, 17 Mei 2012

    Sst.. Ada Beasiswa Program S1, D3, D2 untuk Lulusan SMA dari Kedubes Jepang !

    Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2013 telah dibuka pada 14 Mei 2012 dan akan ditutup pada tanggal 15 Juni 2012.

    Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013).
    Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.


    PROGRAM
    1. Undergraduate (S-1)
    Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).


  • Syarat :
    lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,4; lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996.


  • Materi ujian tertulis:
    IPS : Bahasa Inggris dan Matematika
    IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
    IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi


  • Pilihan jurusan:
    IPS :
    Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
    IPA-a :
    Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
    IPA-b :
    Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
    IPA-c : Medicine; Dentistry
    2. College of Technology (D-3)
    Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).


  • Syarat :
    lulusan SLTA Jurusan IPA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1991 dan tgl. 1 April 1996


  • Materi ujian tertulis:
    Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)


  • Pilihan jurusan:
    Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
    Fisika :
    Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.
    3. Specialized Training College (D-2)
    Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.


  • Syarat :
    lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1991 dan tgl. 1 April 1996


  • Materi ujian tertulis:
    Bahasa Inggris dan Matematika


  • Pilihan jurusan:
    Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing; Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll
    Catatan :
    1. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
    2.
    Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.


    FASILITAS
    1. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
    2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
    3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2012. Untuk tahun 2013 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
    4. Tanpa ikatan dinas

    PROSEDUR PENDAFTARAN
    1. Masa pendaftaran: Mulai tanggal 14 Mei s/d 15 Juni 2012 , hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
    2. Pelamar men-download formulir sesuai program yang diinginkan (S1, D3 atau D2) pada link di bawah ini :
      - Application Form   (Formulir D2 (doc file 97kb), Formulir D3 (doc file 97kb), Formulir S1 (doc file 97kb))
      - Field of Study and Study Program   (D2 pdf file 48kb, D3 pdf file 62kb, S1 pdf file 14kb)
      Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 program saja.
    3. Pelamar mengirimkan Formulir yang telah diisi, beserta fotokopi Ijazah, fototokopi Nilai Ijazah, dan fotokopi Rapor kelas 3 semester 2 (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, dan Medan, atau Kantor Konsuler Jepang di Makassar. Dokumen bisa diantar langsung atau dikirimkan via pos ke :
      a. Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
      Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 - 319 24308 ps. 175, 176, dan 178
      b. Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
      Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 - 503 0008
      c. Konsulat Jenderal Jepang di Medan
      Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 - 457 5193
      d. Kantor Konsuler Jepang di Makassar
      Jl. Jend. Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411 - 871 030
    4. Formulir dan dokumen pelengkap harus sudah tiba pada tanggal 15 Juni 2012 (bukan cap pos)
    5. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

    PROSEDUR SELEKSI
    1. Bagi yang lolos praseleksi (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (bulan Juli). Praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor.
    2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
    3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2013.
    Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:
    Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. MH Thamrin no.24 Jakarta 10350
    Telp. (021) 3192-4308 ext.175 atau 176

    Info lanjut >>
    Selengkapnya...