Sabtu, 04 Februari 2012

Vakuola

Sebuah vakuola adalah membran terikat organel yang hadir di semua pabrik dan jamur sel dan beberapa protista, hewan danbakteri sel. Vakuola dasarnya kompartemen tertutup yang diisi dengan air yang mengandung molekul anorganik dan organik termasuk enzim dalam larutan, meskipun dalam kasus-kasus tertentu mereka mungkin mengandung padatan yang telah ditelan.

Vakuola dibentuk oleh perpaduan dari beberapa membran vesikuladan hanya lebih besar secara efektif bentuk-bentuk ini.Organel tidak memiliki bentuk dasar atau ukuran, struktur yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan sel. Fungsi dan pentingnya vakuola sangat bervariasi sesuai dengan jenis sel di mana mereka hadir, memiliki keunggulan jauh lebih besar dalam sel-sel tanaman, jamur dan protista tertentu dibandingkan dengan hewan dan bakteri. 

Secara umum, fungsi vakuola antara lain: 
 Mengisolasi bahan yang mungkin berbahaya atau ancaman terhadap sel 
 Mengandung produk limbah 
 Mempertahankan internal tekanan hidrostatik atau turgor dalam sel 
 Menjaga asam internal pH 
 Mengandung molekul-molekul kecil 
 Mengekspor zat yang tidak diinginkan dari sel 
 Memungkinkan tanaman untuk mendukung struktur seperti daun dan bunga karena tekanan dari pusat vakuola.

Vakuola juga memainkan peran penting dalam autophagy, menjaga keseimbangan antara biogenesis (produksi) dan degradasi (atau omset), banyak zat dan struktur sel pada organisme tertentu.Mereka juga membantu dalam penghancuran menyerang bakteriatau protein yang gagal melipat yang mulai membangun dalam sel.Dalam protista, vakuola memiliki fungsi tambahan menyimpan makanan yang telah diserap oleh organisme, dan membantu dalam proses pengelolaan limbah dan pencernaan bagi sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar