Senin, 08 Juli 2013

Mau melanjutkan studi di Malaysia?? Musti tau ini dulu.... !

Yang pertama, di Malaysia terdapat sekitar 56 perguruan tinggi yang termasuk kategori universitas dan kolej-university yang biasanya boleh menerima mahasiswa asing (international student). Dari 56 perguruan tinggi ini 20 diantaranya adalah universitas negeri (istilah disini Institusi Pengajian Tinggi Awam atau IPTA), dan sisanya adalah perguruan tinggi swasta (atau IPTS). Universitas negeri (IPTA) tersebut tersebar di setiap negara bagian dan biasanya menggunakan nama Malaysia di namanya yang berfungsi sebagai label dan merk (misal seperti Universitas Malaysia Perlis, Universitas Malasia Sabah, Universitas Kebangsaan Malaysia dll) dan tentu supaya terasa kenal lebih dekat (bandingkan kalau pake nama “Perlis” atau “Sabah” saja, tentu tidak begitu dikenal).

 Mutu universitas negeri di Malaysia termasuk bagus dan dikontrol oleh pemerintah, jadi bila memang berminat studi pilihlah yang IPTA ini. Namun, terdapat lima universitas negeri yang merupakan universitas terbaik di Malaysia, yaitu Universiti Malaya, Universiti Sains Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Putra Malaysia dan Universiti Teknologi Malaysia. Kelima universitas tersebut juga mendapat pengakuan sebagai universitas riset yang menunjukkan produktivitas mereka dalam riset ilmiah dan publikasinya.

Untuk mengetahui prosedur seleksi menjadi mahasiswa di universitas di Malaysia, cara yang paling bagus adalah mengecek melalui website resmi mereka, misal untuk yang di UTM bisa dicapai disini (http://www.utm.my/prospectus/). Informasi dalam website resmi perlu diketahui karena proses dan persyaratan seleksi bisa berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing universitas. Misalnya, satu waktu dahulu untuk masuk ke satu universitas negeri di Malaysia tidak perlu menyertakan hasil test kemampuan bahasa Inggris (seperti TOEFL dan IELTS), namun aturan baru malah mewajibkan; sehingga bila persyaratan tidak dipenuhi dengan sendirinya lamaran kita akan gagal.

 Hal yang penting untuk diperhatikan sekali adalah masalah waktu. Untuk mahasiswa S1, universitas di Malaysia mulai perkuliahan untuk semua mahasiswa dimana tahun akademiknya berjalan setiap bulan September. Karena proses seleksi memakan waktu cukup lama, maka bila ingin diterima pada September 2013 misalnya, maka semua berkas harus sudah dikirim ke universitas di Malaysia yang dituju paling lambat awal Mei 2013. Untuk lebih jelasnya, lihat informasi waktu terakhir penerimaan berkas pendaftaran di masing-masing universitas. Bila kita terlambat mengirim berkas, maka otomatis dimasukkan untuk tahun akademik berikutnya, yaitu September 2014. Hal ini berhubung proses seleksi mahasiswa internasional berbeda dari segi jadwal dengan mahasiswa lokal.

 Selain masalah waktu, hal yang penting lainnya adalah proses seleksi dan persyaratan. Hampir semua universitas di Malaysia melakukan proses seleksi administratif, artinya tidak ada ujian masuk sama sekali. Kadang timbul pertanyaan bagaimana bila belum lulus SMA (masih duduk di kelas 12) dan belum UN? maka yang perlu disiapkan adalah fotocopy raport yang dilegalisir sampai semester ganjil di kelas 12. Maka itu adalah syarat administratif utama yang menunjukkan prestasi calon mahasiswa. Tentu bila nanti akhirnya diterima jadi mahasiswa akan diminta juga ijasah dan hasil ujian akhir nasional.

 Selain syarat mengirimkan raport, calon mahasiswa juga harus mengisi formulir pendaftaran yang berisi data diri (nama, alamat, email dll), jurusan yang diinginkan dan komitmen pembayaran biaya kuliah. Beberapa universitas juga mensyaratkan disamping mengisi formulir yang diunduh, juga perlu daftar secara elektronik di website mereka. Setelah itu syarat lainnya adalah pas foto ukuran passport (biasanya tiga lembar), fotocopy passport, dan membayar biaya pendaftaran seleksi masuk. Biasa pendaftaran bisa dilakukan di Indonesia dengan membayar sekitar US$ 30 ke rekening universitas yang dilamar; ataupun datang langsung ke Malaysia dan bayar ke rekening bank yang bersangkutan (biasa sekitar RM 80); bukti pembayaran diminta untuk nanti disertakan dengan berkas lain yang akan dikirim . Selain itu bila anda mempunyai piagam penghargaan dari berbagai kompetisi seni, olahraga, atau kreativitas baik di tingkat lokal, propinsi, nasional atau internasionak ada baiknya difotocopy dan disertakan dalam berkas yang akan dikirim, hal ini sebagai nilai tambah yang menunjukkan anda punya prestasi juga selain yang akademik. Ini adalah daftar berkas yang biasanya harus dipenuhi oleh calon mahasiswa S1 yang melamar ke universitas di Malaysia.

Namun, itu belum semuanya. Beberapa universitas sekarang ini juga meminta hasil test kemampuan berbahasa Inggris, seperti IELTS dan TOEFL internasional (bukan yang lokal atau institusional). Berhubung test ini mahal, ada di beberapa tempat tertentu dan tidak setiap saat bisa dilakukan, maka anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari dan melakukannya saat anda benar-benar siap. Jangan menunda test sampai mendekati tenggat pengiriman berkas, keterlambatan pengiriman berkas menyebabkan lamaran anda hanya akan diproses untuk tahun berikutnya oleh universitas di Malaysia. Ada juga syarat lain yang diminta seperti sponsorship beasiswa, untuk hal ini anda juga harus menyiapkannya dengan meminta surat dukungan pembiayaan yang bisa berasal dari pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga independen (seperti LSM dll). Persyaratan tambahan ini perlu untuk diketahui, dan tempatnya ada di wesbite universitas yang dituju; oleh karena itu sangat penting untuk membaca kembali, siapa tahu ada persyaratan penting lain yang muncul tiba-tiba.

Bila semua berkas sudah lengkap, maka tinggal dikirim ke universitas yang dituju dengan pos tercatat; atau bila memang mau, bisa dikirimkan secara langsung ke kantor universitas yang bersangkutan. Jangan lupa untuk meminta bukti pengiriman; serta segera email ke pihak administrasi untuk menanyakan apakah berkas sudah diterima atau tidak. Biasanya bila memang sudah diterima, mereka akan membalas via email tentang itu. Karena sistem seleksi dilakukan secara independen oleh masing-masing universitas, maka anda bisa melamar ke berebagai universitas secara bersamaan, sekaligus menambah peluang anda untuk bisa diterima tentunya. Yang perlu dilakukan pun tidak sulit karena sifatnya yang persyaratan administratif jadi bisa dilakukan secara bersamaan dikirimkan ke berbagai universitas tadi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan dan universitas negeri di Malaysia. Jatah (kuota) mahasiswa asing di universitas negeri di Malaysia jumlahnya sedikit, maksimal yang bisa mereka terima adalah 5% dari jumlah total (misal satu universitas menerima 2000 orang mahasiswa baru, maka jatah untuk mahasiswa asing adalah 100 orang). Hal ini berbeda dengan universitas swasta di Malaysia, dimana mereka tidak ada batasan kuota, sehingga kadang di satu kelas universitas swasta lebih banyak mahasiswa asing-nya dibanding mahasiswa lokal yang orang Malaysia. Sedangkan untuk mahasiswa S2 dan S3, jumlah maksimal mahasiswa asing yang boleh diterima di IPTA lebih besar, yaitu 25%. Hal ini artinya bagi anda calon mahasiswa S1, maka anda akan bersaing dengan sesama Indonesia atau calon mahasiswa internasional negara lain (China, Timur Tengah, Afrika dll) bila sama-sama memilih jurusan yang sama.

Di IPTA pada bulan Juni setiap tahunnya biasanya ada rapat antara dekan fakultas dan pimpinan universitas untuk menyeleksi calon mahasiswa yang melamar. Disamping prestasi akademik, faktor seleksi lain adalah kuota setiap negara; untuk calon mahasiswa asal Indonesia, kuotanya pun beragam, biasanya ada di kisaran 20%. Yang juga suka terjadi, bila prestasi bagus dan layak diterima, namun ada syarat yang belum terpenuhi, biasanya mereka meminta untuk bisa menyerahkannya dalam tenggat waktu 2-3 minggu. Oleh karena itu, rajin cek email anda dengan teratur. Disamping itu ada juga universitas yang mensyaratkan untuk wawancara, maka bila hal itu harus dilakukan secara tatap muka langsung anda harus pergi ke Malaysia; namun bila boleh dilakukan secara video-conference anda bisa menggunakan Skype.

Pengumuman kelulusan biasanya didapat pada bulan Juli sampai awal Agustus. Pihak universitas akan mengirim email yang berisi offer letter yang isinya adalah penawaran studi S1 di universitas yang bersangkutan. Ada juga email pemberitahuan untuk mengakses ke website tertentu, kemudian memasukkan nomor passport sebagai identifikasi untuk mengetahui diterima atau tidaknya. Bila memang anda mendapatkan offer letter tersebut, segera putuskan untuk menjawab: apakah menerima atau tidak. Bila anda menerima, biasanya syarat lanjutan adalah test kesehatan dan ini harus dilakukan di Malaysia (biaya sekitar RM 200). Anda akan lolos test ini bila tidak mengidap penyakit menular seperti TBC dan Hepatitis.

Masa registrasi dilakukan langsung oleh si mahasiswa dalam jarak satu atau dua minggu sebelum perkuliahan berlangsung (artinya dilakukan akhir Agustus). Biaya yang harus dibayar adalah biaya kuliah, biaya jasa lain yang berhubungan dengan kegiatan kampus (akses internet, transportasi dalam kampus, penginapan di asrama dll). Untuk universitas negeri, biaya perkuliahan ternd-nya dalam dua tahun ini mengalami kenaikan; biasanya uang kuliah per semester sekitar Rp 8 – 10 juta; namun sekarang meninkat menjadi Rp 14 – 17 juta per semesternya.

Source: http://deceng2.wordpress.com/

5 komentar:

  1. Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Hapus
  2. terima kasih kak infonya, apakah saya boleh menghubungi kakak untuk bertanya? terima kasih

    BalasHapus
  3. Kak saya mau tanya saya kan diploma d3 saya pengen transver s1 bisakah kak,mhn info nya kakak mskh sebelum kk

    BalasHapus