Science

Loading...

Sabtu, 19 Februari 2011

Hadits Tentang Menuntut Ilmu

  1. An anasin radiyallahu anhu qoola rasulullahu sallallahu alahi wa sallam. Utlubul ilma walau bissin. Fainna talabal ilma faridatan ala kulli muslim. Innal malaikati latadaha ajtihataha litalibil ilmirridombima yatlub.

Artinya: Dari Annas ra: berkata Rasulullahsalallahualahi wasallam,”Tuntutlah ilmu itu walau sampai ke negeri China, karena menuntut ilmu itu sesungguhnya wajib bagi setiap muslim. Dan malaikat pun akan membentangkan sayapnya bagi setiap penuntut ilmu karena ridha dengan apa yang dicarinya.”
Makna: Tempat untuk menuntut ilmu tidak terbatas. Menuntut ilmu wajib bagi semua muslim. Malaikat akan meletakkan sayapnya bagi penuntut ilmu. Ilmu yang dicari adalah ilmu yang diridhai Allah.

  1. An abi hurairata radiyallahuanhu anna rasulullah sallallahu alahi wasallam qoola: Utlubul ilmissakinati walhilmi walinuliman tuallimunahu waliman ta’lamtumminhu wala takunu minjabbabiratil ulama’i fayaghlibu jahlukum ’ilmakum.

Artinya : Dari abu Hurairah ra Rasulullah pernah berkata: ”Tuntutlah ilmu dan carilah ilmu itu yang menentramkan dan yang sopan dan hormatilah siapa yang mengajarkan ilmu untukmu dan siapa yang menjadi muridnya janganlah termasuk golongan orang yang sombong terhadap ulama (orang yang berilmu), maka orang bodohlah yang anggap enteng ilmu tersebut.”

Makna : Carilah ilmu yang menentramkan dan sopan. Hormatilah orang yang mengajarkan ilmu kepadamu. Janganlah bersikap sombong. Orang yang anggap enteng ilmu adalah orang bodoh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar