kumpul-kumpul pelajar oke berprestasi :)

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 03 Maret 2014

Guru yang Profesional


  • Memiliki kadar pengetahuan yang maju (update) di mata pelajaran spesialisnya
Seorang guru yang memiliki pengetahuan yang maju akan menghasilkan pula anak didik yang berkualitas pula. Guruu yang sangat menguasai wilayah mata pelajarannya, guru yang lebih siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari siswa-siswinya dengan jawaban yang dapat dipahami. Tidak gugup dan penjelasannya tidak membingungkan.

  • Berpengalaman mengajar (+3thn)
Seorang guru yang sudah berpengalaman cenderung mengetahui trik trik menghadapi berbagai macam karakter pelajar. Sang guru akan senantiasa memberikan metode praktikum untuk materi baru kepada anak didiknya. Dia juga lebih mampu mengindividualisir pelajaran agar cocok dengan kebutuhan anak didiknya, serta akan lebih bijaksana dalam memberikan hukuman kepada salah satu siswa nya yang melanggar peraturan di kelasnya.
  • Lisannya jelas
Jika seorang guru dengan kemampuan verbal yang tinggi dan mempunyai kosakata yang luas akan cenderung menghasilkan siswa yang dapat mengerjakan tes standar secara lebih baik. Seorang guru juga harus mampu menyampaikan materi dengan bahasa yang dapat dimengerti.
  • Antusias
Jika seorang guru memiliki antusisme yang baik terhadap anak didiknya... dengan menunjukan antusiasme pada saat mengajar, itu akan memotivasi semangat siswa untuk belajar di mata pelajarannya. Antusias bisa dilakukan dengan cara penyampaian materi dengan vokal yang bersemangat, serius dan santai...  gerakan tangan, sedikit praktikum yang singkat, senyuman yang ramah, kontak mata kepada setiap siswa dengan ramahnya. Antusiasme seorang guru juga musti diikuti dengan meningkatkan penyimpanan memori dikalangan siswanya, jadilah seorang guru yang bersahabat sehingga semua anak didiknya tidak akan merasa sungkan untuk bertanya.
  • Peduli
Tunjukanlah sebuah kepedulian yang tulus, benar-benar memperhatikan setiap perkembangan siswa-siswi nya. Bersikaplah ramah dan selalu ingin mendengarkan setiap keluhan para siswanya maupun orang tua siswa. Sehingga akan terjalin suasana yang nyaman serta keterbukaan yang akan menciptakan sebuah kedekatan yang hangat.
  • Ceria dan santai
Kepribadian amatlah sangat penting bagi siapapun, termasuk yang terpenting adalah bagi seorang guru,.. karena dari seorang guru lah masa depan akan tercipta. Setiap siswa-siswi dimanapun itu pastilah mengidamkan seorang guru yang ceria dan santai dlam pengajarannya namu tetap tegas.. it's fun the class.. ^_^ 
  • Selektif dalam memberikan tugas
Memberi PR kepada siswa adalah hal yang mutlak, bahkan wajib... karena dengan memberikan tugas rumah, mereka akan mengasah kemampuan belajar mereka sehari itu dengan menguji kemampuan atas pelajaran mereka di sekolah. Tapi wajib di ingat juga, semua murid pastinya akan jauh lebih dihargai atas PR nya itu dengan sebuah nilai di buku tugasnya tersebut. Jadi berilah penilaian tertulis pada setiap buku tugas mereka.. dengan begitu mereka akan semakin semangat dan kalo nilai tugasnya jauh dari memuaskan mereka past akan terus belajar sampai mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.. :D

Semoga GURUGURU makin TOP ^_^
by Neza (Goesmart)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages