Rabu, 26 Desember 2012

Calon Mahasiswa: Waspadai Sesat Jurusan!

Hai sobat pelajar ! Ketika duduk di bangku SMA, banyak info-info yang sebenarnya bisa dikupas habis seputar kelanjutan penddikan ke PT. Tapi sayang, terkadang saking banyaknya info tsb, yang kebuka malah spam-spam doang yang gak jelas. Disini saya akan coba membahas info seputar arah jurusan yang diambil. Bahasa di doc ini mungkin bakalan ekstrem, jadi cobalah terbuka utk hal tsb. :P

1. FK
Kalo kamu suka menghafal (ex: biologi), punya kepedulian sesama, komitmen, dan keberanian yang tinggi, jangan ragu untuk milih FK. Kalo kamu nggak tahan sama bacaan yang ada unsur biologi, nggak tahan ngapalin istilah-istilah kedokteran, jangan milih FK cuma karena pengen gengsi/ disuruh orang tua. Katakan pada mereka kalo kamu nggak niat jadi dokter

2. ILMU KOMPUTER/ TEKNIK INFORMATIKA
Kalo kamu suka berhitung (ex: matematika, fisika), demen pemrograman, punya passion di bidang IT (ex: bikin games, bikin software, bikin apps berbasis android dll) , dan 'tahan' sama yang namanya komputer/laptop, jangan ragu untuk milih jur ini. Kalo kamu males mikir, males nganalisa pake logika, gak suka pikir panjang dengan hitung-hitungan, benci matematika, jangan pilih jur ini.

3. SISTEM INFORMASI
Kalo kamu punya passion di bidang IT dan mau berkiprah di bidang bisnis yang manfaatin IT, kamu bisa milih jur ini. Program ini bisa dibilang seimbang antara IPA dan IPS, karena kamu bakal dilatih menjadi profesional di bidang bisnis yang ada IT nya ex project manager perusahaan dll. Kalo kamu nggak suka bisnis, nggak suka ekonomi manajemen dan nggak suka matematika jangan pilih jur ini.

4. TEKNIK KOMPUTER
Kalo Ilmu komputer lebih ke software, tekkom hadir utk kalian yang lebih suka ngutak ngatik yang lebih 'kongkret'. yaitu hardware. teknik dgital, sistem hardware yang bekerja , bahasa mesin, semua ada di sini. Jadi kalo kamu nggak suka hardware , pengaturan digital gitu-gitu mending jangan pilih jur ini.

5. FMIPA - Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Astronomi, dll
Kalo ilmu murni kayak gini udah lebih jelas, artinya kamu milih ilmu tsb utk jadi profesional di bidang tsb. Kalo gak pernah tahan bljr pljrn itu d SMA, mending jangan dipilih

6. TEKNIK KIMIA
Nah, kadang ngebingungin juga mau pilih teknik kimia atau kimia ? Kimia saja, itu murni kimia dan untuk kelanjutannya bisa profesional di bidang yang lebih spesifik yaitu kimia fisik, kimia organik, kimia analitik, dll. Kalo teknik kimia, orientasinya adalah lebih ke industri. Gimana cara pengaplikasian bahan-bahan kimia, cara dan proses dan apa yang bakal dibutuhkan d industri nanti, artinya rekayasa bahan mentah menjadi yang lebih berguna. Jadi kalo gak suka yang begituan jangan milih tekkim

----------------------26/12/12
7. Pendidikan teknik informatika dan komputer
Untuk jur ini sebenarnya sangat berbeda dengan teknik informatika, karena pada dasarnya berorientasi pada academic/utk pendidikan ex guru TIK, baik di SMP, SMA maupun SMK. Oleh karena itulah perlu disiapkan berbagai macam komponen dalam pembelajaran IT tersebut. Yang dibekali di sini lebih ke materi-materi TIK yang sengaja disajikan ke sekolah, termasuk word excel dan semacamnya sedangkan d teknik informatika tidak ada karena kompetensi khusus yang akan dicapai adalah bidang pendidikan meliputi pengetahuan pedagogik dan pendidikan teknologi informasi untuk tingkat pendidikan dasar, menengah dan kejuruan. Pada bidang keteknikan meliputi teknologi komputer dan jaringan, rekayasa perangkat lunak, dan multimedia. Jadi sangat sangat berbeda dengan teknik informatika.

8. Teknik Fisika
Kalo zaman SMA gak pernah tahan ama salah satu pljrn ini: fisika, kimia, matematika, jangan pilih jur ini. Termasuk jur yang menuntut kamu untuk analisis secara tajam, namun menantang.

9. Teknik Geologi
Kalo pilihan kamu ITB, pilih FITB, tapi belum tentu masuk geologinya. tapi bisa jadi geodesi, oceanografi, dll. Untuk jur ini sebenarnya lebih ke IPA, tapi tidak terpaut IPA/IPS (tergantung PT)
teknik geologi. Di jur ini, kamu bakal mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan, sifat-sifat fisika dan kimia, bentuk batuan, proses pembentukannya dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang dan lain-lain. Perannya sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam. Eits, tapi juga dapet pelajaran ini: statistika, lingkungan, geofisika, kekuatan bahan, konstruksi, perminyakan, pertambangan, analisis, serta software-software khusus. Gak suka ama gituan? jangan milih bagusan.

10. Pertanian VS Teknik Pertanian
Teknik pertanian lebih mempelajari rekayasa teknologi hasil pertanian, yang menunjang pertanian, atau hal/hal pemrosesan yang menjadi daya dukung dari pertanian. Penerapan dasar-dasar teknik dalam bidang pertanian mencakup bidang teknik mesin budidaya pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, teknik proses hasil pertanian/pangan, energi dan listrik pertanian, perbengkelan dan instrumentasi di bidang pertanian, ergonomika alat dan mesin pertanian, sistem dan manajemen keteknikan pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian, serta teknik tanah dan teknik sumber daya air. Teknik pertanian ini dipelajari sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi usaha pertanian guna meningkatkan produktivitas, mutu, kontinuitas pasokan produk-produk pertanian, kesejahteraanpetani, dan kelestarian lingkungan.Analisis dan kreativitas pengembangan dilakukan sebagai kompetensi khusus. Pertanian meliputi hal-hal terpaut ilmu tani,(botani) benefit yang lebih dari suatu tanaman. Nantinya kedua jurusan ini bekerja sama. Lebih prefer mana? tergantung kalian.

11. Teknik Sipil
 Jur ini bakal mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanyagedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Kalo kamu nggak suka ama pengetahuan matematika, fisika, kimia, 
biologi, geologi, lingkungan hingga komputer , jangan milih sipil kalo bisa. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

12. Teknik Lingkungan
Kamu ngaku cinta lingkungan dan miris sama kondisi lingkungan kita yang mulai nggak sehat ini, lingkungan bumi yang sudah tua ini, bisa masuk jur ini. Jur ini bakal mempelajari teknik serta manajemen untuk memelihara dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, serta lingkungan secara keseluruhan ex: konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, penyaluran limbah dan buangan, pengendalian pencemaran akibat limbah cair, gas dan lumpur (sludge) dan pengelolaan kualitas perairan, tanah, dan atmosfer, serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan. Nggak suka observasi, analisis, dan menghapal, jangan pilih jur ini.

13. Teknik Arsitektur
Nah , kalo arsitektur ini perpaduan antara seni dan teknik bangunan yang di dalamnya termasuk perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekoratif yang mempelajari bentuk fisik ruang buatan sebagai tempat bagi manusia yang berhubungan dengan segala kompleksitas kebutuhan kehidupannya, baik individu maupun kelompok. Arsitektur tidak hanya terbatas pada bangunan saja namun meliputi interior, landscape (ekterior), kawasan dan lebih luas lagi akan mempelajari tentang perencanaan kota.

Sedikit RUMOR ---
Teknik Sipil(S), Lingkungan(L) , dan Arsitektur(A)
Ada klien dari perusahaan swasta / negeri yang ingin mendirikan bangunan kantor berhubung yang lama udah rusak karena gempa
S: (hm..oke bangunannya gw rancang gini, efektivitas begini, nah ini tahan gempa, nah caranya bla bla bla,)
L: (oke gw cek kalo bangunan ini didirikan di lahan sini, dampaknya begini, bla bla bla, tanahnya, luasnya cocok, bla bla bla)
A: (Biar nyaman dan indah, bangunannya mesti gini, ini diatur seperti ini, dengan luas segini biar tidak berasa sempit begini, bla bla bla)
Nah, kamu suka cara berpikir yang mana?? Find urs!



Info lanjut : http://wikipedia.org atau khusus teknik di http://www.engineeringtown.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar