Kamis, 03 Mei 2012

Pendaftaran SNMPTN Dibuka 10-31 Mei 2012

Kamu yang berencana mengikuti Jalur Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya segera bersiap. Sebab, pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 dibuka pada 10-31 Mei 2012.

Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panita Lokal (Panlok) Bandung Asep Gana menyebutkan, proses pendaftaran jalur Ujian Tulis SNMPTN 2012 tidak jauh berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, yakni dengan melalui pendaftaran online di website www.snmptn.ac.id. Persyaratan pendaftaran SNMPTN di antaranya telah lulus ujian nasional (UN) SMA dan sederajat tahun 2010, 2011, 2012.

Asep menjelaskan, SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, lewat jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik yang sudah dibuka 1-8 Maret 2012. Kedua, lewat jalur ujian tulis dan atau keterampilan. Jalur ini disebut juga jalur reguler.

"Biaya ujian tulis dan keterampilan juga tidak naik. Untuk kelompok ujian IPA atau IPS Rp150 ribu, untuk  Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) Rp175 ribu, dan biaya ujian keterampilan Rp150 ribu," kata Asep dalam jumpa pers SNMPTN 2012 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Senin (30/4/2012).

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri Mandiri baik melalui ATM, loket kantor cabang, SMS banking, maupun internet banking ketika pendaftaran secara online. Saat pembayaran, tanggal lahir calon pendaftar akan menjadi identitas.

"Calon akan menerima Tanda Bukti Pembayaran yang berisi Kode Akses Pendaftaran dan PIN," Asep mengimbuhkan.

Sementara, calon pelamar Bidik Misi harus melakukan pendaftaran lebih dahulu melalui laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/. Dan bagi penyandang tunanetra atau low vision akan dipandu petugas khusus dari Panlok SNMPTN.

Ujian Tulis SNMPTN 2012 akan digelar pada 12-13 Juni 2012. Pada hari pertama, ujian digelar pukul 07.30-11.00 WIB. Peserta SNMPTN akan mengerjakan soal-soal tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi dasar yakni matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ujian hari kedua juga digelar pukul 07.30-11.00 WIB meliputi tes bidang studi IPA (Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika), dan tes bidang studi IPS (Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi).

Ujian keterampilan SNMPTN dilangsungkan pada 14 dan atau 15 Juni 2012 di PTN sebagaimana tercantum di kartu peserta ujian. Sementara pengumuman hasil ujian tulis SNMPTN dilakukan 7 Juli 2012. "Sekarang pengumuman hasil maju satu minggu, dulu awal Agustus," sebutnya.

Informasi lebih rinci bisa kamu dapatkan di laman www.snmptn.ac.id, ujian.snmptn.ac.id, halo.snmptn.ac.id, twitter SNMPTN: @snmptn2012; atau datang langsung ke panitia pelaksana SNMPTN 2012 Gedung Rektorat ITB Lantai 4 Jalan Tamansari, Bandung.(rfa)


Sumber : http://kampus.okezone.com

5 komentar:

  1. kalau yang ikut SNMPTN Undangan apakah harus mendaftar lagi untuk SNMPTN tulis kalau tidak lulus??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pribadinya. kalau tetap mau kuliah melalui jalur SNMPTN tertulis, silahkan mendaftar.. Kalau sudah lulus undangan tapi sudah terlanjur membayarkan uang SNMPTN tertulis di Bank, otomatis uangnya hangus juga..

      Hapus
    2. maksudnya PIN SNMPTN Undangan itu berlaku juga buat SNMPTN Tulis atau gak?? klo misalnya dia gak lulus yg undangan apakah harus daftar lagi (bayar) buat SNMPTN tulis??

      Hapus
    3. Tidak. harus beli lagi yang baru..

      Hapus
    4. eeehhh....=,="

      Hapus