Minggu, 04 Maret 2012

Persyaratan Peserta Ujian Nasional Tahun 2012

  1. Peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di satuan pendidikan berhak mengikuti Ujian Nasional (UN).
  2. Peserta  didik  yang  memiliki  rapor  lengkap  penilaian  hasil  belajar  pada  satuan pendidikan sampai dengan semester I tahun terakhir.
  3. Khusus peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional dapat mengikuti UN.
  4. Peserta  didik  yang  memiliki  ijazah  atau  surat  keterangan  lain  yang  setara,  atau berpenghargaan sama, dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah, atau memiliki bukti kenaikan kelas dari kelas III ke kelas IV untuk peserta didik Kulliyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah(KMI)/Tarbiyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah (TMI) yang pindah ke SMA, MA, dan SMK. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 tahun sebelum mengikuti ujian sekolah/madrasah, atau sekurang-kurangnya 2 tahun untuk peserta program percepatan belajar.
  5. Peserta didik yang belajar di sekolah internasional di Indonesia yang memiliki izin untuk menerima peserta didik WNI, dapat mengikuti    UN    pada    sekolah/madrasah penyelenggara UN terdekat dengan persyaratan sebagaimana tercantum pada butir 1 dan 4 di atas.
  6. Peserta  UN  yang  karena  alasan  tertentu  dan  disertai  bukti  yang  sah  tidak  dapat mengikuti UN di satuan pendidikannya, dapat mengikuti UN di sekolah/madrasah lain pada jenjang dan jenis yang sama.
  7. Peserta  UN  yang  karena  alasan  tertentu  dan  disertai  bukti  yang  sah  tidak  dapat mengikuti UN dapat mengikuti UN susulan.
  8. Peserta  yang  belum  lulus  UN  sekolah/madrasah  yang  akan  mengikuti  UN  tahun pelajaran 2011/2012 harus :
    1. mendaftar pada sekolah/madrasah asal atau sekolah/madrasah penyelenggara UN;
    2. mengikuti seluruh mata pelajaran yang diujinasionalkan. Nilai yang digunakan adalah nilai tertinggi dari hasil ujian.
    3. memiliki nilai sekolah/madrasah.
  9. Peserta UN yang belum lulus UN sekolah/madrasah dan telah mengikuti UN Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan serta dinyatakan lulus, dilarang mengikuti UN sekolah/madrasah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar