Kamis, 07 Juni 2012

Mau Lulus SNMPTN Undangan? Check It Out !!

Hai sobat pelajar!
Setelah sekian lama nggak ada postingan baru, kali ini Bintang bakal mem-post lagi sebuah tulisan -dijamin nggak ada unsur copas-nya-  hehe :D<

Well, postingan ini lebih dikhususkan buat sobat pelajar yang sekarang duduk di kelas X maupun kelas XI, karena Bintang mau nulis tips menembus SNMPTN Undangan (dulu namanya PMDK) Eits, tapi buat adik-adik yang masih SMP jangan abaikan tulisan ini karena suatu saat nanti postingan ini bermanfaat juga buat ke depannya , >


Alright, mari kita mulai baca ...

Biar mudah ngertinya, inilah beberapa FAQ yang sering muncul di kalangan siswa tentang SNMPTN jalur undangan :


FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)
#1 Kak, sebenarnya apa sih, SNMPTN Jalur Undangan itu?
--> SNMPTN Jalur Undangan itu salah satu jalur buat masuk PTN, dimana mekanisme seleksi nasionalnya berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan. Satu hal lagi, jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

#2 Kak, sebenarnya siapa aja sih, yang berhak ikut SNMPTN Jalur Undangan ??
--> Yang berhak ikut SNMPTN Jalur Undangan itu adalah siswa-siswi yang telah didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing. Sementara itu, sekolah yang berhak mendaftarkan siswanya untuk undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

#3 Kak, berapa orang siswa dari tiap-tiap sekolah yang berhak didaftarkan Kepala Sekolah?
--> kalau itu tidak tetap dek.. semuanya adalah tergantung akreditasi dari sekolah masing-masing. Misalnya ditetapkan bagi sekolah terakreditasi A 50%, akreditasi B 30%, akreditasi C 15% serta lainnya 5%. Hal ini sifatnya tidak statis tiap tahun, coz tahun kmrn satu lagi -untuk sekolah RSBI- justru yang berhak ikut 25% tertinggi tiep kelas (bukan ranking sekolah, tapi kelas). Mengingat karena ada kelas unggul, maka syarat pun diubah jadi ranking di sekolah, bukan kelas.


#4 Kak, bagaimana mekanisme dari pengurutan ranking kita di sekolah?
--> ranking sekolah ini ditetapkan dari nilai rapor (kalau tahun ini cuma rapor semester 3-5) dengan nilai MIPA+bahasa inggris dan bahasa indonesia (untuk IPA), matematika geografi sejarah ekonomi sosiologi+ bahasa inggris dan bahasa indonesia (untuk IPS). Dari data nilai tersebut diolah dan diurut berdasarkan ranking.


#5 Kak, gimana kalau sekolah kita belum masuk daftar undangan?
--> Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

#6 Kak, apa aja sih persyaratan untuk jadi siswa Undangan?
--> secara umum kita musti : (1) Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. (2) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. (3) Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

#7 Kak, bagaimana strategi biar bisa lulus rekomendasi sekolah untuk SNMPTN Undangan?
--> ngomongin strategi, semua pasti ada usaha dan do'a :) Intinya, kita harus belajar dan berjuang seoptimal mungkin dalam meningkatkan kompetensi belajar sehingga nilai rapor kita bisa tinggi.Tapi nilai tinggi aja nggak cukup, nilai kita musti konsisten dalam grafik yang semakin naik. Jadi jangan sampai ada nilai yang turun. Kalopun ada yang turun, turunnya musti dikiiit banget, gak boleh drastis.


#8 Kak, gimana sih strategi biar kita bisa lulus undangan dan bisa bersaing dengan temen2 se nasional?
--> ngomongin strategi, sebenernya Kak juga nggak berani ngomong dek karena lulus atau nggak itu kan tergantung keputusan Tuhan. Tapi, pasrah ama Tuhan aja nggak cukup, kita musti lihat yang namanya PELUANG. Trus gimana caranya biar bisa lihat peluang? Peluang itu banyak macamnya. Ada peluang yang gede, sedang, dan kecil. Buat tahu peluang kita termasuk tipe yang mana, itu tergantung PRODI yang kita pilih. Satu hal yang harus diingat, JANGAN JADI PECUNDANG ! Kita HARUS memilih prodi yang benar-benar kita inginkan. Caranya? Cari tau apa minatmu. Kemudian, cari tahu mata pelajaran apa yang kita senangi dan kita pun berani berkecimpung di dalamnya. Karena tak jarang prodi yang kita pilih itu banyak, -bisa 2 atau lebih- maka kita harus cek daya tampung undangan untuk prodi tersebut. Lain dari itu, cek juga akreditasi dari pilihan yang kita tuju itu.
Eits, ada lagi nih.. usahakan jangan memilih prodi dgn PTN yang sama dengan teman sekolah. Meskipun untuk lulus barengan tidak mustahil, tapi peluangnya KECIL. Apalagi yang kita pilih itu jurusan yang favorit. Jadi tambah kecil deh peluangnya. Kalau ada yang sama, usahain yang rank-nya lebih rendah mengalah dan beralih ke PTN lain. Jadi, setidaknya, kita tidak perlu bersaing sesama sekolah. Ibaratnya itu, kalau di skul aja udah banyak yang nyaingin, apalagi kalau se-Indonesia?? Ya nggak? Eits, tapi itu semua TIDAK MUTLAK. Jika kita BENAR-BENAR CINTA MATI dengan pilihan tersebut, mari katakan : saya siap bersaing ! -mental pemenang, cuy- :D

 #9 Kak, kalau ternyata daya tampung dari jurusan yang kita pilih itu kecil gimana?
--> Daya tampung kecil tapi kita benar-benar cinta mati, ya udah hajar aja. Say to the world: Siapa takuut?? :D
     *tapi kalau saya nggak mau ikut jalur lain, saya maunya lulus undangan, gimana dong?
     Cari alternatif dong ! Kalau di pilihan satu kita mulai berspekulasi, kita masih punya pilihan 2. Di pilihan 2 kita tinggal milih yang tidak seketat di pilihan 1.

#10 Kak, kalau saya udah lulus undangan gimana dong kak?
--> *Gubrak >.< pertnyaan apa ini, ??!!
kalau udah lulus ya udah jangan galau-galau en panik lagi. Kan udah lulus :D Bersyukur kepada Tuhan YME, terima kasih kepada orangtua, guru, dan teman-teman yang selama ini sudah mensupport... Masalah biaya, sekarang gampang, banyak beasiswa dari pemerintah, ikatan alumni, bazda, dll. Pesan tetua alias senior-senior yang lalu-lalu: Jangan larut dalam euforia 'hirukpikuk' masa sekarang. Cepet2 urus keperluan selanjutnya (pendaftaran ulang dgn syarat2 legalisir segala macem) dan bersiaplah menuju medan perang berikutnya. Keep spirit !!

Info lagi, buat bisa tau itung-itungan lulusnya kayak gimana, coba temen-temen cek ke link ini


NB: yang mau nanya2, ayo komen aja di bawah,... sori ya postingannya rada2 gimanaa...hhehe.. :D


19 komentar:

  1. kak, kalo saya tolak undangan yg saya terima gimana kak? soalnya yg lain ada yg ngundang saya duluan kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah kamu bakal di blacklist buat tahun yang akan datang.

      Hapus
  2. kak, nilai rapot yang di pakai buat jalur undangan itu dari akumulasi nilai teori dan praktek semua mapel. Atau cuma mapel per jurusan aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mapel per jurusan aja. nilai yang dimasukkan hanya nilai teori (kognitif) TANPA nilai psikomotor...

      Hapus
  3. Balasan
    1. makasi.. tolong dibantu share ke yang lain ya dek...

      Hapus
  4. waaa gtu yaa kk, thanks sangat kk postingan nya hehe jadi tmbah smngat buat raih jalur undangan hoho ya smoga la
    oya slamat ya kk udah di UI hehe tunggu intan di UI jga ya#amiin hehe ^^v

    BalasHapus
  5. y sama2 dk. kak jg sneng bs ngasi info kyk gnian ke junior..hhe
    bantu share yaa...biar tmen2 nya juga bisa semangat...
    wah...mw follow kk ke UI dk?? sipp ditungguu... XD
    mau baca postingan bermanfaat lainnya silahkan ke http://bagustaribintang.webs.com

    BalasHapus
  6. Mau tanya. Kalau kita mau masuk FK tapi adanya piagam. Bahasa inggris dan kimia serta sastra gimana kak

    BalasHapus
  7. untuk piagam/sertifikat hanya sebagai penunjang dek, kimia mungkin pengaruh, tapi yang penting nilai rapor nya terutama yang biologi konsisten naik..

    BalasHapus
  8. hai kak.... aku mau tanya, kalo piagam perlombaan kayak olimpiade itu memperbesar peluang kita lulus jalur undangan gak???
    oh ya, di UI kan ada istilah simak tuh, nah itu berbeda gak dengan snmptn?? terus kak gimana caranya agar sukses masuk UI???
    makasih kak sebelumnya..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. piagam olimpiade itu meningkatkan peluang kita buat lulus, jadi kumpulin aja sertifikatnya :D
      nah kalo di UI sebenarnya ada banyak jalur selain SNMPTN undangan juga ada jalur SNMPTN Tulis, PPKB, SIMAK, dan jalur Olimpiade (www.ui.ac.id)
      kalo mau lulus undangan, ada 4 faktor kunci: nilai rapor (paling utama), sertifikat, kompetensi alumni sekolahmu di PTN yang kamu pilih, dan penyebaran wilayah.
      kalo lulus jalur tulis, ada 3 faktor kunci: nilai ujian tulis, kuota (daya tampung), dan jumlah peminat pilihan kamu
      Nah , kalo SIMAK, usahain aja bahas soal SIMAK tahun2 lalu, gak bakal beda jauh kok soalnya.

      http://ayomasukui.com
      http://humas.ui.ac.id

      Hapus
  9. Ohhh kalau kita mau masuk FK itu harus sesuai dgn nilai biologi ya kak. Bukan dgn nilai MIPA kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak harus kok, biologi kan masuk MIPA :D
      kalo sertifikat ya ngaruh

      Hapus
  10. kak, nilai yang harus konsisten itu per mata pelajaran atau rata-rata ilai yang di un kan?
    mkasii ^^

    BalasHapus
  11. ka nilai fisika saya semester 4 sekitar 8 semester 5 turun jd 77 menurut kaka saya msh bisa ikut undangan ga ya?

    BalasHapus
  12. Ka kalo mau masuk fkm atau fakultas kesehatan lingkungan. Tp nilai mtk nya turun kira2 bisa dpt jalur undangan ga yaaa

    BalasHapus
  13. Kak gimana kak nilai grafikku itu naik turun terus kak, rangking dari smt 1-4 naik, anjlok di smt.5 kak, ada solusi?

    BalasHapus
  14. Kak... Aku semester 1-2 tinggi kak, jadi pas pindah sekolah.. Anjlok kak semester 3 trus naik lagi sampai semester 5. Masih ada peluang nggak ya kak? Mohon solusinya ya kak

    BalasHapus