TIK


THE DEFINITION OF ICT
PENGERTIAN TIK

TEKNOLOGI / TECHNOLOGY
Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.
Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah teknologi.
Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.           

1.      Menurut Eric Deeson, Harper Collins Publishers, Dictionary of Information Technology, Glasgow,UK,1991
“Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.”
Here handling includes transfer. Processing, storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole”

Dari penjelasan di atas : TI adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didifinisikan secara lebih khusus.
  1. Information Technology in the National Curriculum, England and Wales, 1995
            Information technology (IT) capability is characterized by an ability to use effectively IT tools an information source to analyse, process an present information, and to model, measure an control external events.

This Involve :
· Using information sourcxes and IT tools to solve problems
· Using it tools and information source, sich as computer systems and software packages, to support learning in variety contexts;
· Understanding the implication of IT for working life and society.
Pupils should be given opportunities, where appropriate, to develop and apply their IT capability in their study of National Curriculum subjects
.”
Dari penjelasan di atas : nampaknya terdapat acuan kemampuan TIK yang hendak dicapai dan system nilai dalam bekerja pada kehidupan sehari-hari yang hendak dibelajarkan, seperti nilai apa yang perlu dikembangkan dalam suatu system social masyarakat berkenaan dengan kemampuan menggunakan TIK.

3.         Menurut Puskur Diknas Indonesia th …..
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
                        i. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal
                           yang berkaitan dengan proses, penggunaan
                           sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
                           informasi.
                       
ii. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang
                            berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
                            memproses dan mentransfer data dari
                            perangkat yang satu ke lainnya.


b. Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
TIK adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media

  1. Menurut Anatta Sannai, Jakarta Indonesia, 2004
            Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain.

  1. Eddy Harianto [February 19, 2008]
Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap terhadap penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpanannya.

PERALATAN TIK

Perkembangan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Komputer
Setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara dapat dikategorikan sebagai komputer. Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya komputer dapat dibagi menjadi dua(2) bagian yaitu hardware
dan software.
Komputer merupakan alat elektronik yang mampu menerima input berupa data dan mengolah data tersebut sehingga menghasilkan output yang berupa informasi.

Hardware yang dipersiapkan untuk komputer
A. Casing
Casing merupakan tempat yang dipergunakan untuk meletakkan komponen komputer agar komputer dapat bekerja.

B. Motherboard
Motherboard merupakan rangkaian komponen elktronik utama pada sebuah komputer.

C. Memori
Kecepatan komputer disamping ditentukan oleh kecepatan CPU juga ditentukan oleh kecepatan memori yang digunakan.


D. Processor
Kecepatan, kehandalan, stabilitas, kredibilitas dari komputer sangat ditentukan oleh prosessor yang digunakan. Fungsi dari prosessor ini diantaranya yaitu untuk mengendalikan seluruh komponen dalam komputer dan melakukan operasi – operasi perhitungan aritmatika.

E. Kartu Grafis ( VGA Card )
Kartu grafis ini dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan.

F. Kartu Suara ( Sound Card )
Kartu suara dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan speaker dan microphone yang digunakan.

G. Hardisk
Hardisk dalam computer dipergunakan untuk menyimpan data dan program yang terinstal dalam komputer.

Bagian – bagian dari hardisk diantaranya yaitu :
1) Plate
Bagian yang menyimpan data. Bagian ini berbentuk piringan yang dilapisi dengan bahan magnetic sehingga mampu menyimpan data.
2) Read Write Head
Sebuah mekanisme yang bertugas membaca dan menulis data dari atau kepiringan hardisk.
3) Access Arm
Sebuah tungkai yang memegang head. Tungkai ini menggerakan head keseluruh permukaan piringan.
4) Drive Motor
Sebuah motor yang menggerakan piringan hardisk pada porosnya. Motor inilah yang menentukan kecepatan piringan hardisk.
H. Disk Drive
Disk drive dipergunakan sebagai tempat untuk floppy disk, sehingga floppy disk tersebut dapat terdeteksi oleh komputer. Disk drive terdapat dua jenis, yaitu disk drive yang dipergunakan untuk tempat floppy disk yang berukuran 5.25 inci dan berukuran 3.5 inci.

I.Keyboard
Keyboard dipergunakan untuk memasukan data yang dapat mengubah huruf, angka atau kode lain menjadi isyarat listrik sehingga dapat diproses oleh komputer.

J. Mouse
Mouse adalah piranti penunjuk yang dipergunakan pada program aplikasi grafis. Mouse digunakan untuk menunjuk objek yang ditampilkan pada layar monitor.

K. Monitor
Monitor dipergunakan untuk menampilkan gambar yang dihasilkan proses komputer.

L. CD Room Drive
CD room drive dipergunakan sebagai tempat dari CD sehingga dapat dibaca oleh komputer.

1.INTERNET

a.Definisi

Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

b.Cara Memakai

Buka Mozilla atau browser lainnya , kutipkan alamat website yang dicari di kotak (Address) lalu mulai memakainya.

c.Guna Dari Internet

Bisa mencari semua informasi,hiburan,maupun berita aktual dan lainnya.Lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan BUKU.

  1. TELEPON

a.Definisi

Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, massachusets, pada tahun 1876. Tetapi, penemu italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.

b.Cara Memakai

Tekan (nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara ,setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT.Jika orang yang anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba lagi,cukup menutup telepon lalu tekan REDIAL).

c.Guna Dari Telepon

Berbicara dengan orang yang tempatnya jauh dari diri kita(beda rumah/beda keberadaan).

  1. HANDPHONE (Telepon Genggam)

a.Definisi

Telepon genggam, biasanya disebut juga dengan cellular.Merupakan pengembangan teknologi telepon, dimana perangkatnya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mobile atau berpindah-pindah

b.Cara Memakai

Pertama-tama isi pulsa ,baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman anda atau yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol (gambar telepon berwarna merah ,ditutup).

c.Guna Dari Handphone(Telepon Genggam)
Sama dengan telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya.

  1. FAX

a.Definisi

Disingkat dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet (yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP.

b.Cara Menggunakan

Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan terkirim.

c.Guna Dari Fax

Mengirim dokumen dari suatu negeri ke negeri lainnya.

  1. PAGER.

a.Definisi

Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS.

b.Cara Menggunakan

Tekan nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan pada yang anda kirimkan.

c.Guna Dari pager

Mengirimkan SMS kepada orang yang kita tuju dengan cepat dan lebih praktis.

6.PUSH TO TALK

a.Definisi

Alat bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil.Pembicara yg memakainya harus bergantian dengan lawan bicaranya ,misal:si A berbicara lalu berhenti, si B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya 1 PTT bisa dipakai dengan berbanyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara SECARA BERGANTIAN.

b.Cara Memakainya
Si A berbicara lalu berhenti,Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya,begitu juga dengan si c,d,e,f,dan lainnya.


TIPS MERAWAT KOMPUTER DENGAN BAIK 

Sebagian besar dunia bisnis maupun perseorangan bergantung pada
keberadaan komputer. Komputer saat ini bukan lagi menjadi barang mewah,
dan meskipun komputer adalah barang berteknologi tinggi tetapi untuk
membelinya sudah tidak harus / meskipun boleh saja didampingi ahlinya.
Para penjual/vendor komputer/peripheral pun hanya menjual dan
tidak/belum ada/atau saya belum tahu penjual/vendor yang menyertai
penjualan dengan tip-tip perawatan (mungkin untuk perangkat keras ada).
Adalah sudah waktunya bagi pemilik/pengguna komputer untuk mencoba
membiasakan beberapa langkah perawatan yang dapat mencegah komputer
kita bermasalah.
Yang pertama dan paling penting adalah kita harus siap bahwa
kemungkinan terjadinya kerusakan atau ketidaknormalan kinerja komputer
mungkin saja terjadi. Dengan membaca artike ini berarti anda sudah
melakukan langkah pertama pada rencana pencegahan/perbaikan/perawatan
komputer anda.
13 tips perawatan komputer :
  1. Jangan pernah mematikan komputer dengan menekan tombol power
    sebelum OS/Windows benar-benar telah mati dan harddisk sudah tidak
    bekerja ( lampu indikator harddisk sudah tidak berkedip).Mematikan
    komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti
    akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows, lakukan
    hanya bila terpaksa. Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah
    kerusakan fisik harddisk akibat head mengenai permukaan harddisk.Jika
    mungkin, lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl + Alt + Delete
    secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.
  2. Belilah UPS (uninteruptable power supply). UPS mencegah komputer
    dari kerusakan yang disebabkan tegangan berlebih/berkurang. Pada saat
    listrik mati berarti komputer dimatikan tidak sesuai prosedur dan
    akibatnya ada pada point 1.
  3. Backup, backup, backup, jangan tunggu hingga besok. Lakukan backup
    data yang penting ke eksternal storage misalnya floppy disk ( masih ada
    gak ya yang pakai )) , Zip Drive, CD-RW, DVD-RW dan lainnya.
  4. Lakukan Scandisk dan Defragmentasi setiap sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive tetap sehat dan mencegak kerusakan.
  5. Jangan pernah mencabut peripheral dari komputer jika komputer dalam
    keadaan menyala. Hal ini akan merusak soket atau motherboard.
    Pengecualian adalan untuk peripheral yang “hot pluggable” misalnya USB
    drive. Jika tidak mengerti apakah suatu peripheral “hot pluggable” maka
    ingatlah point 5 ini.
  6. Sediakan minimal 100 MB dari C: drive atau drive sistem free
    (Windows). JIka anda gunakan Windows Me atau Windows XP maka sediakan
    200 MB. Jika tidak cukup tempat untuk area kerja Windows maka akan
    memaksa windows untuk melakukan dumping data ke harddisk anda dan akan
    menyebabkan komputer bekerja sangat lambat.
  7. Jangan terlalu banyak program yang dijalankan pada saat computer
    mulai bekerja. Program ini dapat dilihat pada status bar dikanan bawan
    layer dan program-program ini menggunakan memori dan Windows Resources
    (Windows internal workspace). Jalankan hanya program yang digunakan
  8. Lakukan scan virus secara berkala .
  9. Gunakan firewall jika anda terhubung ke internet. Firewall mencegah computer anda dari akses yang tidak diinginkan.
  10. Simpan dengan baik cd yang anda peroleh ketika membeli computer
    dan peripheralnya. Disk-disk ini berisi driver dan program yang sesuai
    untuk computer anda ketika anda perlu untuk menginstall ulang. Simpan
    ditempat yang aman, kering.
  11. Check MSconfig pada startupnya, pilihlah program antivirus saja, yang lainnya disable, sedangkan pada servicesnya uncheck yang bukan program penting.
  12. Backup Registry Windows Anda, registry windows sering terkena virus, sehingga ketika komputer Anda terkena virus, Anda bisa mengembalikan registrynya seperti semula lagi.
  13. Jangan pernah menaruh Laptop di atas permukaan yang empuk, seperti kasur, karena mengurangi jalur perputaran angin dari Fan Procesor, dan juga jangan langsung memasukan laptop yang barusan dipakai kedalam tas, hal ini akan menyebabkan panas yang stagnasi sehingga body dan board menjadi panas seketika dan tentunya akan menyebabkan kerusakan pada komponen elektro seperti IC southbridge atau Northbridgenya.
 


Selengkapnya...