Senin, 02 April 2012

Asyik, Jepang Berikan Beasiswa Untuk WNI

JAKARTA, Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta pada Kamis memberikan beasiswa "Monbukagakusho" kepada 56 warga negara Indonesia untuk diberikan pendidikan di beberapa perguruan tinggi di Jepang.

Jumlah beasiswa yang diberikan terdiri atas 10 orang untuk Diploma 2, 13 orang untuk Diploma 3, dan tujuh orang untuk Strata 1. Selain itu sebanyak 26 orang mendapat beasiswa untuk Strata 2 dan tiga lainnya mendapat beasiswa jenjang pendidikan Strata 3.
Para calon mahasiswa itu berasal dari beragam sekolah swasta maupun negeri di seluruh Indonesia yang telah di seleksi oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang.
Rencananya mereka diberangkatkan ke negeri Sakura pada April dan Oktober 2012 dengan tergantung pembukaan kelas jurusan yang di pilih di masing - masing universitas di Jepang.
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, berharap para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di Jepang dapat berkarier di bidang yang telah di kuasai dan bisa mempererat hubungan bilateral kedua negara.
Dia juga menjelaskan antara Indonesia dengan Jepang telah terjalin hubungan erat di bidang pendidikan melalui pertukaran mahasiswa baik warga Indonesia ke Jepang ataupun sebaliknya. "Namun selain ke Indonesia kami juga mengirim ke negara lain seperti Amerika Serikat, negara - negara di Eropa dan negara Asia lain. Namun yang jelas kami memang memiliki hubungan pertukaran pelajar," kata Katori.
Salah satu anggota tim seleksi beasiswa "Monbukagakusho", Dr. Ir. Yudi Dharma, mengatakan beasiswa yang diberikan secara tahunan oleh pemerintah Jepang tersebut rata - rata memiliki jumlah peminat sekitar 600 orang setiap tahunnya.
"Dalam memutuskan siapa yang di pilih untuk berangkat, kami mencari yang paling siap. Dalam artian mereka harus siap dari sisi akademis dan kesiapan lain untuk bergabung dengan sistem pendidikan di Jepang," kata dia.
Para mahasiswa, menurut dia, di harap dapat menyerap segala hal baik di Jepang dan menggunakannya untuk diaplikasikan di Indonesia.
Yudi menambahkan para mahasiswa yang memiliki prestasi bagus bisa mendapat kesempatan melanjutkan pendidikannya di Jepang. "Jadi sepertinya beasiswa dari Kedubes ini bisa untuk tiga jenjang pendidikan. Memang tidak dinyatakan secara eksplisit namun itu tergantung prestasi dan kondisi lainnya," jelas dia.
Kendati demikian, mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan pendidikan di Jepang besar kemungkinan mendapat beasiswa dari lembaga lain seperti perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat maupun universitas.
Jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang hingga saat ini sekitar 2.000 orang. Sekitar 600 orang di antaranya adalah penerima beasiswa "Monbukagakusho". Bagi calon mahasiswa yang tertarik mengikuti program beasiswa untuk tahun 2013 dapat melihatnya di laman www.id.emb-japan.go.jp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar