Kamis, 23 Juni 2011

AL KINDI, Filsuf dan Musisi Masyhur

Al Kindi adalah nama populer dari Yaqub Ibnu Ishaq as Sabah Al Kindi. Al Kindi lahir di Kufah, Iraq, dan kemudian menjadi seorang pendidik di kota Basrah dan Baghdad. Beliau ialah salah seorang ahli filsafat Yunani dan salah seorang penerjemah pertama karya-karya Aristoteles ke dalam bahasa Arab. Bukan hanya itu, beliau juga dikenal sebagai musisi masyhur yang menghasilkan berbagai teori musik termasuk dalam pemberian kunci nada serta gelombang bunyi.

Di samping itu, al-Kindi juga dikenal sebagai ahli kimia yang berhasil menciptakan sejumlah alat perang, minyak wangi maupun perhiasan. Pada tahun 1950 ditemukan 25 risalah al-Kindi yang kemudian dibukukan dalam Rasa`il al-Kindi al-Falsafiyyah.

Al Kindi sangatlah produktif dalam berkarya, khususnya menulis buku. Ia telah melahirkan tidak kurang dari 270 karya. Sebagian besar karyanya mencakup topik yang sangat luas, diantaranya filsafat, kedokteran, matematika, ilmu optik, dan astrologi. Sebagian dari karya-karyanya tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sepanjang abad pertengahan dan mempengaruhi sarjana-sarjana Eropa.

Filsafat Al Kindi betul-betul dipengaruhi oleh karya-karya pengikut Aristoteles dan Plato. Ia mengklaim bahwa filsafat dan agama mempunyai hubungan yang harmonis. Pemikiran Al Kindi seperti ini sangat mempengaruhi pemikiran kaum muslimin sampai satu abad setelah kematiannya.

(Ensiklopedi Islam/Bintang Annisa Bagustari/SMAN 10 Padang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar