Sabtu, 19 Mei 2012

BEASISWA SEKOLAH DAN PESANTREN YOGYAKARTA

PP ASY SYIFA' MUH YOGYAKARTA: Menerima santri baru tahun 2012/2013, sekaligus sekolah di MTs/MA (terakreditasi B).
BEASISWA BELAJAR DI PESANTREN DAN MTs/MA.
Syarat: Lulus MI/SD/MTS/SMP, Sehat jasmani Rohani, sanggup belajar dengan tekun,lulus tes wawancara. Pendaftaran dapat di lihat d: www.asysyifa.sch.id.
sms/call: H.Heni JOhan,S.Pd (081804387846).
Selengkapnya...

Kamis, 17 Mei 2012

Sst.. Ada Beasiswa Program S1, D3, D2 untuk Lulusan SMA dari Kedubes Jepang !

Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2013 telah dibuka pada 14 Mei 2012 dan akan ditutup pada tanggal 15 Juni 2012.

Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013).
Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.


PROGRAM
1. Undergraduate (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).


  • Syarat :
    lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,4; lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996.


  • Materi ujian tertulis:
    IPS : Bahasa Inggris dan Matematika
    IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
    IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi


  • Pilihan jurusan:
    IPS :
    Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.
    IPA-a :
    Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
    IPA-b :
    Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
    IPA-c : Medicine; Dentistry
    2. College of Technology (D-3)
    Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).


  • Syarat :
    lulusan SLTA Jurusan IPA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1991 dan tgl. 1 April 1996


  • Materi ujian tertulis:
    Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)


  • Pilihan jurusan:
    Kimia : Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
    Fisika :
    Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.
    3. Specialized Training College (D-2)
    Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.


  • Syarat :
    lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1991 dan tgl. 1 April 1996


  • Materi ujian tertulis:
    Bahasa Inggris dan Matematika


  • Pilihan jurusan:
    Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing; Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll
    Catatan :
    1. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
    2.
    Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.


    FASILITAS
    1. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
    2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
    3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2012. Untuk tahun 2013 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
    4. Tanpa ikatan dinas

    PROSEDUR PENDAFTARAN
    1. Masa pendaftaran: Mulai tanggal 14 Mei s/d 15 Juni 2012 , hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
    2. Pelamar men-download formulir sesuai program yang diinginkan (S1, D3 atau D2) pada link di bawah ini :
      - Application Form   (Formulir D2 (doc file 97kb), Formulir D3 (doc file 97kb), Formulir S1 (doc file 97kb))
      - Field of Study and Study Program   (D2 pdf file 48kb, D3 pdf file 62kb, S1 pdf file 14kb)
      Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 program saja.
    3. Pelamar mengirimkan Formulir yang telah diisi, beserta fotokopi Ijazah, fototokopi Nilai Ijazah, dan fotokopi Rapor kelas 3 semester 2 (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kemdiknas belum keluar), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, dan Medan, atau Kantor Konsuler Jepang di Makassar. Dokumen bisa diantar langsung atau dikirimkan via pos ke :
      a. Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
      Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 - 319 24308 ps. 175, 176, dan 178
      b. Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
      Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 - 503 0008
      c. Konsulat Jenderal Jepang di Medan
      Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 - 457 5193
      d. Kantor Konsuler Jepang di Makassar
      Jl. Jend. Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411 - 871 030
    4. Formulir dan dokumen pelengkap harus sudah tiba pada tanggal 15 Juni 2012 (bukan cap pos)
    5. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

    PROSEDUR SELEKSI
    1. Bagi yang lolos praseleksi (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (bulan Juli). Praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor.
    2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
    3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2013.
    Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:
    Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. MH Thamrin no.24 Jakarta 10350
    Telp. (021) 3192-4308 ext.175 atau 176

    Info lanjut >>
    Selengkapnya...

    Minggu, 13 Mei 2012

    Ada 5 Paket Soal Berbeda di SNMPTN 2012?

    Siapa bilang metode menggunakan lima tipe soal berbeda hanya dilakukan ketika Ujian Nasional (UN)? Ternyata Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis juga menganut sistem ini.

    Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso menyebutkan, bukan hanya UN yang menggunakan lima tipe soal berbeda pada satu ruangan. Peserta SNMPTN jalur tertulis juga diberikan lima paket soal berbeda di tiap kelas.

    "Soalnya benar-benar berbeda antara satu tipe dengan tipe lainnya. Namun tingkat kesulitan masing-masing tipe soal sama," kata Djoko ketika berbincang dengan okezone di kantornya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

    Sementara mengenai pembatasan tahun kelulusan peserta SNMPTN, lanjutnya, bukan bertujuan untuk menangkal terjadinya kecurangan ketika ujian berlangsung. Menurutnya, pembatasan ini dilakukan untuk membuat skala prioritas.

    "Pembatasan peserta SNMPTN, yakni maksimal lulusan tahun lalu, memang bukan dimaksudkan untuk menangkal terjadinya kecurangan. Tapi, untuk memprioritaskan kesempatan anak-anak yang lulus tahun tersebut masuk PT," ujarnya menjelaskan.

    Dia menyatakan, setelah memprioritaskan pelajar lulusan tahun ini, maka selanjutnya peluang diberikan bagi lulusan tahun sebelumnya. "Setelah mendahulukan anak-anak yang lulus tahun ini, baru kemudian memberikan kesempatan kepada mereka yang lulus tahun sebelumnya," tutur Djoko.
    Selengkapnya...

    Tips dan Trik menjawab soal TPA

    (Berlaku umum dan besar kemungkinan berhasil)

    Tes Potensi Akademik dianggap sebagai tes yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun sesungguhnya, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu anda dalam menghadapi TPA ini. Antara lain adalah :

    1. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal TPA sebanyak mungkin. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka ketika anda mengerjakan soal TPA yang sebenarnya, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Analisa anda dalam mengerjakan soal-soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan.

    2. Dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena hal itu justeru akan membebani anda saja. Yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur. Dengan banyak latihan soal, logika berpikir anda akan terbantu untuk semakin terstruktur sehingga memudahkan anda mengerjakan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.

    3. Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan konsentrasi penuh. Tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik. Tegang hanya akan membuat energi otak anda cepat terkuras. Panik membuat anda mengerjakan soal secara ceroboh dan terburu-buru. Sehingga mudah terkecoh oleh jawaban yang sekilas benar. 

    4. Jangan memperturutkan rasa penasaran anda terhadap satu soal tertentu. Ini sangat berbahaya. Rasa penasaran terhadap satu soal tertentu  (biasanya terjadi pada soal-soal numerik atau angka) membuat waktu anda terkuras untuk mengerjakan soal tersebut. Belum lagi energi anda juga turut berkurang secara signifikan. Ditambah lagi emosi  juga akan naik, bila ternyata kemudian anda gagal menemukan jawabannya. Ingatlah bahwa setiap butir soal TPA memiliki bobot nilai yang sama. Sehingga jangan membuang-buang waktu untuk sekedar memperturutkan rasa penasaran anda tersebut.   Source:www.tespotensiakademik.com
    Selengkapnya...

    Sabtu, 12 Mei 2012

    Hindari Kesalahan Pendaftaran Online SNMPTN

    Kemarin pendaftaran online seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dibuka. Panitia Lokal (Panlok) Bandung menyiapkan kursi sebanyak 38.500 orang untuk peserta yang akan mengikuti ujian tertulis pada 12-13 Juni 2012.

    Sekretaris Eksekutif I SNMPTN Panlok Bandung Asep Gana Suganda mengatakan, pendaftaran online dibuka pada 10 Mei pukul 22.00 WIB. Sebelum mengisi, calon peserta harus memerhatikan berbagai hal agar tidak terjadi kesalahan pendaftaran.

    ”Karena itu, sebelum mendaftar online, peserta terlebih dulu harus mengunduh buku panduan pendaftaran peserta SNMPTN dan panduan informasi melalui laman www.snmptn.ac.id agar peserta memahami seluruh informasi,” ujar Asep, kemarin.

    Berbeda dengan pendaftaran SNMPTN 2011, tahun ini pendaftaran lebih sederhana. Salah satunya dalam proses pembayaran, tahun lalu calon peserta diharuskan menyebutkan nomor induk siswa nasional (NISN), kode panlok, dan pilihan paket kelompok ujian (IPA/IPS/IPC). Sedangkan pada tahun ini, calon peserta hanya diminta menyebutkan tanggal lahir sebagai identitas diri saat melakukan pembayaran di bank.

    Selain itu, perbedaan sistem pembayaran pada tahun ini adalah tidak terdapat pembagian waktu pembayaran biaya ujian bagi lulusan SMA/ MA/SMK/MAK tahun ijazah 2010 dan 2011 dengan lulusan tahun ijazah 2012. Pembayaran dilakukan dalam waktu bersamaan.

    ”Untuk menghindari kepadatan jaringan peserta, jangan menunda- nunda untuk melakukan pendaftaran online. Sebaiknya dilakukan awal-awal masa pendaftaran agar mudah masuk ke sistem,” jelasnya.

    Menurut Asep, biaya pendaftaran tidak berubah, masih sama seperti tahun lalu yaitu Rp150.000 untuk kelompok IPA atau IPS, sedangkan untuk IPC dikenakan biaya Rp175.000



    Sumber : www.kampus.okezone.com
    Selengkapnya...

    Jumat, 11 Mei 2012

    Mau SMA di Jepang?

    Mulai bulan ini bagi yang saat ini masih sekolah lanjutan pertama (SLTP)
    kemudian tahun depan lulus SLTP dan ingin melanjutkan sekolah SLTA (SMA) di
    Jepang sudah bisa dan hal ini dilakukan oleh Sekolah Bahasa Jepang Pandan
    College.

    Info lebih lanjut, Kontak:

    Pandan College
    021-2727-2511, 021-2923-8782
    0361-255-225, 0361-796-7654
    http://pandan.ac.id/
    Lomba Pidato Bahasa Jepang http://pandan.ac.id/lpbj/
    Homestay di Jepang http://officepromosi.com/homestay/Bahasa Jepang Sekolah Kursus Belajar Bahasa Jepang - Pandan College - Japanese Language School インドネシ Selengkapnya...

    Rabu, 09 Mei 2012

    CerMot: Inspiring Story About SNMPTN

    Hai sobat pelajar,,Co-pas dari blog senior nih.. moga bermanfaat...

    Dulu ketika Kamel ikut UMPTN, hari pertama Matdas cuma ngisi 3 soal, tapi yakin semua bener.

    hari kedua telat 29 menit, terus diomelin panitia di depan kelas: “1 menit lagi kamu telat, gak boleh masuk ruangan ini!!!!!!

    “jiper..nge-down..malu…karena peserta seruangan itu ngeliatin Kamel,
    padahal Kamel gak kenal mereka sama sekali karena diacak dari berbagai
    sekolah.

    jiwa seorang amel remaja berusia 17 tahun ketika itu tentunya beda
    banget kalo dibandingin sama keadaan Kamel sekarang yang jauh lebih PD
    tampil di depan banyak orang. terus dalam waktu 61 menit kemudian, Kamel
    harus mengumpulkan segenap kepercayaan diri sendiri. memaafkan diri
    sendiri karena sebelumnya habis memaki-maki diri sendiri juga, dan
    berdamai dengan kenyataan…mengelap keringat karena lari-lari,
    mengeluarkan pensil yang patah dari kotak pensil, kipas-kipas karena
    keringatan, dan berusaha fokus walau air mata menetes di pipi karena
    malunya luar biasa.

    sadar bahwa usaha Kamel nggak bakal mengantarkan Kamel sampai ke
    gerbang masuk Psiko UI (TO terakhir Kamel waktu itu masih minus 144
    menuju Psiko UI!), Kamel teringat pesan pengajar Geografi Bu Pretiwi
    ketika hari terakhir super intensif masuk: “maka berdoalah kamu
    sebanyak-banyaknya, sekhusyu’-khusyu’nya… karena kekuatan doa itu luar
    biasa dahsyatnya. terutama doa dari ibu…menembus langit”usai hari ke-2
    UMPTN, Kamel langsung sungkeman sama ibu kandung dan neneknya Kamel
    yang mendidik Kamel dari kecil, kamel minta restu dan doa dari
    mereka…sebenarnya mereka nggak setuju Kamel masuk psikologi, idealnya
    orang tua kalo punya anak di IPS pengennya ya masuk FE, kerja di
    bank..bukannya malah ngurusin orang sakit jiwa, atau malah anaknya yang
    berobat jalan di psikologi!begitulah anggapan mereka ketika itu.

    tapi karena mereka nggak tega juga kali ya ngeliat kamel yang kecil
    mrikintil dan mungil ini, akhirnya mereka merestui.Kamel juga masih
    terus sholat dhuha-tahajud-dan puasa senin kamis.walau kata temen2: “lu
    ngapain mel masih rajin ibadah, kan UMPTN-nya udah lewat?”ada lagi teman
    yg nyindir: “ah elo meL..ibadah kalo ada maunya doang. kalo lagi seneng
    aja lu boro2 ibadah!”Kamel jawab, “masih mending gw… daripada elo, udah
    nggak ngelakuin, bisanya cuma nyindir doang!”bagi Kamel, UMPTN memang
    udah lewat… tapi bukankah pengumuman hasil itu lebih penting? dan itulah
    yang belum lewat. saya tidak mendoakan yang jelek bagi orang lain, tapi
    berharap boleh dong?apa salahnya saya berharap:”ALLAH MAHA
    PEMBOLAK-BALIK HATI, SEMOGA PENGAWAS ITU DIBALIK HATINYA DAN SEMOGA
    KERTAS LEMBAR JAWABKU SELAMAT SAMPAI TUJUAN AKHIRNYA (baca:scanner)”

    dan ketika hari pengumuman itu tiba… (dulu hanya lewat koran pagi,
    belum ada kerjasama dengan internet).kamel dan papa kamel nungguin
    tukang koran langganan lewat di depan rumah sejak jam 5.30 pagi.biasanya
    jam segitu dia udah rajin ngelempar koran ke rumah.mama kamel lagi
    dinas ke jepang, dan beliau terus telpon nanya kabar pengumuman
    UMPTN.dengan jeda waktu antara tokyo-jakarta beberapa jam, beliau terus
    menerus ngaji di sana, di detik2 kamel nunggu pengumuman UMPTN via
    koran.



    kamel
    tanya, “ngapain lagi mama ngajiin aku? kan hasilnya udah pasti keluar,
    nggak ada yang bisa diupayakan lagi ma…”. “lho..” jawab beliau, “hasil
    memang udah keluar, tapi mama ngajiin untuk keikhlasan batin kamu andai
    kamu nggak diterima… jangan sampai kamu shock.”wuahh..makin nyesek dada
    kamel ketika itu.semakin terbebani…takut mengecewakan orang tua.mana
    tukang koran gak lewat-lewat pula!dulu belum zaman HP, gak bisa nitip
    temen SMS minta liatin nomer.apalagi zaman buku muka (facebook),
    belooommm…!
    jam 6…

    6.30…

    jam 7…

    7.30

    “pa, kaya’nya ini udah firasat buruk deh. tukang koran aja ogah lewat
    rumah kita…” mata kamel udah berkaca-kaca ketika itu. papa kamel gak
    jawab, cuma ngusap2 rambut kamel. duhhh..ngomong apaan kek gitu yang
    bisa nguatin batin saya!kaya’nya beliau juga udah mikir hal yang sama.
    atau entah apa lah, tapi yang jelas beliau masih nemenin kamel berdiri
    di depan gerbang rumah nunggu tukang koran lewat. setiap kali ada suara
    motor lewat, leher kami selalu melongok ke ujung gang komplek rumah,
    berharap tukang koran itu datang.

    “kalo jam 8 nggak lewat juga, kita cari koran di depan,” kata papa.
    yah, setidaknya keluar juga omongan dari mulutnya. jam 8 kurang
    dikiiiiittt bangettt…dateng dah tuh tukang koran, “maaf pak, korannya
    abis terus saya jadi balik 3X ke agen ngambil lagi. tapi buat rumah ini
    mah udah prioritas. hehee…nunggu pengumuman ujian juga ya
    mbak?”ahhh…nggak sempet jawab! langsung kamel rebut koran dari
    tangannya, dan buru2 cari nomor peserta kamel….keriting tuh mata karena
    dulu pengumumannya berdasarkan urutan nomor peserta, bukan kaya’
    sekarang berdasarkan jurusan.
    081..

    Amalia Sekar Wulan
    “wuaahhh…papa! itu namaku lulus!”

    “liat yang bener, kali aja ‘amalia sekar wulan’ yang lain, bukan
    kamu.”iishhh… si papa, emang ada berapa ‘amalia sekar wulan’ sih di
    dunia ini? kalo nama asep surasep mungkin pasaran, tapi tidak dengan
    namaku! sampe 3 kali saya memastikan nomor dan nama itu cocok dengan
    punya saya. “bennner pa, ini aku! aku luluss pa! aku lulusss!!!!”
    “lihat dulu lulus di pilihan ke-berapa?”

    oiya! saking senengnya sampe lupa. telunjukku memastikan lurus, 3X
    juga nama itu sederet dengan kode psiko ui, bukan kode jepang ui. “Psiko
    UI pa, pilihan pertama! aku diterima di pilihan pertama pa, impian aku
    pa!!!!!”wuahhhh papa yang seumur hidup nggak pernah saya lihat menangis,
    kali ini ada air mata menetes di pipinya. langsung kami berpelukan dan
    sujud syukur lah kami. alhamdulillah ya Allah…. ternyata semua doa itu
    Kau kabulkan. mungkin kalo ada tetangga lewat dan kebetulan ngeliat,
    mereka pasti bingung, “nih anak ama bapak ngapain sujud-sujud di garasi
    pagi-pagi?”hehee..

    dering telpon rumah membangunkan sujud panjang kami.”gimana mbak?”
    kata suara di ujung telpon sana. mama saya. isengin dulu lah.
    “aku….nggak diterima ma….””ya udahlah mbak, gak apa2 ya, yang ikhlas…
    Allah udah siapin ganti yg lebih baik kok..””aku belum selesai ngomong
    ma…””kenapa?””aku nggak diterima di pilihan kedua….””maksudnya?””soalnya
    aku diterima di pilihan pertama..””Psikologi?””iya dong… heheee..”

    “alhamdulillah….” sambil sesenggukan mamanya kamel mengucap syukur .
    dan setelah itu bener2 nggak terdengar suaranya lagi, terisak nangis
    dalam keharuan yang dalam karena doanya selama ini didengar
    Allah.”halo..? halo? mama? maaaa…?”dan hanya isakan tangis yang kamel
    dengar….yaaah…si mama… tadi ngajiin anaknya biar nggak shock, ternyata
    malah dia sendiri yang shock^^nahhhh…..! dari cerita itulah wahai
    adikku, semua siswaku tercinta…

    jadi, bukan hanya upaya yang membuat kita lulus, tapi juga kekuatan
    doa yang memberhasilkan kita. jangan bandingkan upaya kita dengan orang
    lain. lihat dan ngaca dulu,bagaimana upaya kita? teman yang kelihatannya
    nyantai kenapa bisa lulus daripada kita yang lebih rajin?mungkin
    karena teman kita itu pada dasarnya lebih pinter, ngerjain soal sambil
    merem aja udah selesai daripada kita yang harus mati2an belajar. periksa
    lagi bagaimana cara-cara kita dalam berupaya. kalau dirasa sudah
    optimal, periksa lagi bagaimana kekhusyu’an dan komunikasi kita dengan
    Allah. kalau doapun sudah khusyu’, periksa lagi hati itu…apakah ada
    kesombongan dan kemaksiatan di sana yang bisa menghalangi doa kita?

    ingat, tinggal beberapa hari lagi SNMPTN. ini adalah senjata
    pamungkas kamu untuk bisa masuk PTN tahun ini. kamu harus all out,
    berjuang mati2an di sana. kamu bukan anak bodoh, karena buktinya kamu
    bisa masuk SMA yang bagus! kamu mungkin hanya kurang berusaha. mungkin
    masih sering menunda dan malas….dan patutkah kita malas sementara snmptn
    tinggal beberapa hari lagi? patutkah seorang pejuang itu malas?

    kita semua manusia yang lahir ke dunia ini adalah pejuang. kita
    pernah mengalahkan 2 juta sel sperma lainnya menuju sel telur untuk
    dibuahi menjadi zygote lalu embrio-janin, hingga akhirnya terlahir
    sebagai bayi dan tumbuh sbg manusia dewasa skrg ini. nanti di snmptn
    kita hanya perlu mengalahkan 400ribu saingan kita…tidakkah itu jauh
    lebih sedikit daripada saingan kita dulu?
    jangan khianati perjuangan kita dulu hanya dengan 1 kata: MALAS.

    Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat
    memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat
    bagi kehidupan kita, terimakasih.

    ( Sumber : www.motivationplannet.wordpress.com )
    Selengkapnya...

    Sepuluh Tips dalam Mengerjakan Ujian


     
    1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
      Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya.  Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
    2. Tenang dan percaya diri.
      Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.
    3. Bersantailah tapi waspada.
      Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian.  Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya.  Pertahankan posisi duduk tegak.

    4. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
      Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal.  Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.  Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

    5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
      Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi.  Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
      • soal paling sulit
      • yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
      • memiliki nilai terkecil
    6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
      Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah.  Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan.  Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan.  Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

    7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
      Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.  Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

    8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
      Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama.  Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu.  Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil.  Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

    9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
      Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian.  Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan.  Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.  Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal).  Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

    10. Analisa hasil ujianmu.
      Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.   Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu.  Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.  Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

    Sumber : ucarzzx.blogspot.com
    Oleh : Ardhi Sukses Selengkapnya...

    Situs Rumah Belajar (Untuk Semua)

    Situs Rumah Belajar milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   http://belajar.kemdiknas.go.id  dirancang menjadi rumah belajarnya para insan pendidikan, baik guru maupun peserta didik. Di portal Rumah Belajar ini terdapat bermacam konten antara lain RPP, Materi, Bahan pembelajaran interaktif, Modul, Forum guru, Forum Siswa, Bank soal dan lain lain. Konten tersebut dikelompokkan per jenjang pendidikan yaitu SD/MI. SMP/MTs, SMA/MA, dan Perguruan Tinggi. Di Rumah Belajar juga terdapat fasilitas live streaming TV Edukasi dan Radio Suara Edukasi.

    Menurut kepala Pustekkom Kemdikbud Ari Santosa sekarang ini Pustekkom sedang menyiapkan standarisasi kompetensi teknologi infomasi dan komunikasi TIK untuk guru, dimana ini mencakup pelatihan TIK bagi guru dan pengembangan konten portal Rumah Belajar. Kalau rencana itu benar-benar berjalan maka diharapkan Rumah Belajar akan lebih kaya konten. Kedepan guru diharapkan mengirimkan materi-materinya untuk memperkaya konten Rumah Belajar ini.

    Saat ini Rumah Belajar memang masih sedikit kontennya, meskipun menunya cukup lengkap tapi isinya belum banyak dan jarang diupdate. Semoga rencana Pustekkom Kemdikbud dapat segera terealisir sehingga Rumah Belajar dapat makin bermanfaat baik bagi siswa maupun guru dan para pembelajar pada umumnya.

    Source
    Selengkapnya...

    Senin, 07 Mei 2012

    Pendaftaran SNMPTN 2012 Berbeda Dengan Tahun Lalu

    YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mekanisme pendaftaran ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012 berbeda dengan tahun lalu, karena pendaftaran dilakukan sepenuhnya melalui sistem "online".

    "Tahun lalu pendaftaran diproses oleh teller bank bersamaan dengan pembayaran biaya ujian, tetapi sekarang dilakukan sendiri oleh calon peserta secara ’online’," kata Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Senin (7/5/2012).


    Menurut dia, dalam SNMPTN 2012, calon peserta membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri, kemudian mendapat "personal identification number" (PIN) dan Kode Akses Pendaftaran (KAP), yang digunakan untuk "login" ke "website" SNMPTN.

    "Melalui website itu calon peserta mengisi biodata, memilih program studi, dan lokasi tes. Pendaftaran ujian tulis SNMPTN dimulai 10 Mei 2012 dan ditutup 31 Mei 2012," kata Budi.

    Ia mengatakan waktu pendaftaran itu berlaku untuk calon peserta yang lulus pada 2010, 2011, dan 2012. Hal itu berbeda dengan 2011, karena waktu pendaftaran untuk lulusan tahun sebelumnya dilaksanakan lebih dulu.

    "Pada tahun ini waktu pendaftaran dilaksanakan secara bersamaan. Kami berharap calon peserta mendaftar awal, dan tidak perlu menunda waktu untuk menghindari kepadatan jaringan saat ribuan calon peserta melakukan pendaftaran," katanya.

    Menurut dia, saat jaringan sangat padat ada kemungkinan data pendaftar sulit masuk dalam sistem. Kondisi itu terutama terjadi saat menjelang hari terakhir pendaftaran, karena banyak calon peserta yang mendaftar.
    "Oleh karena itu, untuk menghindari padatnya sistem saat ribuan calon peserta mendaftar bersamaan, alangkah baiknya mendaftar lebih awal," kata Budi, yang juga Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM). 

    Source: Kompas Selengkapnya...

    Mengapa Mengisi LJK Harus Pakai Pensil 2B..??


    Seperti kita ketahui, LJK (Lembar Jawaban Komputer) akan diperiksa menggunakan alat bantu berupa komputer. Mesin atau alat untuk membaca LJK ini sendiri disebut scantron. Mengikuti perkembangan teknologi, scantron pun berkembang menjadi semakin canggih. Sistem scantron modern saat ini memiliki teknologi yang cukup tinggi, dimana alat ini menggunakan sensor gambar dan algoritma pengolahan gambar yang sangat canggih. Algoritma ini bahkan dapat membedakan bulatan jawaban hanya dari pembacaan bulatan mana yang memiliki goresan paling tebal.Jadi jika anda mengisi setiap bulatan jawaban pada LJK anda, alat scantron canggih ini akan menentukan mana bulatan yang diarsir paling gelap dalam setiap barisnya dan menetapkannya sebagai jawaban anda. Bahkan sistem scantron canggih ini dapat melakukan pembacaan melalui kedua sisi LJK anda. 

    Dengan demikian, anda dapat menggunakan pulpen, pensil atau bahkan tinta printer jika anda ingin mengerjakan LJK anda dengan menggunakan printer untuk menandai semua jawaban anda. Bahkan jika anda menggunakan pensil berwarna alat tersebut masih dapat membaca hasil tes anda asalkan anda tidak memakai warna yang sama dengan warna garis dan tulisan pada LJK. Karena jika anda memilih warna yang sama persis dengan warna garis pada LJK, alat scantron ini mungkin akan mengabaikan tanda yang anda berikan karena algoritma mesin ini akan menganggapnya sebagai bagian dari LJK dan bukan sebagai jawaban anda.

    Namun sayangnya alat canggih di atas masih jarang digunakan terutama di negeri kita ini. Teknologi untuk membaca LJK kebanyakan masih menggunakan mesin scantron model awal yang jelas jauh kurang canggih dibanding mesin scantron yang terbaru saat ini. Mesin scantron "kuno" tersebut bekerja membaca tanda pensil dengan cara menyinari cahaya melalui kertas jawaban dan kemudian akan dibaca oleh alat yang bernama phototube. Dengan sistem yang "jadul" ini, agar jawaban anda dapat untuk dibaca dengan sempurna oleh mesin scantron, maka cahaya harus benar-benar terhalang oleh pensil sehingga dapat terbaca dengan benar oleh phototube.

    Agar jawaban anda dapat dibaca secara sempurna oleh perangkat tua ini, maka satu-satunya alat yang aman untuk digunakan adalah pensil 2B. Mengapa harus menggunakan pensil? Pensil jelas mengapa lebih disukai daripada pulpen. Karena pensil memberikan anda kesempatan untuk mengkoreksi jawaban anda. Selain itu grafit pada pensil bekerja dengan baik untuk menghalangi cahaya scantron karena molekul grafit, yang membentuk lembaran kecil karbon, akan memantulkan banyak cahaya yang mengenainya dan menyerap hampir semua sisanya. Sedangkan jika anda menggunakan tinta pulpen, warna hitam tinta ini tidak cukup buram untuk sistem scantron yang tua ini. Selain itu, sebaiknya anda menggunakan pensil kayu bukan pensil mekanik walaupun sama-sama 2B. Karena pensil kayu membuat anda dapat mengisi bulatan dengan lebih cepat berkat ujungnya yang lebih lebar dibanding pensil mekanik.



    Lalu mengapa harus menggunakan pensil 2B? Hal ini dikarenakan oleh sifat grafit yang terang bercahaya. Jadi jika anda menggunakan pensil H atau HB, warna hitam yang dihasilkan tidak cukup buram cukup untuk dapat dibaca secara sempurna oleh sistem scantron yang lama dan beresiko terjadinya kesalahan pembacaan. Pensil 3B atau di atasanya mungkin akan bekerja dengan baik, karena mereka lebih gelap dari pensil 2B. Tapi sayangnya mereka juga dapat lebih mudah menyebabkan noda bila terhapus atau tidak sengaja tergosok oleh tangan saat anda mengisi LJK, sehingga meningkatkan kemungkinan kesalahan pembacaan pada mesin scantron ketika scantron sedang membaca jawaban anda. Jadi pensil 2B merupakan perpaduan tepat dari tingkat kegelapan dan kekerasan dari inti grafit untuk memblokir cahaya secara efektif, dan juga tidak terlalu menyebabkan banyak corengan lain yang tidak dikehendaki.

    Sumber :http://www.berbagaihal.com
        http://en.wikipedia.org/wiki/Scantron
        http://www.howeverythingworks.org/page1.php?QNum=1529

    #Oleh : Ardhi Sukses
    Selengkapnya...

    Minggu, 06 Mei 2012

    Kelainan dan Penyakit pada Alat Indra

    Kelainan dan penyakit pada alat indra dapat mengganggu manusia ketika berinteraksi terhadap lingkungannya. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan, sebagian kelainan dan gangguan tersebut dapat diatasi. Beberapa kelainan dan penyakit yang menyerang alat-alat indra antara lain sebagai berikut.

