Senin, 12 Maret 2012

Media Pembelajaran dengan CamStudio

Media pembelajaan berbasis IT mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi IT. Sebuah universitas di Eropa bisa terkenal karena merecord pembelajaran dikelas kemudian di unggah ke Youtube sehingga banyak di unduh dan popularitas Universitas itu menjadi melonjak cepat.  untuk membuat video tutorial pembelajaran bisa digunakan beberapa softwere diantaranya camstudio.  anda tidak perlu membayar untuk softwere Camstudio karena sampai saat ini masih opensource.
Untuk membuat Video tutorial Pembelajaran diperlukan beberapa softwere diantaranya :
  1. Camstudio2-0
  2. YouTube Downloader
  3. Video Converter (any-video-converter atau WinFF)
Pertama kita harus meng-Install seluruh softwere ke Komputer anda. pastikan komputer kita terhubung dengan headphone atau heatset.

Cara membuat video Tutorial Pembelajaran

  • Jalankan softwere camstudio hingga muncul tampilan dibawah ini 
pastikan setting camstudio untuk merekam pada options →record audio from microphone dan enable autopan dan tampilan viewnya diminimalkan dengan menekan tombol toggle View.
  • Jalankanlah file presentasi Power Point anda (Bahan ajar yang akan anda gunakan atau unggah) dengan cara menekan tombol F5  dan  tekan record pada camstudio, kemudian mulailah anda mengajar /menjelaskan dengan media presentasi anda itu samapi selesai materinya
  • setelah semua materi telah tersampaikan tekan stop pada camstudio dan anda akan diarahkan untuk menyimpan hasil rekaman anda seperti ini
  • simpanlah hasil record tersebut pada folder yang kita inginkan dan selesai kita mebuat video Tutorial pembelajaran.
  • langkah berikutnya kita mengconverter file hasil tadi biasanya dalam bentuk *.avi ke *.wmv untuk memperkecil ukuran filenya dengan softwere seperti any-video-converter atau WinFF. silahkan anda bisa mendownload softwere tersebut disini :
  1. WinFF

  • langkah terakhir anda tinggal mengunggah ke youtube atau ke yang lain
selamat mencoba. untuk softwere camstudio bisa anda download disini CamStudio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar