Kamis, 22 Maret 2012

Spektrum Gelombang

Radar, telepon genggam, radio, televisi dan lain-lain bekerja dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Cahaya yang dapat kita lihat juga bagian dari gelombang elektromagnetik, namun terdapat jenis-jenis gelombang elektromagnetik lain yang tidak dapat kita lihat. Keseluruhan gelombang elektromagnetik ini memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda dan tersususn dalam suatu spektrum elektromagnetik.



 - SINAR GAMMA Sinar gamma diproduksi dari proses radioaktif. Sinar ini memiliki panjang gelombang pendek, frekuensi tinggi, dan pembawa energi yang sangat besar. sinar gamma berbahaya karena dapat menimbulkan kanker pada tubuh manusia dan hewan.

 - SINAR-X Sinar X adalah gelombang elektromagnetik berenergi tinggi yang dapat menembus daging namun tidak dapat menembus tulang. Sinar X dimanfaatkan untuk memeriksa susunan rangka tubuh. Dalam dosis tinggi, sinar X dapat membahayakan manusia.

 - SINAR UV (ULTRA VIOLET) Gelombang tak terlihat ini sedikit lebih pendek dari sinar ungu yang terlihat dan membawa lebih banyak energi. Kacamata hitam dan tabir surya digunakan untuk melindungi tubuh dari sinar ini.

- SINAR INFRAMERAH Panjang gelombang sinar inframerah sedikit lebih panjang dari cahaya merah. kita tidak dapat melihat gelombang inframerah, namun dapat merasakan dalam bentuk radiasi panas. Energi panas yang dipindahkan secara radiasi dibawa oleh gelombang inframerah.

 - RADAR Radar adalah metode menemukan pesawat terbang atau kapal laut dengan menggunakan gelombang mikro. Gelombang dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak ini dimanfaatkan juga untuk memasak.

 - GELOMBANG RADIO Gelombang Radio memiliki panjang gelombang terpanjang. Gelombang ini dimanfaatkan manusia untuk penyiaran TV dan Radio. Gelombang radio dari ruang angkasa ditangkap dengan teleskop dan digunakan untuk mempelajari angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar