Science

Loading...

Sabtu, 14 April 2012

New Event: GEBYAR SUMBAR EXPO BIDANG PENDIDIKAN

I. Pendahuluan

Perkembangan pendidikan di Indonesia dan di Sumatera Barat khususnya ditandai dengan semakin meningkatnya akses pendidikan melalui berbagai media pendidikan. Teknologi informasi di bidang pendidikan adalah satu-satunya yang cepat mengakses perkembangan ilmu pengetahuan bagi pembelajar.  

Oleh karena itu, guna menjangkau ke seluruh pelosok negeri pemerintah telah memprogram berbagai media informasi seperti TV edukasi, Jardiknas, pustaka digital dan lain-lain. Hal ini merupakan perwujudan dari amanat Undang-Undang Dasar 1945.

Tindak lanjut dari undang-undang tersebut, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidkkan Provinsi Sumatera Barat memprogramkan ke dalam beberapa kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah Gebyar Sumbar Expo Bidang Pendidikan yang pelaksanaannya diawali pada tahun 2012 ini.

Pelaksanaan ini merupakan bagian integral dari satuan pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA dan Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus yang ada di Sumatera Barat. Karena kegiatan ini sebagai sarana promosi dan kompetisi bagi Kab/Kota untuk menginformasikan mengenai kemajuan dan perkembangan di masing-masing daerah, maka peserta yang dikirim adalah peserta  yang mewakili daerahnya untuk tampil sebagai terbaik.

Ke depan, ajang kreatifitas di bidang pendidikan ini dapat memacu perkembangan pendidikan dalam bentuk inovasi-inovasi pembelajaran, media pembelajaran, penelitian-penelitian dan lain sebagainya yang bisa diakses dengan cepat dan efektif melalui internet dengan mempertimbangkan dan memasukkan nilai-nilai karakter budaya bangsa.

II. Tujuan, Dasar, dan Sasaran Kegiatan

A. Tujuan

Tujuan Umum

Secara umum tujuan dari Gebyar Sumbar Expo ini adalah mengoptimalkan kinerja lembaga melalui informasi perkembangan pendidikan di Provinsi Sumatera Barat.

Tujuan Khusus

Secara khusus tujuan dari Gebyar Sumbar Expo ini adalah:
Menyamakan persepsi visi dan misi pendidikan secara  integral melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat tentang teknologi komunikasi pendidikan.
Menginformasikan kepada masyarakat tentang perkembangan mutu pendidikan di Sumatera Barat.
Meningkatkan kompetensi lembaga dan pembelajar untuk tampil sebagai yang terbaik dalam ajang promosi dan kompetisi bagi Dinas kabupaten/Kota serta sekolah yang mempunyai keunggulan di bidang masing-masing.
Meningkatkan khasanah dalam menyusun program dan kegiatan pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.
Memperluas jangkauan pendidikan baik dibidang pembelajaran maupun pemanfaatan media teknologi pendidikan.

B. Dasar  Kegiatan
Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
Undang-Undang No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
Peraturan No.22,23,24 tahun 2006 tentang Standar isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Petunjuk Pelaksanaan Permendiknas No.22,23 tahun 2006
Permendiknas No.20 tahun 2007 tentang standar Penilaian
Permendiknas No.41 tahun 2007 tentang Standar Proses
Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Penetapan Gubernur No.54 Tahun 2009 tentang Organisasi dan tata kerja unit pelaksana teknis Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.
Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2007 tantang Pengelolaan Keuangan Daerah.
Keputusan Gubernur Sumatera Barat No. 030-82-2012 tentang Penunjukan Pegawai Negeri Sipil sebagai Pengguna Anggaran/Barang, Penandatangan SPM, Kuasa Pengguna Anggaran/Barang, Pejabat yang Mensahkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ), Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran Pembantu dan Penyimpanan Barang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012.
Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Nomor: 800/115/KPTS/2012 tentang Penunjukkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Pembantu Keuangan (PK) Kegiatan APBD tahun Anggaran 2012 di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