    1. Astigmatis
    Astigmatis (mata silindris) adalah kelainan pada mafa yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Hal ini terjadi karena penderita tidak mampu melihat garis-garis horizontal dan vertikal secara bersama-sama. Mata tidak mampu memfokuskan pandangan karena kornea mata tidak berbentuk bola. Kelainan ini dapat diatasi dengan memakai kacamata silindris.
    2. Miopia
    Miopi (rabun jauh) adalah kelainan pada mata yang ditandai dengan mata tidak dapat melihat jauh. Hal itu terjadi karena bola mata terlalu panjang dan bayangan benda jatuh di depan bintik kuning. Kelainan ini dapat diatasi dengan memakai kaca mata berlensa cekung (negatif).
    3. Hipermetropi
    Hipermetropia (rabun dekat) adalah kelainan pada mata yang ditandai dengan mata tidak dapat melihat dekat. Hal itu terjadi karena bola mata terlalu pendek dan bayangan jatuh di belakang bintik kuning. Kelainan ini dapat diatasi dengan memakai kaca mata berlensa cembung (positifl.
    4. Presbiopia
    Presbiopia (rabun dekat danjauh) adalah kelainan yang ditandai dengan mata tidak dapat melihat dekat dan jauh. Hal itu terjadi ka.rena daya akomodasi mata mulai berkurans. Kelainan ini dialami oleh orang tua sehingga disebut juga mata tua. Kelainan ini dapat diatasi dengan memakai kacamata berlensa rangkap, yaitu bagian atas berlensa cekung (negatif) dan bagian bawah berlensa cembung (positif). Kelainan miopia, hipermetropia, dan presbiopia serta cara menolongnya telah kamu pelajari di kelas VIII.
    5. Rabun Senja
    Penderita rabun senja (rabun ayam) tidak dapat melihat dengan baik pada senja dan malam hari ketika cahaya mulai rentang-remang. Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Cara mencegah dan mengatasi gangguan ini ialah dengan mengonsumsi rnakanan yang banyak mensandung vitamin A. Misalnya wortel. pepaya, dan tomat.
    6. Keratomalasi
    Keratomalasi ditandai dengan kornea mata yang keruh. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin A yang sangat parah. Jadi, penyakit ini merupakan tingkat lanjut rabun senja. Kekurangan vitamin A menimbulkan penebalan selaput lendir mata. Akibatnya, permukaan mata yang biasanya basah menjadi kering dan kasar (xeroftalmia/xerosis). Ji ka tidak segera cliatasi. akan menimbulkan kebutaan.
    7. Katarak
    Katarak (bular mata) merupakan kelainan pada lensa mata. Lensa mata menjadi kabur dan keruh sehingga cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina. Biasanya, katarak diderjta oleh orang yang berusia lanjut. Katarak dapat diatasi dengan tindakan operasi.
    8. Juling
    Kelainan mata ini disebabkan adanya ketidak serasian kerja otot penggerak bola mata kanan dan kiri. Kelainan ini dapat diatasi dengan tindakan operasi pada otot mata.
    9. Glaukoma
    Kelainan ini ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata. Tekanan terjadi karena adanya sumbatan pada saluran di dalam bola mata dan pembentukan cairan di bola mata yang berlebihan. Kelainan yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kebutaan. Kelainan ini dapat diatasi dengan obat-obatan yang harus diminum seumur hidup atau dengan tindakan pembedahan.
    10. Buta Warna
    Penderita buta warna tidak dapat membedakan warna tertentu. misalnya merah, hijau. dan biru. Buta warna merupakan penyakit keturunan yang tidak dapat disembuhkan. Buta warna lebih banyak diderita laki-laki dari pada perempuan.
    11. Radang Telinga
    Radang telinga dapat terjadi di bagian luar maupun tengah. Radang telinga bagian luar terjadi karena bakteri. jamur. atau virus yang masuk melalui berbagai cara. misalnya masuk bersama air ketika berenang. Radang telinga tengah (otitis media) dapat terjadi karena bakteri atau virus. misalnya virus influenze. yang masuk dari rongga mulut melirlui saluran Eustachius.
    12. Otosklerosis
    Penyakit ini merupakan tuli konduksr yang menahun karena tulang sanggurdi kaku dan tidak dapat bergerak secara leluasa. Penyakit ini harus ditangani oleh dokter THT.
    13. Anosmia
    Anosmia adalah gangguan pada hidung berupa kehilangan kemampuan untuk membau. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya cidera atau infeksi di dasar kepala, keracunan timbel, kebanyakan merokok, atau tumor otak bagian depan. Untuk mengatasi gangguan ini harus diketahui dulu penyebabnya.


    Source
    Selengkapnya...

    Lidah sebagai Indra Pengecap pada Manusia

    Gbr. Lidah
    Gbr. Lidah
     
    Lidah mempunyai reseptor khusus yang berkaitan dengan rangsangan kimia. Lidah merupakan organ yang tersusun dari otot. Permukaan lidah dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir, dan reseptor pengecap berupa tunas pengecap. Tunas pengecap terdiri atas sekelompok sel sensori yang mempunyai tonjolan seperti rambut.

    Permukaan atas lidah penuh dengan tonjolan (papila). Tonjolan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga macam bentuk, yaitu bentuk benang, bentuk dataran yang dikelilingi parit-parit, dan bentuk jamur. Tunas pengecap terdapat pada paritparit papila bentuk dataran, di bagian samping dari papila berbentuk jamur, dan di permukaan papila berbentuk benang.

    Source
    Selengkapnya...

    Kulit sebagai Alat Indra pada Manusia

    Kulit merupakan indra peraba yang mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan.


    Susunan Kulit

    Kulit terdiri dari lapisan luar yang disebut epidermis dan lapisan dalam atau lapisan dermis. Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf. Epidermis tersusun atas empat lapis sel. Dari bagian dalam ke bagian luar, pertama adalah stratum germinativum berfungsi membentuk lapisan di sebelah atasnya. Kedua, yaitu di sebelah luar lapisan germinativum terdapat stratum granulosum yang berisi sedikit keratin yang menyebabkan kulit menjadi keras dan kering. Selain itu sel-sel dari lapisan granulosum umumnya menghasilkan pigmen hitam (melanin). Kandungan melanin menentukan derajat warna kulit, kehitaman, atau kecoklatan. Lapisan ketiga merupakan lapisan yang transparan disebut stratum lusidum dan lapisan keempat (lapisan terluar) adalah lapisan tanduk disebut stratum korneum.

    Penyusun utama dari bagian dermis adalah jaringan penyokong yang terdiri dari serat yang berwarna putih dan serat yang berwarna kuning. Serat kuning bersifat elastis/lentur, sehingga kulit dapat mengembang.
    Stratum germinativum mengadakan pertumbuhan ke daerah dermis membentuk kelenjar keringat dan akar rambut. Akar rambut berhubungan dengan pembuluh darah yang membawakan makanan dan oksigen, selain itu juga berhubungan dengan serabut saraf. Pada setiap pangkal akar rambut melekat otot penggerak rambut. Pada waktu dingin atau merasa takut, otot rambut mengerut dan rambut menjadi tegak. Di sebelah dalam dermis terdapat timbunan lemak yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi bagian dalam tubuh dari kerusakan mekanik.

    Gbr. Kulit
    Gbr. Kulit


    Fungsi Kulit


    Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam, misalnya otot dan tulang; sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam reseptor yang peka terhadap berbagai rangsangan; sebagai alat ekskresi; serta pengatur suhu tubuh.
    Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba, kulit dilengkapi dengan reseptorreseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis. 

    Source: www.crayonpedia.org Selengkapnya...

    Pelajar Apatis Karya Ilmiah

    BANDUNG, 3 tahun tidak ada satu pun perwakilan kota Bandung. Prihatin, melihat kecilnya animo pelajar dalam mengikuti lomba karya ilmiah. Sudah kelima kalinya Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) Jabar menggelar lomba karya ilmiah bagi siswa SMA sederajat di Indonesia. Tapi ternyata, peserta dari Kota Bandung sendiri sangat minim.


    Ketua Panitia Lomba dan Peneliti Pusair Ratna Hidayat mengatakan, lomba karya ilmiah kali ini bertema Inovasi Teknologi Pengendalian Sumber Daya Air untuk Menghadapi Perubahan.


    “Kota Bandung memang selalu jadi tuan rumah lomba ini. Tapi sudah tiga tahun terakhir, tidak pernah ada finalis atau peserta yang berasal dari Bandung. Kami rasa para siswa di kota ini terlalu sibuk menghadapi persiapan masuk perguruan tinggi negeri,” kata Ratna Hidayat, di Aula Pusair Jabar Jalan Ir. H Juanda Kota Bandung, Selasa (1/5).


    Panitia menjaring 10 finalis setelah melakukan seleksi terhadap 390 lebih peserta dari seluruh Indonesia. Di antaranya terdapat perwakilan siswa SMA dari Yogyakarta, Depok, Kendari, Semarang, Palembang, Pasuruan, Pacitan, Walisongo, Kudus, Tangerang Selatan, dan Sumatera Selatan.

    “Peserta lomba karya ilmiah ini kami seleksi dengan parameter kriteria bahasa, topik, tema, cara penulisan, ide yang menarik, dan up to date. Lomba ini sengaja diarahkan ke bentuk inovasi sumber daya air,” ujarnya.

    Menurut Ratna, para remaja dengan sangat mudah menghasilkan ide - ide segar karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Tidak heran, tiga di antara 10 finalis telah mampu menyajikan inovasi berbentuk pemanfaatan informasi teknologi (IT).


    “Berbeda sekali dengan tahun lalu. Para peserta kini lebih bebas berekspresi dengan merakit game dan animasi. Perangkat lunak tersebut tampak di minati masyarakat, terutama anak - anak untuk menyimak dan teredukasi,” jelasnya.


    Di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Robert Delinom, Kemendikbud Jabar Djuha Supriatna, dan Monica Raharti dari Surya Foundation, para finalis unjuk gigi melalui karya mereka.


    “Pemenang harus memenuhi kriteria tertentu yakni bisa menguasai materi, menyampaikan dengan baik, menguasai teknik, dan etika presentasi,” kata Ratna.


    Meski belum diputuskan sebagai juara, karya ilmiah berjudul Tetes Air Hujan Sebagai Sumber Energi dan Inovasi Sensor Cahaya Dengan Menangkap Sampah Di Perairan, karya peserta asal Kota Depok, cukup menarik perhatian para juri karena memiliki nilai orisinalitas tinggi.

    Tim asal Yogyakarta pun mampu menyita perhatian melalui karya berjudul Aplikasi IT untuk Media Pembelajaran dan Penanggulangan Banjir. “Kami terinspirasi adanya banjir lahar dingin akibat meletusnya Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Selain itu kami juga sangat menyukai main dan membuat game,” ujar Ezzat Chamudi siswa kelas XI SMAN 1 Yogyakarta.

    Dalam demonstrasinya game berbasis Macromedia Flash itu, pemain game dapat menggerakkan animasi dan mendapatkan pengarahan soal banjir dengan mengklik setiap pilihan dengan warna - warna menarik.
    “Karena aplikasi ini memakai animasi. Kami berusaha menyampaikan edukasi dan informasi soal banjir kepada masyarakat khususnya anak - anak,” jelasnya.



    Sumber : INILAH.com Media Cetak "Koran Jabar"
    Selengkapnya...

    Hebat! Air Seni bisa jadi Alternatif Bahan Bakar Mobil

    MALANG, Dua siswa kelas 11 SMA Negeri 10, Kota Malang, Jawa Timur, meraih medali emas di ajang kompetisi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) ke-6, di Tbilisi, Georgia, di bidang engineering. Di ajang tersebut tim SMAN 10 tersebut membawakan hasil penelitiannya bertema "Photoelectrosystem".


    Kedua siswa itu adalah Nurul Inayah (16), yang masih duduk di kelas 11, jurusan IPA I, dan Nando Novia, jurusan IPA II. Hasil penelitian mereka tersebut berupa energi alternatif untuk bahan bakar mobil.
    Nurul memaparkan, hasil penelitian mereka itu dikerjakan selama tiga bulan. Mereka memanfaatkan listrik tenaga surya dan mengubah air seni manusia atau urine menjadi hidrogen penghasil tenaga listrik untuk menggerakkan mobil. Mobil listrik bertenaga urine tersebut mempu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

    "Maksimal satu liter urine bisa menghasilkan listrik untuk melaju sejauh 17 kilometer," katanya.
    Adapun prinsip kerjanya, listrik bertenaga surya itu di simpan dalam baterai. Sebanyak 75 persen energi yang di simpan itu bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan motor. Sementara sisanya dapat digunakan dalam proses elektrolisasi.

    "Dengan alat elektrolizer tersebut elektrolit berupa urine mampu menghasilkan gas hidrogen dan nitrogen sebagai limbah yang dilepaskan ke udara," jelasnya.

    Selanjutnya, lanjut Nurul, adalah proses elektrolisasi. Ia mengatakan, untuk satu liter urine membutuhkan waktu selama 1,5 menit. Selain itu, urine yang digunakan hanya urine dari manusia sehat.
    "Yang punya penyakit tak bisa digunakan," ujarnya, sembari tersenyum.

    Alasannya, kata Nurul, kandungan unsur gula atau kimia lain dalam urine dapat mengganggu proses elektrolisasi.
    "Kita memilih urine karena proses elektrolisasinya lebih efisien, yaitu hanya membutuhkan daya 0,37 volt. Bandingkan dengan air yang membutuhkan listrik 1,2 volt," kata siswa kelahiran Pasuruan, 11 September 1995, ini.

    Adapun YIPO merupakan kompetisi internasional untuk para peneliti atau penemu muda. Ajang ini di gelar untuk meningkatkan visi dan ambisi kreativitas para ilmuwan muda di bidang Kimia, Biologi, Fisika, Ilmu Lingkungan, dan Teknologi Informasi.

    Tahun ini kompetisi dilaksanakan pada 27 - 29 April 2012 di Tbilisi, Georgia. IYIPO ke-6 ini diikuti oleh siswa dari 29 negara, di antaranya Macedonia, Malaysia, Mongolia, Nigeria, Pakistan, Afganistan, Albania, Austria, Azerbaijan, Banglades, Bosnia-Herzegovina, Kamerun, Estonia, Jerman, Indonesia, Irak, Pantai Gading, Kenya, Romania, Slowakia, Tajikistan, Tanzania, Thailand, Turki, Turkmenistan, Ukraina, Amerika Serikat, Vietnam, dan Jordania.



    Sumber : KOMPAS Online
    Selengkapnya...

    Telinga sebagai Alat Indra pada Manusia

    Telinga mempunyai reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan. Ada tiga bagian utama dari telinga manusia, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
    Telinga luar berfungsi menangkap getaran bunyi, dan telinga tengah meneruskan getaran dari telinga luar ke telinga dalam. Reseptor yang ada pada telinga dalam akan menerima rarigsang bunyi dan mengirimkannya berupa impuls ke otak untuk diol


    Susunan Telinga 

     

    Telinga tersusun atas tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

    • Telinga luar
    Telinga luar terdiri dari daun telinga, saluran luar, dan membran timpani (gendang telinga). Daun telinga manusia mempunyai bentuk yang khas, tetapi bentuk ini kurang mendukung fungsinya sebagai penangkap dan pengumpul getaran suara. Bentuk daun telinga yang sangat sesuai dengan fungsinya adalah daun telinga pada anjing dan kucing, yaitu tegak dan membentuk saluran menuju gendang telinga. Saluran luar yang dekat dengan lubang telinga dilengkapi dengan rambut-rambut halus yang menjaga agar benda asing tidak masuk, dan kelenjar lilin yang menjaga agar permukaan saluran luar dan gendang telinga tidak kering.
    • Telinga tengah
    Bagian ini merupakan rongga yang berisi udara untuk menjaga tekanan udara agar seimbang. Di dalamnya terdapat saluran Eustachio yang menghubungkan telinga tengah dengan faring. Rongga telinga tengah berhubungan dengan telinga luar melalui membran timpani. Hubungan telinga tengah dengan bagian telinga dalam melalui jendela oval dan jendela bundar yang keduanya dilapisi dengan membran yang transparan.
    Selain itu terdapat pula tiga tulang pendengaran yang tersusun seperti rantai yang menghubungkan gendang telinga dengan jendela oval. Ketiga tulang tersebut adalah tulang martil (maleus) menempel pada gendang telinga dan tulang landasan (inkus). Kedua tulang ini terikat erat oleh ligamentum sehingga mereka bergerak sebagai satu tulang. Tulang yang ketiga adalah tulang sanggurdi (stapes) yang berhubungan dengan jendela oval. Antara tulang landasan dan tulang sanggurdi terdapat sendi yang memungkinkan gerakan bebas.
    Fungsi rangkaian tulang dengar adalah untuk mengirimkan getaran suara dari gendang telinga (membran timpani) menyeberangi rongga telinga tengah ke jendela oval.
    • Telinga dalam
    Bagian ini mempunyai susunan yang rumit, terdiri dari labirin tulang dan labirin membran.
    Ada 5 bagian utama dari labirin membran, yaitu sebagai berikut.

    1. Tiga saluran setengah lingkaran
    2. Ampula
    3. Utrikulus
    4. Sakulus
    5. Koklea atau rumah siput
    Sakulus berhubungan dengan utrikulus melalui saluran sempit. Tiga saluran setengah lingkaran, ampula, utrikulus dan sakulus merupakan organ keseimbangan, dan keempatnya terdapat di dalam rongga vestibulum dari labirin tulang. Koklea mengandung organ Korti untuk pendengaran. Koklea terdiri dari tiga saluran yang sejajar, yaitu: saluran vestibulum yang berhubungan dengan jendela oval, saluran tengah dan saluran timpani yang berhubungan dengan jendela bundar, dan saluran (kanal) yang dipisahkan satu dengan lainnya oleh membran. Di antara saluran vestibulum dengan saluran tengah terdapat membran Reissner, sedangkan di antara saluran tengah dengan saluran timpani terdapat membran basiler. Dalam saluran tengah terdapat suatu tonjolan yang dikenal sebagai membran tektorial yang paralel dengan membran basiler dan ada di sepanjang koklea. Sel sensori untuk mendengar tersebar di permukaan membran basiler dan ujungnya berhadapan dengan membran tektorial. Dasar dari sel pendengar terletak pada membran basiler dan berhubungan dengan serabut saraf yang bergabung membentuk saraf pendengar. Bagian yang peka terhadap rangsang bunyi ini disebut organ Korti.

    Cara kerja indra pendengaran

    Gelombang bunyi yang masuk ke dalam telinga luar menggetarkan gendang telinga. Getaran ini akan diteruskan oleh ketiga tulang dengar ke jendela oval. Getaran Struktur koklea pada jendela oval diteruskan ke cairan limfa yang ada di dalam saluran vestibulum. Getaran cairan tadi akan menggerakkan membran Reissmer dan menggetarkan cairan limfa dalam saluran tengah. Perpindahan getaran cairan limfa di dalam saluran tengah menggerakkan membran basher yang dengan sendirinya akan menggetarkan cairan dalam saluran timpani. Perpindahan ini menyebabkan melebarnya membran pada jendela bundar. Getaran dengan frekuensi tertentu akan menggetarkan selaput - selaput basiler, yang akan menggerakkan sel-sel rambut ke atas dan ke bawah. Ketika rambut - rambut sel menyentuh membran tektorial, terjadilah rangsangan (impuls). Getaran membran tektorial dan membran basiler akan menekan sel sensori pada organ Korti dan kemudian menghasilkan impuls yang akan dikirim ke pusat pendengar di dalam otak melalui saraf pendengaran.

    Susunan dan Cara Kerja Alat Keseimbangan

    Bagian dari alat vestibulum atau alat keseimbangan berupa tiga saluran setengah lingkaran yang dilengkapi dengan organ ampula (kristal) dan organ keseimbangan yang ada di dalam utrikulus clan sakulus.
    Ujung dari setup saluran setengah lingkaran membesar dan disebut ampula yang berisi reseptor, sedangkan pangkalnya berhubungan dengan utrikulus yang menuju ke sakulus. Utrikulus maupun sakulus berisi reseptor keseimbangan. Alat keseimbangan yang ada di dalam ampula terdiri dari kelompok sel saraf sensori yang mempunyai rambut dalam tudung gelatin yang berbentuk kubah. Alat ini disebut kupula. Saluran semisirkular (saluran setengah lingkaran) peka terhadap gerakan kepala.
    Alat keseimbangan di dalam utrikulus dan sakulus terdiri dari sekelompok sel saraf yang ujungnya berupa rambut bebas yang melekat pada otolith, yaitu butiran natrium karbonat. Posisi kepala mengakibatkan desakan otolith pada rambut yang menimbulkan impuls yang akan dikirim ke otak.


    Source : www.crayonpedia.org

     

    Selengkapnya...

    Mata sebagai Alat Indra pada Manusia

    Mata mempunyai reseptor khusus untuk mengenali perubahan sinar dan warna. Sesungguhnya yang disebut mata bukanlah hanya bola mata, tetapi termasuk otot-otot penggerak bola mata, kotak mata (rongga tempat mata berada), kelopak, dan bulu mata.
    Bola mata mempunyai 3 lapis dinding yang mengelilingi rongga bola mata. Ketiga lapis dinding ini dari luar ke dalam adalah sebagai berikut:


    • Sklera
    Sklera merupakan jaringan ikat dengan serat yang kuat; berwarna putih buram (tidak tembus cahaya), kecuali di bagian depan bersifat transparan, disebut kornea. Konjungtiva adalah lapisan transparan yang melapisi kornea dan kelopak mata. Lapisan ini berfungsi melindungi bola mata dari gangguan.
    • Koroid
    Koroid berwarna coklat kehitaman sampai hitam; merupakan lapisan yang berisi banyak pembuluh darah yang memberi nutrisi dan oksigen terutama untuk retina. Warna gelap pada koroid berfungsi untuk mencegah refleksi (pemantulan sinar). Di bagian depan, koroid membentuk badan siliaris yang berlanjut ke depan membentuk iris yang berwarna. Di bagian depan iris bercelah membentuk pupil (anak mata). Melalui pupil sinar masuk. Iris berfungsi sebagai diafragma, yaitu pengontrol ukuran pupil untuk mengatur sinar yang masuk. Badan siliaris membentuk ligamentum yang berfungsi mengikat lensa mata. Kontraksi dan relaksasi dari otot badan siliaris akan mengatur cembung pipihnya lensa.
    • Retina
    Lapisan ini peka terhadap sinar. Pada seluruh bagian retina berhubungan dengan badan sel-sel saraf yang serabutnya membentuk urat saraf optik yang memanjang sampai ke otak. Bagian yang dilewati urat saraf optik tidak peka terhadap sinar dan daerah ini disebut bintik buta.
    Adanya lensa dan ligamentum pengikatnya menyebabkan rongga bola mata terbagi dua, yaitu bagian depan terletak di depan lensa berisi carian yang disebut aqueous humor dan bagian belakang terletak di belakang lensa berisi vitreous humor. Kedua cairan tersebut berfungsi menjaga lensa agar selalu dalam bentuk yang benar.
    Kotak mata pada tengkorak berfungsi melindungi bola mata dari kerusakan. Selaput transparan yang melapisi kornea dan bagian dalam kelopak mata disebut konjungtiva. Selaput ini peka terhadap iritasi. Konjungtiva penuh dengan pembuluh darah dan serabut saraf. Radang konjungtiva disebut konjungtivitis.
    Untuk mencegah kekeringan, konjungtiva dibasahi dengan cairan yang keluar dari kelenjar air mata (kelenjar lakrimal) yang terdapat di bawah alis.
    Air mata mengandung lendir, garam, dan antiseptik dalam jumlah kecil. Air mata berfungsi sebagai alat pelumas dan pencegah masuknya mikroorganisme ke dalam mata.

    Otot Mata

    Ada enam otot mata yang berfungsi memegang sklera. Empat di antaranya disebut otot rektus (rektus inferior, rektus superior, rektus eksternal, dan rektus internal). Otot rektus berfungsi menggerakkan bola mata ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah. Dua lainnya adalah otot obliq atas (superior) dan otot obliq bawah (inferior).

    Fungsi Mata

    Sinar yang masuk ke mata sebelum sampai di retina mengalami pembiasan lima kali yaitu waktu melalui konjungtiva, kornea, aqueus humor, lensa, dan vitreous humor. Pembiasan terbesar terjadi di kornea. Bagi mata normal, bayang-bayang benda akan jatuh pada bintik kuning, yaitu bagian yang paling peka terhadap sinar.

    Ada dua macam sel reseptor pada retina, yaitu sel kerucut (sel konus) dan sel batang (sel basilus). Sel konus berisi pigmen lembayung dan sel batang berisi pigmen ungu. Kedua macam pigmen akan terurai bila terkena sinar, terutama pigmen ungu yang terdapat pada sel batang. Oleh karena itu, pigmen pada sel basilus berfungsi untuk situasi kurang terang, sedangkan pigmen dari sel konus berfungsi lebih pada suasana terang yaitu untuk membedakan warna, makin ke tengah maka jumlah sel batang makin berkurang sehingga di daerah bintik kuning hanya ada sel konus saja.

    Pigmen ungu yang terdapat pada sel basilus disebut rodopsin, yaitu suatu senyawa protein dan vitamin A. Apabila terkena sinar, misalnya sinar matahari, maka rodopsin akan terurai menjadi protein dan vitamin A. Pembentukan kembali pigmen terjadi dalam keadaan gelap. Untuk pembentukan kembali memerlukan waktu yang disebut adaptasi gelap (disebut juga adaptasi rodopsin). Pada waktu adaptasi, mata sulit untuk melihat.

    Pigmen lembayung dari sel konus merupakan senyawa iodopsin yang merupakan gabungan antara retinin dan opsin. Ada tiga macam sel konus, yaitu sel yang peka terhadap warna merah, hijau, dan biru. Dengan ketiga macam sel konus tersebut mata dapat menangkap spektrum warna. Kerusakan salah satu sel konus akan menyebabkan buta warna.

    Jarak terdekat yang dapat dilihat dengan jelas disebut titik dekat (punctum proximum). Jarak terjauh saat benda tampak jelas tanpa kontraksi disebut titik jauh (punctum remotum). Jika kita sangat dekat dengan obyek maka cahaya yang masuk ke mata tampak seperti kerucut, sedangkan jika kita sangat jauh dari obyek, maka sudut kerucut cahaya yang masuk sangat kecil sehingga sinar tampak paralel. Lihat Gambar 11.18. Baik sinar dari obyek yang jauh maupun yang dekat harus direfraksikan (dibiaskan) untuk menghasilkan titik yang tajam pada retina agar obyek terlihat jelas. Pembiasan cahaya untuk menghasilkan penglihatan yang jelas disebut pemfokusan.

    Cahaya dibiaskan jika melewati konjungtiva kornea. Cahaya dari obyek yang dekat membutuhkan lebih banyak pembiasan untuk pemfokusan dibandingkan obyek yang jauh. Mata mamalia mampu mengubah derajat pembiasan dengan cara mengubah bentuk lensa. Cahaya dari obyek yang jauh difokuskan oleh lensa tipis panjang, sedangkan cahaya dari obyek yang dekat difokuskan dengan lensa yang tebal dan pendek. Perubahan bentuk lensa ini akibat kerja otot siliari. Saat melihat dekat, otot siliari berkontraksi sehingga memendekkan apertura yang mengelilingi lensa. Sebagai akibatnya lensa menebal dan pendek. Saat melihat jauh, otot siliari relaksasi sehingga apertura yang mengelilingi lensa membesar dan tegangan ligamen suspensor bertambah. Sebagai akibatnya ligamen suspensor mendorong lensa sehingga lensa memanjang dan pipih.Proses pemfokusan obyek pada jarak yang berbeda-berda disebut daya akomodasi.
    Cara kerja mata manusia pada dasarnya sama dengan cara kerja kamera, kecuali cara mengubah fokus lensa.

    Kelainan pada Mata

    Pada anak-anak, titik dekat mata bisa sangat pendek, kira-kira 9 cm untuk anak umur 11 tahun. Makin tua, jarak titik dekat makin panjang. Sekitar umur 40 tahun - 50 tahun terjadi perubahan yang menyolok, yaitu titik dekat mata sampai 50 cm, oleh karena itu memerlukan pertolongan kaca mata untuk membaca berupa kaca mata cembung (positif). Cacat mata seperti ini disebut presbiopi atau mata tua karena proses penuaan. Hal ini disebabkan karena elastisitas lensa berkurang. Penderita presbiopi dapat dibantu dengan lensa rangkap. Mata jauh dapat terjadi pada anak-anak; disebabkan bola mata terlalu pendek sehingga bayang-bayang jatuh di belakang retina. Cacat mata pada anak-anak seperti ini disebut hipermetropi.
    Miopi atau mata dekat adalah cacat mata yang disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina. Pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh, mereka hanya dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Untuk cacat seperti ini orang dapat ditolong dengan lensa cekung (negatif). Miopi biasa terjadi pada anak-anak.
    Astigmatisma merupakan kelainan yang disebabkan bola mata atau permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama, sehingga fokusnya tidak sama, akibatnya bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama. Untuk menolong orang yang cacat seperti ini dibuat lensa silindris, yaitu yang mempunyai beberapa fokus.
    Katarak adalah cacat mata, yaitu buramnya dan berkurang elastisitasnya lensa mata. Hal ini terjadi karena adanya pengapuran pada lensa. Pada orang yang terkena katarak pandangan menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang.
    Kelainan-kelainan mata yang lain adalah:
    1. Imeralopi (rabun senja): pada senja hari penderita menjadi rabun
    2. Xeroftalxni: kornea menjadi keying dan bersisik
    3. Keratomealasi: kornea menjadi putih dan rusak.
    Selengkapnya...

    10 Kesalahan Fatal LJK SNMPTN...!!!

    Barusan lagi browsing, eh ketemu postingan ini.. Karena penting, jadi copas aja.. semoga bermanfaat ya sobat pelajar !

    Sekitar 15% setiap tahunnya, dalam SNMPTN/SPMB terjadi kasus LJK tidak terbaca oleh komputer. Prosentase jumlah tersebut hamper sama dengan jumlah mahasiswa yang lulus SNMPTN/SPMB!
    Ini dia Top 10 Kesalahan yang menyebabkan LJK tidak terbaca oleh computer :

    1. Salah menulis nama

    Contoh : nama peserta berbed ketika mendaftar dan ketika mengikuti ujian. (X)
    Contoh yang salah
    Di formulir tertulis                                                           AURA [spasi] KASIH
    LJK Hari Ke-1 tertulis                                                       AURA[spasi] K
    LJK Hari Ke-2 tertulis                                                       A[spasi] KASIH

    2.  Salah menulis tanggal lahir
    Contoh : menulis tanggal waktu ujian pada kolom tanggal lahir. (X)

    3.  Lupa mengisi kode naskah soal/ salah mengisi kode naskah
    Contoh :  karena terburu-buru, jadi lupa menulis kode naskah soal (X)

    4.   Lupa menandatangani pernyataan
    Contoh : lembar jawaban akan sah dan dikoreksi, apabila peserta menandatangani LJK sesuai dengan petunjuk yang ada. (X)

    5.   Lupa menyalin ulang pernyataan kembali
    Contoh : perlu diingat untuk menyalin ulang kembali kolom pernyataan yang ada sesuai petunjuk yang telah di berikan. (X)

    6.   Salah mengisi kode program studi ( Ini SNMPTN sebelum 2011 )
    7.   Menghitamkan lingkaran tidak sampai hitam/kurang tebal
    8.   Mengisi lebih dari satu jawaban pada pertanyaan yang sama.
    9.   Tidak menggunakan pensil 2B
    10. Menghapus kurang bersih/LJK basah atau lecek

    Jika, Anda merasa melakukan kesalahan di atas jangan cepat panik, karena hasil akhir tetap Tuhan yang menentukan. Semoga Anda LULUS!




    * Aminn... semoga kita bisa lebih hati-hati dan tidak terjadi kesalahan. Sobat pelajar,..keep fighting >.<



    Sumber : www.celotehan-gue.blogspot.com
    Oleh : Ardhi Sukses Selengkapnya...

    Sabtu, 05 Mei 2012

    Tips Dan Trik 90% Lulus Ujian SNMPTN 2012. Penting Sekali Ini !!!

    Berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar bisa lulus pada Ujian SNMPTN 2012 yaitu:

    1. Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SNMPTN 2012

    Anda harus melakukan pengayaan materi termasuk strategi dalam menghadapi soal-soal SNMPTN nanti. Waktu harus dimanage sedemikian rupa agar pada saat SNMPTN anda betul-betul siap. Beberapa hal teknis yang dapat anda lakukan adalah :

    Menyusun jadwal belajar yang dapat anda lakukan dengan senang dan leluasa. Kalian bisa menyusun belajar sendiri, ikut privat, belajar kelompok atau ikut bimbel intensif persiapan SNMPTN 2012. Tingkatkan intensitas jadwal yang anda buat itu jika makin mendekati SNMPTN. Banyak berlatih soal, practise make perfect. Gunakan metode ST yaitu soal teori, maksudnya kalian berlatih mengerjakan soal kemudian pahami teori atau konsep dasarnya.

    Seminggu sekali lakukan koreksi terhadap program penjadwalan yang anda buat itu, bila perlu diubah, ketika anda sudah mulai tidak konsisten terhadap  jadwal belajar tersebut. Kumpulkan dan kerjakan sebanyak mungkin soal-soal tes SNMPTN dari berbagai rayon terutama yang terbaru yaitu SNMPTN 2011, agar kalian bisa memetakan soal SNMPTN itu seperti apa sih. Berdasarkan survei ternyata tipe soal yang diujikaan tes masuk PTN dari tahun ke tahun selalu berkisar pada pola dan hal yang sama. Terlebih 20% soal SNMPTN biasanya diambil dari soal-soal yang pernah muncul baik dari wilayah yang sama maupun lintas wilayah. Begitu juga cobalah untuk mengerjakan soal Ujian Mandiri PTN yang lain seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP UNPAD dan lain-lain yang sudah pernah dikeluarkan, pastikan tidak ada satu soal pun yang anda lewatkan.

    Kuasai dasar dan konsep matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Ingat konsep nya, mau sesulit apapun soalnya, kalo sudah dikuasai  konsep nya, Insya Allah bisa dan neglecting one of those subjects. Jangan mikir, “aku kuatin di matdas ah, fisika dikit aja.” Tiap mata pelajaran sangat esensial menentukan kelulusan mu dalam SNMPTN!

    Berlatih soal-soal tes potensi akademik. Kalau kalian melatih soal tes potensi akademik, maka kalian akan lebih siap karena sudah pernah menghadapi tipe tes seperti itu. Bandingkan dengan orang-orang yang beranggapan tes potensi akademik tergantung otak, maka dia cenderung tidak siap dan kesannya ‘pasrah’. Ingat menyiapkan lebih baik dari pada ‘pasrah’. Pastikan anda sudah melakukan persiapan tersebut dengan baik. Walaupun pada akhirnya nanti anda akan tetap menyesal, “ Mengapa saya tidak bisa berbuat lebih dan lebih baik lagi”.

    Ikuti try out. Try out memiliki manfaat yaitu untuk mengukur kemampuan dan evaluasi sejauh mana persiapan kalian dalam menghadapi SNMPTN ,  juga untuk membiasakan diri dengan suasana ujian SNMPTN sebenarnya.


    2. Sehari sebelum SNMPTN :

    Cek lokasi ujian termasuk ruang dan meja yang akan kalian gunakan besok.    Jangan   ambil resiko tidak melihat lokasi ujian. Bagi yang menggunakan kendaraan umum perkirakan waktu perjalanan agar tidak terlambat.

    Cek kelengkapan ujian, kartu ujian, pensil dan rautannya, penghapus dan lain-lain. Kalo bisa siapkan beberapa pensil yang sudah siap pakai, tidak perlu diraut saat ujian.
    Tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi dengan suasana dan kondisi segar.
    Sebelum tidur berdoalah pada Allah swt, semoga hari esok dipermudah segala sesuatunya.
    Jadikan hari ujian besok sebagai hari yang biasa-biasa saja dan bangun pagi-pagi seolah-olah tidak ada ujian.
    Minta doa restu kepada kedua orang tua kita.



    3. Pada saat pelaksanaan SNMPTN

    SNMPTN 2012 day 1 :

    Jangan sampai telat, lebih baik nunggu.
    Buat posisi duduk senyaman mungkin, hari pertama adalah tes  potensi akademik dan kemampuan dasar (matematika dasar, bahasa indonesia dan bahasa inggris). Perlu konsentrasi yang kuat.
    Dengarkan  instruksi panitia dengan benar-benar.
    Isilah LJK selengkap mungkin. Jangan lupa tulis nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya. Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat.
    Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
    Soal tes potensi akademik tahun 2009 sebanyak 55 soal sementara tahun 2010 dan 2011 sebanyak 75 soal dengan alokasi waktu 60 menit.
    Soal tes bidang studi dasar sebanyak 45 soal dengan alokasi waktu 60 menit. 45 soal terbagi ke dalam matematika dasar 15 soal, bahasa indonesia 15 soal dan bahasa inggris 15 soal.
    Jangan berkutik di satu soal, ingat waktu.
    Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.
    Sesudah ujian hari pertama, jangan langsung kalian bahas dengan teman-teman atau mendengarkan pembahasan di radio, surat kabar dan lain-lain. Biasanya jika kalian membahas ujian hari pertama dan ternyata jawaban kalian banyak yang salah, hal ini akan membuat kalian down, stress dan tidak semangat. Fokus saja pada ‘pertempuran’ hari kedua.

    SNMPTN 2012 day 2 :

    Datang lebih awal lagi ke lokasi ujian.
    Buat posisi duduk senyaman mungkin, hari kedua adalah tes bidang studi ipa (matematika ipa, Fisika, Kimia, Biologi).
    Sebelum mengerjakan soal, Anda diminta untuk meneliti kelengkapan nomor dalam berkas soal ini. Tes Bidang Studi IPA ini terdiri atas 60 soal dengan alokasi waktu 90 menit dari 4 bidang ilmu, yaitu Matematika Ipa 15 soal, Fisika 15 soal, Kimia 15 soal, dan Biologi 15 soal.
    Dengarkan  instruksi panitia dengan benar-benar. Bacalah dengan cermat aturan dan tata cara menjawab setiap tipe soal.
    Tulislah jawaban Anda pada lembar jawaban ujian yang tersedia sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
    Anda dapat menggunakan bagian yang kosong dalam berkas soal untuk keperluan corat-coret. Jangan menggunakan lembar jawaban ujian untuk keperluan corat-coret
    Isilah LJK selengkap mungkin. Nama, nomor peserta, kode soal, pilihan jurusan, menulis pernyataan dan lain sebagainya. Periksa kembali jangan sampai ada yang terlewati, LJK harus dalam keadaan bersih, tidak terlipat.
    Baca petunjuk umum dan petunjuk khusus di halaman depan berkas soal. Periksa jumlah soal.
    Setelah ujian selesai, Anda diminta tetap duduk sampai pengawas selesai mengumpulkan lembar jawaban ujian. Anda dipersilahkan keluar ruang setelah mendapat isyarat dari pangawas untuk meninggalkan ruang

    4.  Pasca hari H

    Anda telah menyelesaikan 2 hari yang menyenangkan. Setelah ujian hari kedua baru kalian boleh mendiskusikan, melihat kunci dan pembahasan soal SNMPTN 2012. Hal penting yang perlu anda persiapkan sambil menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN  adalah anda memfoto copy kartu ujian dan menyimpannya dengan baik. Persiapan, usaha dan do’a sudah kalian lakukan tinggal pasrahkan semuanya kepada Allah swt.

    Sukses Selalu Buat Anda.


    Keterangan--
    Sumber : soaltpasnmptn.com
    Oleh : Ardhi Sukses Selengkapnya...

    Beasiswa S-1 Perhotelan di Bali

    Bagi sobat pelajar yang tertarik untuk mendalami ilmu manajemen perhotelan, ada tawaran beasiswa menarik dari Stenden University di Bali, yang memiliki universitas induk di Belanda. Setiap lulusan dari universitas ini akan memiliki dua ijazah sekaligus yang berskala internasional.

    Syarat utama penerima beasiswa tersebut adalah pelajar asli Indonesia, menguasai bahasa Inggris, dan memiliki nilai akademik yang baik. Selain menyertakan nilai TOEFL dan IELTS, setiap pelamar juga diharuskan mengirimkan surat yang mendeskripsikan mengapa pelamar tertarik pada program beasiswa ini.

    Segera persiapkan kelengkapan dokumen dan kirimkan sebelum 22 Juni 2012. Pengumuman penerimaan akan dilakukan pada 27 Juli 2012. Info selengkapnya, kunjungi www.stenden.com  

    Source
    Selengkapnya...

    Kamis, 03 Mei 2012

    Download Modul TIK Gratis

    Bab 1--  Sistem Komputer : download
    BAB 2-- Program Pengolah Kata (Ms.Word)
    : download
    BAB 3 -- Sistem Jaringan dan Internet: download
    BAB 4 -- Program Pengolah Angka (Ms.Excel): download
    BAB 5-- Program Pengolah Grafis (Coreldraw): download
    BAB 6 -- Program Presentasi (Ms. Powpoint: download Selengkapnya...

    Gejala Kanker Paru-Paru, Diagnosis dan Pengobatan Kanker Paru-paru

    1. Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat
    2. Dahak berdarah, berubah warna, dan makin banyak
    3. Napas sesak dan pendek-pendek
    4.  Sakit kepala, nyeri, atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas
    5. Kelelahan kronis
    6. Kehilangan selera makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas
    7. Suara serak /parau
    8. Pembengkakan di wajah atau leher 

    DIAGNOSIS dan PENGOBATAN 

    Beberapa prosedur yang dapat memudahkan diagnosa kanker paru antara lain adalah foto X-Ray, CT Scan Toraks, Biopsi Jarum Halus, Bronkoskopi, dan USG Abdomen. Pengobatan kanker paru dapat dilakukan dengan cara-cara seperti: 
    • Pembedahan dengan membuang satu bagain dari paru - kadang melebihi dari tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker. 
    • Radioterapi atau radiasi dengan sinar-X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker. 
    • Kemoterapi 
    • Meminum obat oral dengan efek samping tertentu yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita.
    Selengkapnya...

    Ujian Masuk PTN Gratis!

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menghapus biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

    Menurut Mendikbud Muhammad Nuh, ujian masuk atau seleksi harus bebas dari biaya. Selama ini biaya yang dibebankan kepada peserta ujian masuk PTN bekisar antara Rp150 ribu hingga Rp175 ribu. Biaya itu dinilai terlalu membebani calon mahasiswa yang tidak mampu.

    "Bisa dibayangkan kalau anak-anak tidak mampu yang mau masuk harus bayar ratusan ribu, itu hambatan tersendiri. Karena itu, biaya masuk ke perguruan tinggi ke depan harus dibebaskan agar siapa pun bisa ikut tes. Urusan lulus atau tidak, itu urusan lain. Itu jadi urusan kemampuan akademis calon mahasiswa," katanya di Makassar, akhir pekan lalu.

    Namun, sebelum memberlakukan aturan itu, Kemendikbud harus menunggu disahkannya rancangan undang-undang (RUU) Perguruan Tinggi (PT). Hingga saat ini, RUU PT tersebut masih dibahas di DPR RI. Pemerintah dan DPR telah memberikan bantuan operasional 2,5 persen anggaran fungsi pendidikan yang akan dialokasikan kepada PTN. Bantuan PTN sama dengan bantuan operasional sekolah (BOS) di SMP, SMA, dan SMK, yang digunakan membeli kertas, alat kebersihan, dan bahan praktikum. Dalam RUU PTN diusulkan minimal 20 persen dari kuota PTN adalah mahasiswa yang terbatas ekonominya.

    Kebijakan ini adalah penyempurnaan program sama yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 66/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. "Skenario kedua, bisa jadi diterima, tapi membiayai kuliah dan hidupnya harus bayar. Itulah yang membuat kami di RUU mengusulkan minimal 20 persen PTN harus menerima mahasiswa yang terbatas ekonominya. Sebelum RUU sekarang, kami sudah lakukan lewat PP No 66," paparnya.
    Muhammad Nuh mengemukakan, pemerintah telah berkomitmen memperluas kemudahan akses pendidikan dengan dua metode, yakni ketersediaan dan keterjangkauan. Ketersediaan adalah membangun sarana, termasuk PTN di seluruh provinsi. Sementara keterjangkauan adalah menekan biaya yang selama ini dibebankan masing-masing PTN.

    "Perguruan tinggi ada, tapi tidak terjangkau sehingga banyak anak-anak kita tidak bisa masuk. Mereka tidak bisa beli karena tidak terjangkau," ucapnya.

    Selama ini dengan berpedoman pada PP No 66, pemerintah telah meringankan beban bagi puluhan ribu mahasiswa lewat pemberian beasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu. (supyan umar/koran si)(//rfa)


    Sumber : http://kampus.okezone.com
    Selengkapnya...

    Pendaftaran SNMPTN Dibuka 10-31 Mei 2012

    Kamu yang berencana mengikuti Jalur Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya segera bersiap. Sebab, pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 dibuka pada 10-31 Mei 2012.

    Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panita Lokal (Panlok) Bandung Asep Gana menyebutkan, proses pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 tidak jauh berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, yakni dengan melalui pendaftaran online di website www.snmptn.ac.id. Persyaratan pendaftaran SNMPTN di antaranya telah lulus ujian nasional (UN) SMA dan sederajat tahun 2010, 2011, 2012.

    Asep menjelaskan, SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, lewat jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik yang sudah dibuka 1-8 Maret 2012. Kedua, lewat jalur ujian tulis dan atau keterampilan. Jalur ini disebut juga jalur reguler.

    "Biaya ujian tulis dan keterampilan juga tidak naik. Untuk kelompok ujian IPA atau IPS Rp150 ribu, untuk  Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) Rp175 ribu, dan biaya ujian keterampilan Rp150 ribu," kata Asep dalam jumpa pers SNMPTN 2012 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Senin (30/4/2012).

    Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri Mandiri baik melalui ATM, loket kantor cabang, SMS banking, maupun internet banking ketika pendaftaran secara online. Saat pembayaran, tanggal lahir calon pendaftar akan menjadi identitas.

    "Calon akan menerima Tanda Bukti Pembayaran yang berisi Kode Akses Pendaftaran dan PIN," Asep mengimbuhkan.

    Sementara, calon pelamar Bidik Misi harus melakukan pendaftaran lebih dahulu melalui laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/. Dan bagi penyandang tunanetra atau low vision akan dipandu petugas khusus dari Panlok SNMPTN.

    Ujian Tulis SNMPTN 2012 akan digelar pada 12-13 Juni 2012. Pada hari pertama, ujian digelar pukul 07.30-11.00 WIB. Peserta SNMPTN akan mengerjakan soal-soal tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi dasar yakni matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ujian hari kedua juga digelar pukul 07.30-11.00 WIB meliputi tes bidang studi IPA (Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika), dan tes bidang studi IPS (Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi).

    Ujian keterampilan SNMPTN dilangsungkan pada 14 dan atau 15 Juni 2012 di PTN sebagaimana tercantum di kartu peserta ujian. Sementara pengumuman hasil ujian tulis SNMPTN dilakukan 7 Juli 2012. "Sekarang pengumuman hasil maju satu minggu, dulu awal Agustus," sebutnya.

    Informasi lebih rinci bisa kamu dapatkan di laman www.snmptn.ac.id, ujian.snmptn.ac.id, halo.snmptn.ac.id, twitter SNMPTN: @snmptn2012; atau datang langsung ke panitia pelaksana SNMPTN 2012 Gedung Rektorat ITB Lantai 4 Jalan Tamansari, Bandung.(rfa)


    Sumber : http://kampus.okezone.com
    Selengkapnya...

    Siswa SMP, Coba Beasiswa ke Singapura Ini!

    The ASEAN Scholarships for Indonesia atau beasiswa ASEAN untuk Indonesia yang berasal dari Departemen Pendidikan Singapura memberikan kesempatan kepada para pelajar SMP Indonesia untuk meraih kesempatan menempuh studi di negara tersebut. Beasiswa ini telah dipertahankan selama 4 tahun dan sudah mendapat penghargaan dari General Certificate of Education  Advanced (GCEA) di Singapore-Cambridge.  Kandidat yang terpilih akan dipertimbangkan untuk mendapatakan pernghargaan Merit Award.

    Persyaratan
    1. Warga negara Indonesia;
    2. Lahir pada tahun 1996-1998;
    3. Duduk dibangku SMP kelas 3 tahun 2012 yang  telah mengikuti ujian akhir nasional dan mendapatkan nilai baik.

    Ingat tanggal-tanggal ini!
    Tanggal yang diberikan di bawah ini bersifat sementara dan bisa berubah:
    1. Batas aplikasi: Juni-Juli 2012
    2. Seleksi tes: Agustus 2012
    3. Seleksi wawancara: September 2012
    4. Penghargaan Beasiswa: Oktober 2012
    5. Waktu kedatangam: November 2012.

    Kandidat yang terpilih pada seleksi wawancara akan diberitahukan seminggu sebelum seleksi wawancara. Tes dan wawancara akan dilakukan di daerah-daerah berikut ini:
    1. Jakarta
    2. Medan
    3. Surabaya
    4. Singapura

    Catatan: Medan, Surabaya dan Singapura dapat digunakan sebagai tes/wawancara pusat jika ada calon yang cukup.

    Syarat dan Ketentuan
    Kandidat terpilih akan mendapatkan akomodasi berikut:
    1. Menerima uang sebesar 2.200 dolar Singapura (secondary) / 2.400 dolar Singapura (Pre-University) per tahun dengan akomodasi hostel;
    2. Uang menetap sebesar 400 dolar Singapura (hanya sekali);
    3. Mendapat tiket pesawat kelas ekonomi pulang-pergi ke Singapura;
    4. Mendapatkan surat pembebasan biaya sekolah (tidak termasuk biaya lain);
    5. Mendapatkan surat pernyataan pembebasan tuntutan dari GCE O-Level dan A-Level untuk biaya ujian (hanya sekali, jika berlaku);
    6. Mendapatkan subsidi perawatan medis dan asuransi kecelakaan;
    7. Mengikuti kursus di Singapura (sebelum dimulai, jika ada);
    8. Tidak ada ikatan mendapat beasiswa lain.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs web www.moe.gov.sg


    Sumber : http://edukasi.kompas.com
    Selengkapnya...