Science

Loading...

Kamis, 16 Desember 2010

Faktor Penyebab Perubahan Bentuk Muka Bumi

gPerubahan bentuk permukaan bumi disebabkan oleh bekerjanya gaya – gaya tenaga alam, yaitu tenaga geologi. Sehingga di setiap waktu, seiring berkembangnya zaman, bentuk muka bumi mengalami tahapan-tahapan perubahan yang membuat muka bumi tidak memiliki bentuk yang tetap.
  1. Tenaga Endogen
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bersifat membangun atau member bentuk relief di permukaan bumi, yang meliputi tektonisme, vulkanisme dan seismic. Beberapa gejala-gejala tektonisme diantaranya berupa pelengkungan (warping), lipatan (folding), retakan (jointing), dan patahan (faulting). Plutonisme atau intrusi magma adalah pergerakan magma yang tidak sampai keluar ke permukaan bumi. Namun, pergerakan magma juga ada yang sampai keluar ke permukaan bumi yang disebut vulkanisme atau ekstrusi magma. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya gerakan dari dalam bumi.
  1. Tenaga Eksogen
Bentuk muka bumi tidak hanya dipengaruhi oleh tenaga endogen, tetapi juga dipengaruhi oleh tenaga eksogen, yaitu yang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen terdiri atas pelapukan, erosi, pengangkutan, dan sedimentasi.

2 komentar:

  1. saya menyukai blog ini :) blog ini berguna untuk pekerjaan IPS saya

    BalasHapus
  2. terima kasih :)
    mudah2an bermanfaat!
    share dengan yg lain y..

    BalasHapus