C. Sasaran

Sasaran dari kegiatan Gebyar Sumbar Expo Bidang Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012  adalah:
Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini adalah bagian Bidang-bidang dan UPT dilingkungan Dinas Pendidkan Provinsi Sumatera Barat dalam upaya mengoptimalkan teknologi komunikasi dan informasi.
Dinas Kab/Kota di Sumatera Barat sebagai bagian integral dari implementasi program dan kegiatan dinas pendidikan dalam upaya mengembangkan teknologi komunikasi pendidikan.
Sekolah-sekolah dari setiap jenjang pendidikan di dinas kab/kota se Sumatera Barat.
Pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan siswa-siswa
Masyarakat luas

III. Materi Kegiatan

LOMBA DAN SEMINAR


Pameran diisi dengan hasil pendidikan (ICT, Buku-buku, profil dll)
Lomba pidato temanya tentang “Dampak dan manfaat  perkembangan teknologi pendidikan saat ini”.
Lomba Debat Bahasa Inggris tema”Pendayagunaan teknologi pendidikan dalam upaya pembinaan karakter budaya bangsa”.
Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT kriterianya adalah User Intervice (kemudahan bagi pengguna), Interaktifitas (punya nilai interaktif yang tinggi), dan Conten (Isi berbobot atau tidak).
Seminar dengan tema” Pendayagunaan TIK untuk Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sumatera Barat”
Tampilan kesenian tradisional khas Sumatera Barat.
Nara Sumber dan Juri:
DPRD (Komisi IV)
Pakar dari Kapustekkom
Perguruan Tinggi

IV. Panitia

Penanggung jawab          : Drs. Syamsulrizal, MM         (Kadisdik Sumbar)
Ketua                             : Drs. Nasmeri, M.Pd (Sekretaris Disdik)
Sekretaris                       : Drs. Syahril B (Ka. Baltekkomdik)
Bendahara                      : Drs. Alkabri (Staf Baltekkomdik)
Koordinator Lomba

Pidato Bahasa Inggris: Drs. Bustavidia, MM (Kabid Dikdas)Anggota: - M. Zakri, S.Pd. M.M (Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikdas)-  Afrizal, S.Sos. MM (Staf Baltekkom)

Koordinator Lomba Debat Bahasa Inggris: Drs. Muliardi, M.Si (Kabid Dikmen) Anggota: - Drs. Wandra Ilyas, M.Pd (Kasi    Kurikulum &Kesiswaan) -  Drs. Nuzwir, M.Pd (Kasubag TU Baltekkom)

Koordinator Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT  : Drs. Yunirwan, M.Pd (Kabid PNFI) Anggota: -  Ibrahim, SH (Kasi PNFI) -   Yulietty, SE  (Staf Baltekkom)

Koordinator Pameran   :  Drs. Jhony Nurdin, MM (Kabid PAUD & PK-PLK) Wakil Koordinator:  Yunasril, SH, MM (Kasubag Umum) Anggota: -  Jumaidi, S.Pd (Kasi PP. Baltekomdik) -  Desmediani, SH (Staf Baltekkom)Koordinator Kesenian: Drs.H. Indra Irwan, M.Pd (Ka. BPKB) Anggota:  - Tarmizi, S.Pd (Staf Baltekkom)-  Yanuardi, ST (Staf Baltekkom)

Koordinator Seminar: Drs. Syafruddin Abbas, M.Pd (Ka. BLPT) Anggota       :  -  Zairul, S.Sos (Kasi Pemanfaatan Media) -   Ultra Maswira (Staf Baltekkomdik)

V. Peserta

Peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris adalah siswa SLTP sederajat dari Kab/Kota sebanyak 1 (satu) orang
Peserta debat bahasa Inggris adalah siswa SMA/SMK sederajat dari kab/kota sebanyak  1( satu) orang
Peserta lomba pembuatan Media pembelajaran berbasis ICT adalah guru MIPA SMP atau SMA/SMK MIPA  sederajat dari kab/kota (sifatnya terbuka).
 Peserta Pameran dari 19 Kab/Kota,  Dinas Pendidikan, Perguruan tinggi atau swasta yang bergerak di bidang pendidikan
Peserta tim kesenian dari tiap kab/kota menampilkan satu kesenian tradisional.
Peserta seminar adalah guru SMP atau SMA/SMK yang tergabung dalam MGMP  MIPA 2 orang tiap kab/kota dan 12 orang MGMP MIPA dari kota Padang

VI. Persayaratan Peserta Pameran dan Lomba

Persyaratan Lomba

Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SLTP sederajat

Syarat :
Surat Keterangan dari Kepala Sekolah diketahui oleh Kepala Dinas Kab/Kota
Foto copy Rapor yang dilegalisir
Foto copy ijazah pendidikan  sebelumnya (dilegalisir)
Pas Photo 3x4 sebanyak 2 lembar
Naskah Pidato
Mengisi Biodata

Lomba Debat Bahasa Inggris tingkat SLTA Sederajat

Syarat :
Surat Keterangan dari Kepala Sekolah diketahui oleh Kepala Dinas Kab/Kota
Foto copy rapor yang dilegalisir
Foto copy ijazah pendidikan  sebelumnya (dilegalisir)
Pas Photo 3x4 sebanyak 2 lembar
Mengisi Biodata

Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT

Diikuti oleh guru-guru SLTP/MIN, SMA/SMK  atau sederajat (sifatnya terbuka).

Syarat :
Surat  keterangan dari Kepala Sekolah yang diketahui Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
Hasil Karya sendiri (Orisinil)
Materi Media Pembelajaran dalam bentuk Video CD dan naskah
Mengisi Biodata

Hasil media sudah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 23 April 2012 dalam bentuk Video CD dan naskah, dan presentase nominasi dilaksanakan tanggal 3 Mai 2012.

Persyaratan Pameran

Adalah peserta terbaik/unggulan yang ditunjuk oleh Dinas Kab/Kota yang sudah ditentukan tingkat satuan pendidikannya oleh panitia (Daftar Peserta terlampir).

Persyaratan Seminar adalah guru MGMP MIPA SMP atau SMA/SMK sederajat dilengkapi dengan:
Membawa surat tugas dari sekolah/dinas
Mengisi biodata Seminar (Peserta)
Pas photo 3 x 4 sebanyak 2 lembar

Pendaftaran peserta pameran, lomba pidato, lomba debat dan seminar paling lambat tanggal 29 April 2012
Persyaratan untuk tampilan kesenian adalah kesenian  Tradisional Khas Sumatera Barat dari kab/kota.
Bagi pemenang 1, 2, dan 3 lomba pidato, debat dan pembuatan media pembelajaran diberikan piagam penghargaan dan hadiah

VII. Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu pelaksanaan untuk kegiatan Gebyar Sumbar Expo Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pelaksanaannya direncanakan antara pada tanggal 1 s.d 4 Mai 2012  bertempat di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Jadwal terlampir).

VIII. Pembiayaan

Biaya untuk pelaksanan kegiatan Gebyar Sumbar Expo  Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012 dari APBD Provinsi Sumatera Barat  sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2012 .

IX. Akomodasi dan Transportasi
Akomodasi, konsumsi, dan transportasi Penjaga stand sebanyak 2 orang/stand tiap kab/kota ditanggung oleh panitia
Biaya tim kesenian dari masing-masing daerah dibantu oleh panitia sesuai dengan ketentuan
Kit seminar, konsumsi, dan Piagam Peserta seminar disediakan oleh panitia
Stand pameran disediakan dengan ukuran 3 m x 3 m/stand


X. Penutup

Demikianlah Panduan  Gebyar Sumbar Expo Bidang Pendidikan Tahun 2012 ini disusun sebagai pedoman dan harapan ke depan adalah semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan Sumatera Barat dimasa yang akan datang


Panitia

Alamat Sekretariat Kegiatan:Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Jl. Jend. Sudirman No. 52 Padang Telp. 0751-21955, 31513 Fax (0751) 20152 Padang Email: dinaspendidikansumbar@gmail.com

Kontak Person : 1. Jumaidi, S.Pd HP. 085263016601

 2 Yulietty, SE           HP.  081266008490

3. Armaina               HP.   07519530989

Terakhir Diperbaharui (Kamis, 12 April 2012 01:53) 

Source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar